CONTOH RPP KUIKULUM 2013 BIOLOGI SMA_MA_KELAS XI_SEMESTER 1 2016/ 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan : 4, 5, dan 6
Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kalainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan
I. Indikator
· Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia
· Menjelaskan proses pernapasan yang terjadi pada manusia
· Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru
· Menjelaskan proses pertukaran gas
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam sistem pernapasan manusia
· Mengamati sistem pernapasan pada hewan vertebrata
· Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada hewan vertebrata.
II. Materi Ajar
· Organ-organ dan fungsinya pada sistem pernapasan manusia meliputi:
1. Hidung
2. Saluran pernapasan
3. Paru-paru
· Mekanisme pernapasan yang terjadi dalam sistem pernapasan manusia
· Volume-volume udara yang dipernapaskan
· Mekanisme pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia
· Sistem pernapasan pada hewan vertebrata
· Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pernapasan manusia.
III. Metode Pembelajaran
· Studi membaca - Pengamatan -Diskusi - Penugasan
IV. Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta seorang siswa memperagakan kegiatan bernapas kemudian mendeskripsikan pengertian bernapas.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Dengan memberikan gambar sistem pernapasan manusia, siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pernapasan manusia dan fungsinya.
· Guru meminta siswa memperagakan pernapasan dengan menggunakan dada, kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan dada.
· Guru meminta siswa lain memperagakan pernafasan perut kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan perut.
· Guru meminta siswa mengenali berbagai volume pernapasan dan kapasitas paru-paru, kemudian memintanya memperagakannya.
· Guru memperagakan mengukur kapasitas paru-paru dengan Kegiatan 7.1.
· Siswa bersama guru mendiskusikan pertanyaan untuk diskusi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa menyimpulkan struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia, mekanisme pernapasan dada dan perut, dan volume/kapasitas paru-paru.
Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali proses pernapasan kepada siswa
· Guru menanyakan penyebab dihasilkannnya CO2padahal yang masuk O2
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa mempelajari mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dari buku.
· Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan proses pertukaran gas.
· Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai penyakit/gangguan pada sistem pernapasan manusia.
C. Kegiatan akhir
· Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dan beberapa gangguan/penyakit pada sistem pernapasan manusia.
Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 7.4.
· Siswa mempersiapkan alat dan bahan praktikum.
B. Kegiatan inti (35 menit)
· Siswa membedah ikan untuk mendapatkan insangnya.
· Siswa melakukan pengamatan insang, kemudian menggambarnya.
· Siswa melakukan pembedahan ikan untuk mendapatkan trakea kemudian menggambarnya.
· Siswa membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
· Guru meminta siswa membuat tabel perbandingan sistem pernapasan pada hewan.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan sistem pernapasan pada hewan.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
V. Alat /Bahan/Sumber
· Buku Biologi , jilid XI, Dyah Aryulina, Erlangga
· Ikan
VI. Penilaian
a. Tes tertulis
* Bentuk tes : Essay
* Conoh soal : 1. Sebutkan organ-organ pada sistem pernapasan
* Kunci 1. Hidung, faring, laring, trakea, lubang trakea, cabang bronkhus, alveolus, paru-paru
* Pedoman Penilaian : Betul X 100 :
----------------------=
Skor max
b. Tes Non Tertulis :
Kompetensi Dasar :
3.4 Menjelasakan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan.
Indikator
* Mejelaskan proses pernapasan yang terjadi pada manusia
No | Nama | Kelas | Aspek Penilaian | Skor | Ket | |||
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
Keterangan :
1. Partisipasi dalam kegiatan : 25
2. Keaktifan dalam kelompok : 25
3. Keaktifan dalam diskusi : 25
4. Ketepatan laporan : 25
------------------------------------------------------ +
Jumlah skor : 100
Mengetahui Majenang, 9 Agustus2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Rahardjo pawani, S.Pd. Ernasari F., S.Pd.