-->

Langkah-langkah Pembelajaran RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 Edisi 2017 - Mengkaji Langkah-langkah Pembelajaran RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pengubahan atau revisi terhadap kurikulum 2013 kembali dilakukan di tahun 2017 ini. Revisi ini tentu walau tidak banyak jumlahnya, tetap menghasilkan beberapa aspek berbeda yang harus diketahui di mana dan bagaimana perubahannya. Salah satu yang perlu dipelajari lebih mendalam oleh Bapak dan Ibu guru adalah mengenai langkah-langkah pembelajaran RPP 2013 revisi 2017 ini. Seperti diketahui revisi kurikulum 2013 kali mengharuskan integrasi empat aspek penting dalam pembelajaran seperti Penguatan Pendidikan Karakter (PKK), Literasi, Kemampuan 4C, dan juga HOTS. Pengintergrasian keempatnya dalam pembelajaran tentu memerlukan penyesuaian dalam langkah-langkah pembelajaran RPP.

Sebagai acuan dalam mempermudah Bapak dan Ibu guru dalam mengkaji langkah-langkah pembelajaran RPP dari revisi terbaru kurikulum, berikut ini daftar langkah-langkah pembelajaran RPP kurikulum 2013 revisi 017 secara berurutan.

1. Bagian Integrasi
Pada bagian integrasi ini diharapkan dijelaskan bagaimana kemampuan 4C, Literasi, Penguatan Pendidikan Karakter, dan HOTS akan diintegrasikan dalam langkah-langkah pembelajaran. Hal ini menjadi penting karena merupakan fokus dari hasil revisi 2017 kurikulum 2013.

2. Bagian Motivasi dan Apersepsi
Pada bagian ini ditekankan bahwa pembelajaran harus dirancang menjadi seinteraktif dan semenarik mungkin untuk memotivasi peserta didik dalam pembelajaran. Pada bagian ini juga ditekankan bahwa langkah-langkah pembelajaran harus dapat memberikan ruang yang cukup untuk peserta didik dapat mengembangkan kreativitas dan kemandiriannya sesuai dengan kemampuan bakatnya.

3. Bagian Pendahuluan
Bagian pendahuluan menunjuk kepada langkah pembelajaran dalam RPP yang menjelaskan bagaimana guru menyiapkan peserta didik untuk siap mengikuti pembelajaran baik dari segi psikis maupun psikologis. Bagian ini juga memuat langkah guru memberikan motivasi serta informasi manfaat dari pembelajaran. Tidak lupa juga guru dapat mengajukan pertanyaan konfirmasi pengetahuan siswa sebelumnya. Bagian terakhir dari bagian pendahuluan ini adaah guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta konten silabus kepada peserta didik.

4. Bagian Inti
Langkah-langkah pembelajaran RPP selanjutnya masuk pada bagian inti pembelajaran. Bagian ini ini mengungkapkan mengenai model serta metode pembelajaran, juga sumber belajar apa yang dibutuhkan dalam setiap pertemuannya. Pada bagian ini poses integrasi empat poin dari revisi 2017 diharapkan dapat muncul. Misalnya dalam pemilihan pendekatan pembelajaran ataupun pengembangan sikap. Untuk mendukung integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PKK) misalnya, di dalam pembelajaran perlu disisipkan pengembangan sikap dengan proses afeksi di sepanjang pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk terbiasa. Hal ini berlaku juga untuk integrasi poin penting lainnya. Pada bagian inti ini guru juga akan memaparkan seluruh isi mata pelajaran di satu kesempatan. Guru juga harus menjelaskan bagaimana guru dapat mengembangkan pengetahuan serta keterampilan siswa selama pembelajaran.

5. Bagian Penutup
Langkah pembelajaran terakhir dalam RPP tentunya adalah bagian penutup. Pada bagian ini peserta didik serta guru akan melakukan refleksi pembelajaran. Guru harus menjelaskan bagaimana dapat mengevaluasi kemampuan peserta didik setelah pembelajaran. Refleksi ini dapat dilakukan dengan tanya jawab, post test, ataupun pemberian pekerjaan rumah. Tidak lupa guru juga sudah mencantumkan informasi mengenai pembelajaran selanjutnya.

Silahkan klik tautan ini untuk mendapat RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Demikianlah tadi beberapa informasi mengenai langkah-langkah pembelajaran RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017. Semoga kajian ini dapat digunakan untuk membantu Bapak dan Ibu guru dalam merumuskan langkah pembelajaran dalam RPP nantinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel