-->

CONTOH RPP KUIKULUM 2013 BIOLOGI SMA_MA_KELAS XI_SEMESTER 1 2016/ 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas / Semester          : XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan                    : 4, 5, dan 6
Alokasi Waktu             : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi    : 3.   Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia  dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar       :  3.4    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi,  dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
Tujuan                         :  Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kalainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan

                                                    
I.                   Indikator
·         Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia
·         Menjelaskan proses  pernapasan yang terjadi pada  manusia
·         Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru
·         Menjelaskan proses pertukaran gas  
·         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam sistem pernapasan manusia
·         Mengamati sistem pernapasan pada  hewan vertebrata
·         Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada hewan vertebrata.

II.                Materi Ajar
·         Organ-organ dan fungsinya  pada sistem pernapasan manusia meliputi:
1.   Hidung
2.   Saluran pernapasan
3.   Paru-paru
·         Mekanisme  pernapasan yang terjadi dalam sistem pernapasan  manusia
·         Volume-volume udara yang dipernapaskan
·         Mekanisme pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia
·         Sistem pernapasan  pada hewan vertebrata
·         Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pernapasan  manusia.

III. Metode Pembelajaran
·         Studi membaca - Pengamatan -Diskusi - Penugasan

IV.  Langkah -Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta seorang siswa memperagakan kegiatan bernapas kemudian mendeskripsikan pengertian bernapas.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Dengan memberikan gambar sistem pernapasan manusia, siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pernapasan manusia dan fungsinya.
·         Guru meminta siswa memperagakan pernapasan dengan menggunakan dada, kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan dada.
·         Guru meminta siswa lain memperagakan pernafasan perut kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan perut.
·         Guru meminta siswa mengenali berbagai volume pernapasan dan kapasitas paru-paru, kemudian memintanya memperagakannya.
·         Guru memperagakan  mengukur kapasitas paru-paru dengan Kegiatan 7.1.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pertanyaan untuk diskusi.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia, mekanisme pernapasan dada dan perut, dan volume/kapasitas paru-paru.

Pertemuan  5 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali proses pernapasan kepada siswa
·         Guru menanyakan penyebab dihasilkannnya CO2padahal yang masuk O2
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa mempelajari mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dari buku.
·         Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan proses pertukaran gas.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai penyakit/gangguan pada sistem pernapasan manusia.
C.   Kegiatan akhir
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dan beberapa gangguan/penyakit pada sistem pernapasan manusia.

Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 7.4.
·         Siswa mempersiapkan alat dan bahan praktikum.
B.   Kegiatan inti (35 menit)
·         Siswa membedah ikan untuk mendapatkan insangnya.
·         Siswa melakukan pengamatan insang, kemudian menggambarnya.
·         Siswa melakukan pembedahan ikan untuk mendapatkan trakea kemudian menggambarnya.
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
·         Guru meminta siswa membuat tabel perbandingan sistem pernapasan pada hewan.
 C.  Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan sistem pernapasan pada hewan.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

V.     Alat /Bahan/Sumber

·         Buku Biologi , jilid XI, Dyah Aryulina, Erlangga
·         Ikan





VI.              Penilaian

a.       Tes tertulis
* Bentuk tes   : Essay
* Conoh soal  : 1. Sebutkan organ-organ pada sistem pernapasan           
* Kunci             1. Hidung, faring, laring, trakea, lubang trakea, cabang bronkhus, alveolus, paru-paru
                                  ­                                  
  
* Pedoman Penilaian  :  Betul  X   100   :
                                    ----------------------=
                                       Skor max           


b.      Tes Non Tertulis                            :
Kompetensi Dasar             :
                                 3.4 Menjelasakan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan.


Indikator                                              
* Mejelaskan proses pernapasan yang terjadi pada manusia

                                        

No
Nama
Kelas
Aspek Penilaian
Skor
Ket





































Keterangan      :
1. Partisipasi dalam kegiatan                : 25
2. Keaktifan dalam kelompok             : 25
3. Keaktifan dalam diskusi                  : 25
4. Ketepatan laporan                            : 25
------------------------------------------------------  +
Jumlah skor                                         : 100



                       

            Mengetahui                                                                              Majenang, 9 Agustus2016
            Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran




            Rahardjo pawani, S.Pd.                                                            Ernasari F., S.Pd.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel