-->

Pengertian Agama Menurut Para Ahli

Pengertian Agama Menurut Para Ahli
· Menurut Durkheim
Agama adalah merupakan suatu sistem yang terpadu terdiri atau kenyakinan dan praktek yang berhubungan dengan hal-hal yang suci dan menyatukan semua penganutnya dalam suatu komunitas moral yang di namakan umat

· Menurut prof Dr.m. Drikarya
Agama adalah kenyakinan adanya suatu kekuatan supranatural yang mengatur dan menciptakan alam dan isinya

· Menurut H. Moenawar Chalil
Agama adalah perlibatan yang merupakan tingkah laku manusia dalam berhubungan dengan kekuatan supranatural tersebut sebagai konsekuensi otos pengakuannya

· Menurut Hendro Puspito
Agama adalah sistem nilai yang mengatur hubungan manusia dan alam semesta yang berkaitan dengan keyakinan

· Menurut Jappy Pellokild
Agama adalah percaya adanya Tuhan Yang Maha Esa dan hukum-hukumnya

Pengertian Agama
· Agama adalah kekuatan gaib yang di yakini berada di atas kekuatan manusia di dorong oleh kelemahan dan keterbatasannya. Manusia merasa berhajat akan pertolongan dengan cara menjaga dan membina hubungan baik dengan kukatan gaib tersebut. Sebagai relisasinya adalah sikap patuh terhadap perintah dan larangan kekuatan gaib tersebut. Dr.Jalaludin, H (2004) . 

· Agama adalah suatu sistem kepercayaan kepada Tuhan yang di anut sekelompok manusia dengan selalu mengadakan interaksi dengan-Nya. Dr. Amsal Bakhtiar, M. A (2007) .

· Agama adalah tatanan Tuhan yang dapat mebimbing orang-orang yang berakal untuk berusaha mencari kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat, yang meliputi perbuatan‑perbuatan akal / I’tikat dan perbuatan jasad. Thalhas, T.H (2006).

· Agama adalah setiap bentuk kepercayaan dan keyakinan selain dari bentuk kepercayaan materi dalam bentuk apa saja dan Fase apa saja. Husaini Bohesyti, M (2003) . 

· Agama adalah yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan pribadi kepada Tuhan yang mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan dengan manusia dan manusia dengan lingkungannya. Dr.H.Jalaluddin (2008).

Referensi:
Dr.Jalaludin, H (2004.12) . Psikologi Agama, jakarta : Pt Raja Grafindo Persada
Dr. Amsal Bakhtiar, M. A (2007.2) . Filsafat Agama, jakarta : Pt Raja Grafindo Persada
Thalhas, T.H (2006).Perbandingan agama,Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada

Sekian uraian tentang Pengertian Agama Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel