CONTOH RPP BIOLOGI_KURIKULUM 2013 SMA_MA_KELAS XI SEMESTER 1 TH. 2016/ 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan : 7, 8, dan 9
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu , kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi
I. Indikator
· Membedakan pengertian ekskresi, sekresi, dan defekasi
· Menggambar struktur ginjal dan menjelaskan proses pembentukan urine
· Mengidentifikasi penyakit/gangguan pada alat ekskresi manusia
· Mendeskripsikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi
· Mendeskripsikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi
· Mendeskripsikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi
· Menyimpulkan pengaturan fungsi osmoregulasi dalam tubuh manusia
· Mengidentifikasi alat ekskresi pada hewan
· Mengidentifikasi alat ekskresi serangga berdasarkan hasil pengamatan
II. Materi Ajar
· Pengertian ekskresi, sekresi dan defekasi
· Organ-organ ekskresi pada manusia dan fungsinya antara lain:
1. Ginjal 3. Kulit
2. Paru-paru 4. Hati
· Proses pembentukan urine
· Kelainan dan penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi manusia
· Sistem ekskresi hewan
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi- Penugasan- Pengamatan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru memberikan pertanyaan tentang pengertian ekskresi dan alat ekskresi pada manusia kepada siswa untuk di cari jawabannya di dalam buku teks.
· Siswa membaca buku teks, mencari jawaban, dan menuliskan jawabannya dalam buku catatan.
B. Kegiatan inti (60 menit)
· Siswa bersama siswa mendiskusikan pengertian sistem ekskresi dan membandingkan dengan sistem pengeluaran yang lain, misalnya sekresi dan defekasi.
· Siswa bersama guru mendiskusikan alat-alat ekskresi yang terdapat dalam tubuh manusia dan fungsinya.
· Guru meminta siswa mendeskripsikan sifat urine yang biasa dikeluarkan oleh siswa.
· Siswa bersama guru mendiskusikan struktur ginjal dan proses pembentukan urine yang terjadi di dalamya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan urine.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru meminta siswa mengidentikasi berbagai penyakit yang terjadi pada ginjal.
· Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi tentang cuci darah dengan menggunakan Kegiatan 8.1 dan mengumpulkannya pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mengecek dan mengumpulkan Tugas 8.1 dari siswa.
· Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian, fungsi, dan proses cuci darah berdasarkan informasi yang sudah dikumpulkan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi.
· Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi.
· Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi.
· Guru menjelaskan pengaturan fungsi osmoregulasi pada tubuh manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru mengecek pemahaman siswa tentang sistem ekskresi manusia dengan memberikan pertanyaan umpan balik secara lisan kepada siswa.
· Guru membentuk kelompok dan menugaskan setiap kelompok membawa belalang dan mempelajari Kegiatan 8.3.
Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Siswa menyiapkan alat dan bahan sesuai dengan Kegiatan 8.3.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa melakukan pembedahan belalang.
· Siswa mengamati dan menggambar pembuluh malpighi pada belalang.
· Siswa menyusun laporan hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil praktikum.
· Guru mengecek pemahaman tentang alat ekskresi pada serangga dan hewan pada umumnya dengan memberikan pertanyaan umpan balik.
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Biologi SMA Jilid II, Dyah Pratiwi, Erlangga
· Berbagai informasi tentang cuci darah dari berbagai sumber
· Belalang
· Alat bedah
VI. Penilaian
a. Tes tertulis
* Bentuk tes : Essay
* Conoh soal : 1. Jelaskan pengertian ekskresi
* Kunci 1. Ekskresi adalah pengeluaran zat sisa metabolisme yang tidak dipakai lagi oleh tubuh, berupa keringat, air, urine dan CO2
* Pedoman Penilaian : Betul X 100 :
----------------------=
Skor max
b. Tes Non Tertulis :
Kompetensi Dasar :
3.5 menjelaskan keterkaitan antara stuktur, fungsi, dan proses seta kelainan atau penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan.
Indikator
*Menggambar struktur ginjal dan menjelaskan proses pembentukan urine
No | Nama | Kelas | Aspek Penilaian | Skor | Ket | |||
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
Keterangan :
1. Partisipasi dalam kegiatan : 25
2. Keaktifan dalam kelompok : 25
3. Keaktifan dalam diskusi : 25
4. Ketepatan laporan : 25
------------------------------------------------------ +
Jumlah skor : 100
Mengetahui Majenang, 15 Agustus2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Rahardjo pawani, S.Pd. Ernasari F., S.Pd.