-->

Contoh RPP_BIOLOGI KURIKULUM 2013_KELAS XI SEMESTER 1 SMA_MA_TAHUN 2016/ 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas / Semester          : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan                    : 15 dan 16
Alokasi Waktu             : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi     : 3.   Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu , kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar       :  3.7    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI serta kelianan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
Tujuan                         :  Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi


I.    Indikator
·         Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi pria
·         Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi wanita
·         Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan
·         Menghubungkan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana
·         Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
·         Mengidentifikasi sistem reproduksi hewan

II.  Materi Ajar
·         Struktur organ reproduksi pria
·         Struktur organ reproduksi wanita
·         Proses oogensis dan ovulasi
·         Siklus menstruasi
·         Proses spermatogenesis
·         Fertilisasi dan kehamilan
·         Teknologi Keluaraga Berencana
·         Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi- Penugasan- Pengamatan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 15 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan pengertian, cara dan hasil dari proses reproduksi.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Dengan memberikan gambar alat reproduksi pria, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagain dan fungsinya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma (spermatogenesis) dan hormon yang berperan dalam proses tersebut.
·         Guru memberikan gambar organ reproduksi wanita, kemudian meminta siswa untuk mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsinya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma dan telur .
·         Siswa bersama guru mendiskusikan Kegiatan 10.1 siklus menstruasi.
·         Berdasarkan Kegiatan 10.1 siswa bersama guru mendiskusikan siklus menstruasi dan hormon yang mempengaruhi proses tersebut.
·         Dengan memperhatikan struktur organ reproduksi dalam wanita, siswa diminta mendeskripsikan proses fertilisasi dan proses kehamilan pada wanita.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan menyimpulkan sistem reproduksi pria dan wanita, proses spermatogenesis dan oogenesis, siklus menstruasi, fertilisasi, dan kehamilan.

Pertemuan 16 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali proses terjadinya fertilisasi.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Dengan diberikan gambar organ reproduksi wanita dan pria siswa diminta mendiskusikan macam-macam KB dan prinsip kerjanya sehingga dapat mencegah kehamilan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan pada sistem reproduksi.
·         Guru meminta siswa membaca sistem reprosuksi pada hewan dari buku teks, kemudian menyusun rangkuman.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai cara dalam KB dan gangguan pada sistem reproduksi manusia.
·         Guru mengumpulkan hasil rangkuman siswa.
·         Guru memberi tugas pada siswa untuk melakukan studi lapangan tentang budidaya ikan hias  dengan mengunakan menggunakan Kegiatan 10.3.

V.  Alat /Bahan/Sumber
·         Buku Biologi XI, Dyah pratiwi, Erlangga
·         Berbagai gambar alat reproduksi manusia

VI. Penilaian

a.       Tes tertulis
* Bentuk tes   : Essay
* Conoh soal  : 1. sebutkan organ reproduksi pada manusia           
* Kunci             1. organ reproduksi pada manusia :
                              - pria :  testis, saluran repoduksi,alat kelamin bagian luar
                              - wanita : labium mayor, labium minor,klitoris,vetibulum  
                             
                          
                       ­                                 
  
* Pedoman Penilaian  :  Betul  X   100   :
                                    ----------------------=
                                       Skor max           


b.      Tes Non Tertulis                            :
Kompetensi Dasar             :
                                 3.7 menjelaskan keterkaitan antara struktur , fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi,menstruasi, fertilisasi,kehamilan dan pemberian ASI serta penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi manusia


Indikator                                              
* mengidentifikasi srtuktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ repoduksi  pria dan wanita

                                        

No
Nama
Kelas
Aspek Penilaian
Skor
Ket





































Keterangan      :
1. Partisipasi dalam kegiatan                : 25
2. Keaktifan dalam kelompok             : 25
3. Keaktifan dalam diskusi                  : 25
4. Ketepatan laporan                            : 25
------------------------------------------------------  +
Jumlah skor                                         : 100


  
             Mengetahui                                                                             Majenang, 21 Agustus2016
            Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran




            Rahardjo pawani, S.Pd.                                                            Ernasari F., S.Pd.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel