-->

Empat Poin Penting dari Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 Edisi 2017. Tahun 2017 ini para praktisi pendidikan kembali menerima revisi dari kurikulum 2013. Kali ini revisi tersebut mulai dipublikasikan di awal tahun 2017 dengan beberapa catatan penting. Sebenarnya tidak terlalu banyak perubahan dari kurikulum 2013 revisi 2016 dengan kurikulum 2013 revisi 2017 ini. Hanya saja terdapat beberapa poin yang harus ditekankan dan diintegrasikan dalam proses pembelajaran yang harus dipahami oleh guru.

Terdapat empat poin perubahan yang akan kita pahami satu per satu berikut ini:

1. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Perbincangan mengenai pendidikan karakter yang harus ditingkatkan terealisasi dengan revisi kurikulum 2013 di tahun ini. Pengintegrasian PPK dalam pembelajaran di kelas harus dan wajib dilaksanakan oleh guru. Terdapat paling sedikit 5 karakter penting yang harus dimiliki oleh siswa sebagai hasil integrasi pembelajaran dengan pendidikan karakter. Kelima karakter tersebut antara lain adalah karakter religius, nasionalis, integritas, gotong royong, dan mandiri.

2. Literasi
Pergunjingan mengenai rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia menurut hasil penelitian literasi dunia juga menjadi fokus penting dalam revisi kurikulum 2013 kali ini. Kemampuan literasi ini kemudian diharapkan dapat disisipkan dalam setiap tujuan pembelajaran baik di awal, sedang, atau di akhir pembelajaran.

3. Creative, Critical Thinking, Communicative, dan Collaborative (4C)
Poin selanjutnya yang menjadi perubahan dari kurikulum 2013 revisi 2017 ini adalah mengenai kemampuan 4C yang diharapkan diakuisisi oleh peserta didik. Kemampuan untuk dapat kreatif, berpikir kritis, berkomunikasi, serta berkolaborasi merupakan kemampuan bekal bagi peserta didik di abad 21 ini. Itulah sebabnya kurikulum mengharapkan pendidikan dan pembelajaran formal mampu menyumbangkan, melatih, dan juga menghasilkan keempat kemampuan ini.

4. Higher Order Thinking Skill (HOTS)
Keputusan pengubahan dalam revisi kurikulum 2013 di tahun ini menekankan keharusan adanya integrasi HOTS dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan pembelajaran harus memberikan pelatihan bukan hanya untuk kemampuan mendasar peserta didik dalam suatu mata pelajaran, tetapi juga kemampuan tingkat tingginya. Hal ini diharapkan agar peserta didik dapat bersaing dalam kancah dunia.

Silahkan klik tautan ini untuk mendapat RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Berikut tadi beberapa informasi mengenai empat poin penting dari kurikulum 2013 revisi 2017. Perubahan atau revisi dari kurikulum 2013 di tahun 2017 sebenarnya lebih mengarahkan kepada integrasi kemampuan-kemampuan penting lain yang diharapkan dapat dicapai dalam pembelajaran. Sedangkan dalam aspek lainnya tidak banyak perubahan antara kurikulum 2013 revisi 2016 dengan kurikulum 2013 revisi 2017. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk membantu anda terinformasi dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel