CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 4 SMK/ SMA 2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2.9
Sekolah : SMK Yos Sudarso Majenang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XI / 4
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat madya
Kompetensi Dasar : 2.9 Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 pertemuan @ 2 jam pelajaran)
Nilai Karakter Bangsa : • Demokratis (Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai
sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.)
• Kerja sama (Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya mampu menjalin hubungan dengan orang lain dalam melaksanakan tindakan dan pekerjaan)
Indikator :
* Gagasan disampaikan dengan tepat sesuai dengan topik diskusi dengan sikap bekerja sama
* Pendapat disanggah dengan santun, ekspresif, dan mengutamakan sikap demokratis tanpa
menimbulkan konflik dalam suatu forum diskusi
* Argumentasi terhadap pembicaraan topik diskusi disampaikan dengan mengutamakan sikap
demokratis
* Mitra bicara yang menyampaikan argumen topik diskusi dihargai dengan sikap demokratis
* Simpulan disusun berdasarkan fakta, data, dan opini dengan tepat dan rasional
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan | Siswa dapat: |
1 | 1. menyampaikan gagasan yang sesuai dengan topik diskusi (pengelolaan hutan/ pengelolaan parkir/ kegiatan ekstrakurikuler di sekolah/ meningkatkan kesejahteraan petani/ diversifikasi energi/ urbanisasi/ transmigrasi/ otomasi industri/ menjaga kebersihan sungai/ etika merokok) dengan sikap bekerja sama. 2. menyampaikan argumentasi terhadap topik diskusi yang dibicarakan dengan mengutamakan sikap demokratis. 3. menghargai mitra bicara yang menyampaikan argumen terhadap topik diskusi dengan sikap demokratis 4. menyampaikan tanggapan/sanggahan, dan atau dukungan terhadap pendapat dengan santun dan ekspresif tanpa menimbulkan konflik dalam suatu forum diskus dengan mengutamakan sikap demokratis. 5. menyusun simpulan berdasarkan fakta, data, dan opini dengan tepat. |
2 | 6. menyampaikan gagasan yang sesuai dengan topik diskusi (pengelolaan hutan/ pengelolaan parkir/ kegiatan ekstrakurikuler di sekolah/ meningkatkan kesejahteraan petani/ diversifikasi energi/ urbanisasi/ transmigrasi/ otomasi industri/ menjaga kebersihan sungai/ etika merokok) dengan sikap bekerja sama. 7. menyampaikan argumentasi terhadap topik diskusi yang dibicarakan dengan mengutamakan sikap demokratis. 8. menghargai dengan sikap demokratis mitra bicara yang menyampaikan argumen terhadap topik diskusi. 9. menyampaikan tanggapan/sanggahan, dan atau dukungan terhadap pendapat dengan santun dan ekspresif tanpa menimbulkan konflik dalam suatu forum diskus dengan mengutamakan sikap demokratis. 10. menyusun simpulan berdasarkan fakta, data, dan opini dengan tepat. |
II. Materi Pembelajaran:
* Teknik atau cara menyampaikan gagasan yang relevan
* Ungkapan yang mendukung gagasan
* Teknik atau cara menyampaikan gagasan yang berbeda atau menyanggah pendapat orang lain
* Konsep dan teknik berargumentasi
* Konsep dan teknik menyampaikan simpulan
III. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, permain peran, penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan | Keg Awal (5 Menit) | Keg Inti (75 menit) | Keg Akhir (10 Menit) |
1 | 1. Salam pembuka; Doa, Presensi 2. Memotivasi siswa 3. Tanya jawab dan penjelasan guru tentang kegunaan keterampilan berdiskusi dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja. 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan, yaitu penilaian proses. 5. Pembentukan kelompok dan pemilihan topik diskusi | 1. Eksplorasi Siswa membaca modul tentang komponen diskusi, teknik berargumentasi, penyampaian gagasan, dan menanggapi gagasan secara santun. 2. Elaborasi a. Siswa mengidentifikasi berbagai ungkapan/kalimat dukungan dan penolakan yang santun dan tidak/kurang santun. b. Siswa menyampaikan gagasan yang sesuai dengan topik diskusi (pengelolaan hutan/ pengelolaan parkir/ kegiatan ekstrakurikuler di sekolah/ meningkatkan kesejahteraan petani/ diversifikasi energi) dalam forum diskusi dengan sikap bekerja sama. c. Siswa menyampaikan tanggapan/ sanggahan, dan atau dukungan terhadap pendapat dengan santun dan ekspresif tanpa menimbulkan konflik dalam suatu forum diskusi dengan mengutamakan sikap demokratis. 3. Konfirmasi Penegasan guru tentang simpulan diskusi. | 1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewat 2. Penegasan guru tentang pentingnya diskusi dalam memecahkan berbagai masalah dalam dunia kerja, mengatasi masalah-masalah publik, dan kehidupan sehari-hari pada umumnya. 3. Guru memberikan informasi pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 4. Pembelajaran ditutup dengan doa |
2 | 1. Salam pembuka; Doa, Presensi 2. Memotivasi siswa 3. Tanya jawab dan penjelasan guru tentang kegunaan keterampilan berdiskusi dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja. 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan, yaitu penilaian proses. | 2. Eksplorasi - 2. Elaborasi a. Siswa mengidentifikasi berbagai ungkapan/kalimat dukungan dan penolakan yang santun dan tidak/kurang santun. b. Siswa menyampaikan gagasan yang sesuai dengan topik diskusi (urbanisasi/ transmigrasi/ otomasi industri/ menjaga kebersihan sungai/ etika merokok) dalm forum diskusi dengan sikap bekerja sama. c. Siswa menyampaikan tanggapan/ sanggahan, dan atau dukungan terhadap pendapat dengan santun dan ekspresif tanpa menimbulkan konflik dalam suatu forum diskusi dengan mengutamakan sikap demokratis. 3. Konfirmasi Penegasan guru tentang simpulan diskusi. | 1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewat 2. Penegasan guru tentang pentingnya diskusi dalam memecahkan berbagai masalah dalam dunia kerja, mengatasi masalah-masalah publik, dan kehidupan sehari-hari pada umumnya. 3. Pembelajaran ditutup dengan doa penutup dan salam penutup |
V. Sumber Belajar
a. Modul Bahasa Indonesia
b. Wacana
c. Narasumber
VI. Penilaian
a. Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian proses, penilaian portofolio
b. Bentuk: Esai
c. Instrumen: Soal : di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
Kunci Jawaban : di dalam Buku Kunci (terlampir)
Lembar Penilaian Karakter Bangsa
Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill/ Sikap/ Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas = 10%)
NILAI KARAKTER (0-100) | AKADEMIK | NILAI | NILAI | NILAI | KET | |||||||||
NO | NAMA | ASPEK (@ maks 25) | RATA2 | AWAL | RMD | PNGAY | NAK | PRAK | TUGAS | AKHIR | TUNTAS/ | |||
1 | 2 | 3 | 4 | (N1) | (0-100) | (0-100) | (TAMB) | (N2) | (N3) | (N4) | SK/KD | BELUM | ||
PRODI : | AV | 20% | 70% | 10% | ||||||||||
01 | Desi Hermawati | 25 | 25 | 25 | 25 | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 | TUNTAS | |||
02 | Devia Yuliantary | 10 | 10 | 10 | 10 | 40 | 100 | 100 | 100 | 88 | TUNTAS | |||
03 | Ika Riyanti | 25 | 25 | 25 | 25 | 100 | 50 | 78 | 70 | 100 | 79 | TUNTAS | ||
04 | Lina Novi Ani | 20 | 20 | 20 | 20 | 80 | 80 | 5 | 85 | 90 | 85 | TUNTAS |
Aspek karakter:
• Demokratis
1. Berpikir bahwa setiap orang memiliki hak dan kewajiban
2. Menghargai hak orang lain dalam menyampaikan pendapat
3. Menyampaikan pendapat dengan santun
4. Menyampaikan tanggapan dengan santun
• Kerja sama
1. Menjalin hubungan dengan orang lain dalam suatu diskusi
2. Menghargai pendapat orang lain dalam diskusi
3. Berkomunikasi efektif dengan orang lain dalam diskusi
Contoh evaluasi
1. Bertindaklah sebagai penyaji dalam diskusi. Sampaikan gagasan Anda tentang hal-hal berikut: (Pilih
dan kuasailah 3 topik!)
a. Pengelolaan hutan
b. Pengelolaan parkir
c. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah
d. Meningkatkan kesejahteraan petani
e. Diversifikasi energi
f. Urbanisasi
g. Transmigrasi
h. Otomasi industri
i. Menjaga kebersihan sungai
j. Etika merokok
Hal-hal yang perlu Anda kemukakan antara lain:
- latar belakang: landasan/kerangka berpikir untuk mengemukakan situasi/kondisi yang diharapkan
- fenomena/fakta/kenyataan yang tidak/belum seperti harapan
- kajian sebab-akibat dari fenomena/fakta/kenyataan tersebut
- tawaran solusi untuk mengatasi masalah tersebut
2. Siswa lain bertindak sebagai penyanggah. Kemukakan sanggahan yang logis dan santun terhadap gagasan-gagasan penyaji tersebut!
PEDOMAN PENILAIAN AKADEMIK
No Soal | Skor maksimal TIAP ASPEK | Skor Total MaksIMAL |
Sebagai penyaji diskusi | Kelengkapan makalah | 20 |
Sistematika | 10 | |
Kebahasaan | 10 | |
Penyajian | 20 | |
Kemampuan menanggapi | 10 | |
Tugas perorangan | Simpulan | 10 |
Jml skor total maksimal: | 80 |
Nilai Akhir Maksimal = 80 : 8 = 10
Majenang, Januari 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Endang Jaka Wahyu Aji,S.Ag Nunung Nurhayati,S.Pd
---oOo---