-->

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SMK KELAS XI SMA/ SMK/ MA PROLIN TAHUN 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                       : SMK YOS SUDARSO MAJENANG
MATA PELAJARAN       : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER         : XI/1(Satu)
MATERI POKOK             : PROGRAM LINIER
ALOKASI WAKTU         : 2 x 45 Menit.

A.    Kompetensi Inti
KI.1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3.Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya (KD dari KI-1) menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah (KD dari KI-2) menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.1  Mendeskripsikan konsep sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dua variabel dan menerapkannya dalam pemecahan masalah program linear (KD dari KI-3) memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.1 Merancang dan mengajukan masalah nyata berupa masalah program linear, dan menerapkan berbagai konsep dan aturan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dan menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi selidik yang ditetapkan (KD dari KI-4) mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Indikator:
1.    Menentukan penyelesaian sistem persamaan dan pertidaksamaan  linear dua variabel (KD dari KI-3).
2.    Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier (KD dari KI-4).
3.    Membuat  model matematika dari soal cerita (KD dari KI-3).

C.    Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dengan materi program linier ini diharapkan siswa mampu bekerja sama dalam kelompok, berfikir kritis, dan toleran terhadap pendapat teman yang lain serta dapat :
1.      Siswa dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan dan pertidaksamaan  linear dua variabel (KD dari KI-3).
2.      Siswa dapat mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier (KD dari KI-4).
3.      Siswa dapat membuat  model matematika dari soal cerita (KD dari KI-3).
                                  
D.      Materi Pembelajaran (Rincian dari materi pokok)
1. Grafik himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier dari:
a.   !

a.   Menggambar daerah pertidaksamaan :

0
2
4
0


          


DHP
 
 











2.   Sekelompok tani transmigran mendapatkan 10 hektar tanah yang dapat ditanami padi, jagung, dan palawija lain. Karena keterbatasan sumber daya petani harus menentukan berapa bagian yang harus ditanami padi dan berapa bagian yang harus ditanami jagung, sedangkan palawija lainnya ternyata tidak menguntungkan. Untuk suatu masa tanam, tenaga yang tersedia hanya 1550 jam-orang, pupuk juga terbatas, tak lebih dari 460 kilogram, sedangkan air dan sumber daya lainnya cukup tersedia. Diketahui pula bahwa untuk menghasilkan 1 kuintal padi diperlukan 10 jam-orang tenaga dan 5 kilogram pupuk, dan untuk 1 kuintal jagung diperlukan 8 jamorang tenaga dan 3 kilogram pupuk. Kondisi tanah memungkinkan menghasilkan 50 kuintal padi per hektar atau 20 kuintal jagung per hektar. Pendapatan petani dari 1 kuintal padi adalah Rp 40.000 sedang dari 1 kuintal jagung Rp 30.000, dan dianggap bahwa semua hasil tanamnya selalu habis terjual. Masalah bagi petani ialah bagaimanakah rencana produksi yang memaksimumkan pendapatan total? Artinya berapa hektar tanah harus ditanami padi dan berapa hektar tanah harus ditanami jagung
     Pengyelesaian

E.       Metode Pembelajaran
Metode di dalam pembelajaran ini adalah diskusi dan tanya Jawab dengan Model Discovery Learning.

F.       Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.    Sinaga, Bornok. (2014). Buku Siswa Matematika SMA Kelas XI. Jakarta, Kementrian Pendidikan Nasional.

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Kesatu
Kegiatan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
PERSIAPAN
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa
2.      Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
3.      Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa
4.      Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu, latihan kelompok, pembahasan secara klasikal mengenai materi program linier
 10 menit
Inti
APLIKASI  DISCOVERY  LEARNING
a.      Stimulation (FASE 1)
-          Guru memberikan stimulus tentang sistem pertidaksamaan linear
-          Siswa mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari materi yang diamati (menanya)
b.      Problem Statement (FASE 2)
-    Siswa mengidentifikasi masalah yang berkaitan
-    Siswa merumuskan masalah dan membuat hipotesis (pernyataan sebagai jawaban sementara)
c.       Data Collection (FASE 3)
Jika siswa mengalami kesulitan dalam menentukan kalimat matematika dari permasalahan tersebut, maka guru dapat memberikan fasilitasi sumber-sumber belajar yang ada.
d.      Data Processing(FASE 4)
Siswa berusaha memecahkan masalah dengan menggunakan metode yang telah diketahui. Dari pertanyaan yang diberikan guru yang dikumpulkan terdapat penyelesaian yang berbeda-beda.
e.       Verification(FASE 5)
ü  Siswa mengutarakan jawabannya di papan tulis.
ü  Siswa yang lain menanggapi jawabannya.
Guru memberi reward sebagai penghargaan atas jawaban siswa.
70 menit
Penutup
a.      Generalization (FASE 6)
ü  Siswa diminta menyimpulkan tentang strategi menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan model matematika
ü  Guru memberikan tugas PR beberapa soal tantangan.
ü  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan menyampaikan ke siswa untuk  mempelajari materi selanjutnya.
10 menit

1.        Penilaian
a.    Jenis/Teknik Penilaian             : Pengamatan dan tes tertulis (PR)
b.   Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
1.    Dapat membuat  model matematika dari soal cerita.

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
Siswa dapat menjelaskan hasil diskusi didepan kelas/ presentasi

Pengamatan


Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok)





c.    Bentuk instrumen dan instrumen
Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes tertulis
1.    Perum perumnas mempunyai tanah seluas 80.000 m2 dan modal sebesar  Rp. 12.000.000.000,- untuk membangun perumahan. Perumahan yang akan dibangun terdiri dari dua tipe yaitu tipe A dan tipe B. Setiap tipe A memerlukan tanah seluas 500 m2 dengan dana Rp. 50.000.000,- sedangkan rumah tipe B memerlukan tanah seluas 100 m2dengan dana Rp. 20.000.000,-. Keuntungan tiap tipe A adalah Rp. 500.000,- dan tiap tipe B adalah Rp. 2.000.000,-. Tentukan model matematika dari soal diatas.











     Mengetahui                                                                                    Cilacap, 06 September 2016
     Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran
                                                                                                              

     Sr.M.Gabriella Suyatini, OP, S.Pd                                                          Teguh Triyono,S.Pd

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel