PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR MATA PELAJARAN FISIKA 2016
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN FISIKA
Kelas : X
Standar Kompetensi : 1.Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Penentuan KKM | Kriteria Ketuntasan Minimal | |||
Esensial | Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake siswa | ||
1.1 Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya o Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur o Mengukur besaran panjang, massa dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan | | | | | |
1.2 Melakukan penjumlahan vektor o Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis o Menjumlahkan dua vektor secara analisis | | | | | |
Kelas : X
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Penentuan KKM | Kriteria Ketuntasan Minimal | |||
Esensial | Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake siswa | ||
2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan
| | | | | |
2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan
| | | | | |
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan
| | | | | |
KKM SEMESTER GANJIL | | | | | |
Kelas : X
Standar Kompetensi : 3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Penentuan KKM | Kriteria Ketuntasan Minimal | |||
Esensial | Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake siswa | ||
3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
| | | | | |
3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
| | | | | |
Kelas : X
Standar Kompetensi : 4. Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi
Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Penentuan KKM | Kriteria Ketuntasan Minimal | |||
Esensial | Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake siswa | ||
4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
| | | | | |
4.2 Menganalisis cara perpindahan kalor
| | | | | |
4.3 Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah
| | | | | |
Kelas : X
Standar Kompetensi : 5. Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi
Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Penentuan KKM | Kriteria Ketuntasan Minimal | |||
Esensial | Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake siswa | ||
5.1 Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)
o Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian serio Memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana dengan menggunakan hukum Kirchoff II | | | | | |
5.2 Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari
| | | | | |
Kelas : X
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik
Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Penentuan KKM | Kriteria Ketuntasan Minimal | |||
Esensial | Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake siswa | ||
6.1 Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik
| | | | | |
6.2 Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari
| | | | | |
KKM SEMESTER GENAP | | | | | |
Mengetahui Majenang, Januari 2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Aan waseso, S.Pd. Tukiyem, S.Pd.