CONTOH RPP SENI RUPA SMA/ SMK / MAK/ MA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Smk Yos Sudarso Majenang
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi: 9. Mengapresiasi karya seni kriya
Kompetensi Dasar :
9.1. Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya mancanegara
9.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya mancanegara
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancanegara
· Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancanegara
· Menjelaskan perkembangan gagasan dalam karya seni kriya mancanegara
· Mampu memberikan apresiasi terhadap karya seni kriya mancanegara
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di mancanegara
- Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya
Nilai Karakter Bangsa :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan.
B. Materi Pembelajaran
· Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah mancanegara
· Teknik membuat karya seni kriya di wilayah mancanegara
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengapresiasi karya seni kriya | · Mencari informasi dan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancanegara | · siswa dapat Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancane-gara |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi (pertemuan pertama)
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni kriya yang memiliki khas mancanegara.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§ Guru meminta siswa berdiskusi tentang kecenderungan gagasan yang kira-kira melatarbelakangi penciptaan karya itu.
§ Siswa mencari informasi di internet tentang proses penciptaan/pembuatan karya seni tersebut.
§ Siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu.
§ Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru membuat karya tersebut.
§ Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat ringkas.
§ Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni kriya khasmancanegara.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Penutup:
§ Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Siswa dan guru melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
§ Gurumemberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
§ Eksplorasi (pertemuan Kedua)
Dalam kegiatan eksplorasi :
§ Guru membuka kegiatan belajar dan berdoa
§ Mengulas materi minggu lalu
Elaborasi
§ Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru membuat karya tersebut.
§ Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat ringkas.
§ Penutup
§ Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni kriya khas mancanegara.
§ Penilaian
§ Pengayaan
§ Penugasan
C. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI - ESIS
· Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI – ESIS
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
D. Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan | | | |
Kemampuan siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu | | | |
Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut | | | |
Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas | | | |
Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan | | | |
Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | | | |
Jumlah Nilai | | | |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, Majenang, Desember 2015
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Kukuh Sanyoto,S.Pd Nunung Nurhayati,S.Pd