CONTOH RPP BIOLOGI KURTILAS KELAS X SEMESTER 2 SMA_MA TAHUN 2016/ 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan : 10, 11, 12, 13, 14
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.6 Menjelaskan keterkaitan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia
I. Indikator
· Mengidentifikasi stuktur dan fungsi neuron
· Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia
· Mengkaitkan sturktur, fungsi, dan proses sistem saraf manusia
· Mengidentifikasi sistem saraf pada hewan
· Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses pada sistem indra manusia
· Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem indera manusia
· Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia
· Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia
· Menjelaskan mekanisme umpan balik dalam pengaturan homeostasis manusia
· Menyimpulkan gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia
II. Materi Ajar
· Sistem saraf
1. Sel-sel saraf (neuron)
2. Struktur otak
3. Sistem saraf sadar dan tak adar
· Sistem indra
1. Penglihatan
2. Pendengaran
3. Pembau
4. Pengecap
5. Peraba
· Sistem hormon
1. Kelenjar hipofisis
2. Kelenjar tiroid
3. Kelenjar paratiroid
4. Kelenjar suprarenalis
5. Kelenjar pankreas
6. Ovarium
7. Testis
· Mekanisme pengaturan homeostasis tubuh
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi- Penugasan- Pengamatan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru menanyakan pengertian sistem koordinasi dan komponen penyusunnya pada manusia.
· Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara sistem saraf dan Indra bekerja untuk menerima dan menanggapi rangsang.
B. Kegiatan inti (60 menit)
· Dengan menunjukkan gambar struktur sel saraf (neuron) guru meminta siswa mengidentifikasi nama bagian-bagian neuron dan fungsinya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai jenis neuron berdasarkan struktur atau fungsinya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antarsel saraf (sinaps) dan impuls saraf.
· Dengan menunjukkan gambar sayatan membujur saraf pusat (sumsum dan tulang belakang), guru meminta siswa mengidentifikasi struktur selaput otak, bagian-bagian saraf pusat manusia dan fungsinya.
· Dengan menunjukkan Gambar sistem saraf tepi, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsinya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan saraf simpatik dan parasimpatik.
· Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh obat-obatan terhadap sistem saraf.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan sistem saraf pada manusia
· Guru menugaskan kepada siswa untuk mengerjakan Kegiatan 9.2 dan 9.3, di rumah dan mengumpulkannya pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta beberapa siswa mendemonstrasikan Kegiatan 9.1 di depan kelas.
· Siswa mengamati hasil demontrasi.
A. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa bersama guru mendiskuikan jawaban pertanyaan dari Kegiatan 9.1.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan gerak refleks dan gerak yang disadari.
· Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme kerja sistem saraf.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menyimpulkan mekanisme kerja sistem saraf
Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan fungsi sistem indera.
· Guru menanyakan macam-macam indera pada manusia.
· Guru menyiapkan untuk mendemonstrasikan Kegiatan 9.4 Indera pembau.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa melakukan demonstrasi kegiatan 9.4 indera pembau.
· Siswa yang lain mencatat hasil pengamatan.
· Siswa menyimpulkan hasil kegiatan.
· Dengan memberikan gambar struktur indera pembau siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian indera pembau dan menjelaskan proses penginderaan bau.
· Dengan diberikan gambar struktur lidah, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian lidah dan fungsinya dan proses penginderaan kecap.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan struktur dan proses penginderaan bau dan kecap (rasa).
Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kepada siswa tentang syarat manusia dapat melihat.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Dengan memberikan gambar struktur mata guru meminta siswa untuk menyebutkan struktur dan fungsi bagian-bagian mata.
· Siswa bersama guru mendiskusikan proses melihat pada mata manusia.
· Guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan Kegiatan 9.5 bintik buta.
· Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang bintik buta.
· Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan/kelainan/penyakit yang terjadi pada mata.
· Guru memberikan gambar struktur telinga kemudian meminta siswa mengidentifikasi bagian-bagian telinga dan fungsinya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan proses pendengaran pada telinga manusia.
· Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan/kelainan pada indra pendengaran manusia.
· Guru meminta siswa mendemonstrasikan Kegiatan 9.6 saraf sensorik.
· Siswa bersama guru menarik kesimpulan saraf sensorik di kulit dengan menjawab pertanyaan diskusi.
· Guru memberikan gambar struktur kulit dan meminta siswa untuk menentukan proses perabaan di kulit.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menyimpulkan proses penginderaan penglihatan, pendengaran dan perabaan.
Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali kepada siswa hubungan antara sistem saraf dan sistem indera dalam proses koordinasi.
· Guru menanyakan adanya sistem koordinasi ketiga selain sistem saraf dan sistem indera.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan sistem saraf dan hormon.
· Guru memberikan gambar sistem hormon/endokrin dalam tubuh manusia kemudian, meminta siswa mengidentifikasi bagian-bagiannya.
· Guru menugaskan siswa untuk membaca tentang sistem hormon (termasuk mekanisme penyatuan homeostatis tubuh) dari buku teks, kemudian membuat rangkuman tentang kelenjar dan hormon yang dihasilkan dan fungsinya.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan kelenjar pada sistem endokrin, hormon yang dihasilkan dan fungsinya.
· Diskusikan tentang gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan/ penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia.
V. Alat/Bahan/Sumbe
· Buku Biologi XI, Dyah Pratiwi, erlangga
· Gambar sistem saraf, alat indera dan sistem hormon
VI. Penilaian
a. Tes tertulis
* Bentuk tes : Essay
* Conoh soal : 1. Sebutkan macam-macam sistem saraf
* Kunci 1. Neuron, srtuktur otak, saraf sadar dan tak sadar
* Pedoman Penilaian : Betul X 100 :
----------------------=
Skor max
b. Tes Non Tertulis :
Kompetensi Dasar :
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara struktut, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi pada manusia
Indikator
* mengidentifikasi struktur dan fungsi neuron
No | Nama | Kelas | Aspek Penilaian | Skor | Ket | |||
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
Keterangan :
1. Partisipasi dalam kegiatan : 25
2. Keaktifan dalam kelompok : 25
3. Keaktifan dalam diskusi : 25
4. Ketepatan laporan : 25
------------------------------------------------------ +
Jumlah skor : 100
Mengetahui Majenang, 21 Agustus2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Rahardjo pawani, S.Pd. Ernasari F., S.Pd.