-->

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR MATA PELAJARAN FISIKA 2016

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN FISIKA

Kelas                              :   X
Standar Kompetensi   :   1.Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Penentuan KKM
Kriteria Ketuntasan Minimal
Esensial
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake siswa
1.1  Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya
o    Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur
o    Mengukur besaran panjang, massa dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan






1.2    Melakukan penjumlahan vektor
o    Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis
o    Menjumlahkan dua vektor secara analisis






Kelas                              :   X
Standar Kompetensi   :   2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Penentuan KKM
Kriteria Ketuntasan Minimal
Esensial
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake siswa
2.1    Menganalisis besaran fisika pada gerak  dengan kecepatan dan percepatan konstan
  • Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan
  • Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan
  • Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan





2.2   Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan
  • Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan  sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan
  • Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif
  • Menganalisis besaran yang berhubungan antaran gerak linier dan gerak melingkar pada gerak menggelinding dengan laju konstan






2.3    Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan
  • Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum  Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari
  • Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 2 Newton  dalam kehidupan sehari-hari
  • Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan
  • Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 3 Newton   dalam kehidupan sehari-hari
  • Menerapkan hukum newton pada gerak benda pada bidang miring tanpa gesekan
  • Menerapkan hukum Newton pada gerak vertikal
  • Menerapkan hukum Newton pada gerak melingkar






KKM  SEMESTER  GANJIL






Kelas                              :   X
Standar Kompetensi   :   3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik 

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Penentuan KKM
Kriteria Ketuntasan Minimal
Esensial
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake siswa
3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
  • Menganalisis pembentukan bayangan pada lup, kaca mata, mikroskop, dan teropong
  • Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teropong
  • Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum
  • Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi
  • Menghitung perbesaran lup, mikroskop,  dan teropong





3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam  kehidupan sehari-hari
  • Mengidentifikasi penerapan berbagai alat optik dalam kehirupan sehari-hari
  • Merancang dan membuat teropong sederhana







Kelas                              :   X
Standar Kompetensi   :   4.  Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Penentuan KKM
Kriteria Ketuntasan Minimal
Esensial
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake siswa
4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
  • Menganalisis  pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda
  • Menganalisis  pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian)
  • Menganalisis  pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda





4.2 Menganalisis cara perpindahan kalor
  • Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi
  • Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konveksi
  • Menganalisis perpindahan kalor dengan cara radiasi





4.3 Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah
  • Mendeskripsikan perbedaan kalor yang diserap dan kalor yang dilepas
  • Menerapkan asas Black dalam peristiwa pertukaran kalor








Kelas                              :   X
Standar Kompetensi           :               5. Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi


Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Penentuan KKM
Kriteria Ketuntasan Minimal
Esensial
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake siswa
5.1    Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)
  • Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup sederhana
o    Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian seri
o    Memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana dengan menggunakan hukum Kirchoff II





5.2    Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari
  • Mengidentifikasi penerapan arus listrik searah dalam kehidupan sehari-hari
  • Mengidentifikasi penerapan arus listrik bolak-balik dalam kehidupan sehari-hari








Kelas                              :   X
Standar Kompetensi   :   6. Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Penentuan KKM
Kriteria Ketuntasan Minimal
Esensial
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake siswa
6.1  Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik
  • Mencari dan menelusuri literatur tentang gelombang elektromagnetik
  • Menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang





6.2  Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari
  • Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik dalam komunikasi
  • Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik (seperti infra merah, ultra violet, sinar laser, dan lain-lain) dalam kesehatan dan industrri
  • Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekuensi/panjang gelombang  pada komunikasi radio, radar, telepon dan lain-lain





KKM  SEMESTER  GENAP






Mengetahui                                                                                                          Majenang,   Januari 2016
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran




Aan waseso, S.Pd.                                                                                               Tukiyem, S.Pd.     

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel