CONTOH RPP MATEMATIKA PEMINATAN KURIKULUM 2013 KELAS XI SMA/ MA /SMK TAHUN 2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMA YOS SUDARSO MAJENANG
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : XI/1(SATU)
MATERI POKOK : HUBUNGAN ANTAR GARIS
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit.
PERTEMUAN KE : 1 (SATU)
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.10 Menganalisis sifat dua garis sejajar dan saling tegak lurus serta menerapkannya
dalam menyelesaikan masalah.
Indikator :
Ø Menentukan syarat dua garis sejajar
Ø Menentukan syarat dua garis saling tegak lurus
Ø Menerapkan syarat garis sejajar pada soal tertentu
Ø Menerapkan syarat garis tegak lurus pada soal tertentu
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan ke –1 dan ke-2
Setelah pembelajaran, peserta didik diharapkan:
1. Mampu menyebutkan syarat dua garis sejajar atau tegaklurus
2. Mampu menyelesaikan variasi soal garis sejajar atau tegak lurus
D. Materi garis sejajar dan tegak lurus
Gradien Garis Lurus yang SalingSejajar
Perhatikangaris-garis a, b, c dan d dalam Gambar 1.5
Garis a, b, c dan d adalah garis-garis yang saling sejajar.Untuk menentukan gradien dari asing-masing garis tersebut dapat dipilih dua buah titik yang terletak pada masing-masing garis dan yang diketahui koordinatnya. Setelah dipilih dua titik pada masing-masing garis tersebut kemudian dihitung gradiennya dengan menggunakan rumus gradien garis yang melalui duatitik.
Persamaan garis a adalah 5x – 4y + 10 = 0 sehingga gradien garis a adalah 5/4
Persamaan garis b adalah 5x – 4y = 0 sehingga gradien garis b adalah 5/4
Persamaan garis c adalah 5x – 4y – 12 = 0 sehingga gradien garis c adalah 5/4
Persamaan garis d adalah 5x – 4y – 28 = 0 sehingga gradien garis d adalah 5/4
Setelah dihitung gradien dari garis-garis a, b, c dan d ternyata sama yaitu 5/4.
|
Garis-garis tegak lurus
Garis y = ax + b dan garis y = px + q tegak lurus jika dipenuhi syarat m1. m2 = -1
E. Model/Metode Pembelajaran :
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific) denganMetode kooperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi model pembelajarannya penemuan (discovery learning).
H. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran:
a. Papan tulis
b. Lembar kerja siswa
2. Alat/ bahan Pembelajaran:
a. Penggaris
b. Spidol
c. Penghapus
3. SumberPembelajaran:
a. Buku Guru matematika kelas XI
b. Buku siswa matematika kelas XI
F. Langkah-LangkahKegiatan Pembelajaran
Pertemuan : Ke- 1
AlokasiWaktu : 2 x 45 menit
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | Ø Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran Ø Memeriksa kehadiran peserta didik Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai. Ø Melakukan apersepsi untuk mengarahkan siswa ke materihubungan antar garis sejajar atau tegak lurus dengan memberi pertanyaan tentang bentuk-bentuk dalam kehidupan sehari-hari yang berupa garis-garis sejajar atau tegak lurus. Ø Membentuk kelompok siswa | 15 menit |
Inti | Ø Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan) 1. Guru mengarahkan siswa agar membaca/ mempelajari materi hal 140 buku siswa 2. Siswa mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipahami Ø Problem statemen (Pertanyaan/ identifikasi masalah) 3. Gurumemberi masalah bagaimana hubungan dua garis dilihat dari gradien melalui beberapa contoh persamaan garis yang telah ditentukan. Ø Data collection (pengumpulan data) 4. Siswa melukis garis-garis yang telah ditentukan pada buku berpetak. Ø Data Procesing (pengolahan data) 5. Siswa mencari masing-masing gradien garis yang telah dilukis dan menganalisis hubungan gradien garis-garis tersebut. Ø Verification (Pembuktian) 6. Guru membimbing siswa untuk membuktikan apa yang sudah diperoleh. Ø Generalization (menarik kesimpulan) 7. Siswa menarik kesimpulan tentang garis sejajar atau tegak lurus | 60 menit |
Penutup | Ø Siswa dengan bimbingan guru, membuat resume tentang syarat garis sejajar dan syarat tegak lurus Ø Guru memberikan tugas terstruktur untuk dikerjakan di rumah (buku siswa hal 149 Uji Kompetensi 4.2) | 15 menit |
I. Penilaian Hasil Belajar
- Jenis/ teknikpenilaian
a. Penilaian Sikap : Teknik Non Tes, BentukPengamatansikap
b. Penilaian Pengetahuan : Teknik Tes, BentukTertulis Pilihan Ganda dan Uraian
c. Penilaian Ketrampilan : Teknik Non Tes, Bentuk Penugasan/ UnjukKerja
- Bentuk instrument dan instrumen : Terlampir
- Pendoman penskoran : Terlampir
Mengetahui/ menyetujui Majenang, 6 November 2015
KepalaSekolah Guru Mata Pelajaran
Vincencius Sumanto,S.Pd Teguh Triyono, S.Pd