CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS X SMK/ MAK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 3.1
Nama Sekolah : Smk Yos Sudarso Majenang
Program Keahlian : Semua Jurusan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan : 1-6
Alokasi Waktu : 18 jam pelajaran (6 pertemuan) (@3 jam pelajaran )
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat unggul
Kompetensi Dasar : 3.1 Menyimak untuk memahami secara kreatif teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana
K K M : 70
Nilai Karakter Bangsa : Kreatif (Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil yang berbeda dari produk/jasa yang telah ada).
Indikator :
* Reaksi kinetik (menunjukkan sikap memperhatikan, mencatat) terhadap pembacaan prosa fiksi, drama, dan puisi yang diperdengarkan diperlihatkan.
* Reaksi verbal berupa komentar terhadap pembacaan prosa fiksi, drama, dan puisi didengar ditunjukkan.
* Unsur intrinsik prosa fiksi dan drama (tokoh, penokohan, latar, plot, tema) dan atau hakikat puisi (tema, nada, rasa, amanat) diungkapkan secara kontekstual dan kreatif
* Makna kata konotatif yang berbentuk ungkapan, pepatah, peribahasa, atau majas yang tersurat dalam prosa fiksi, drama, dan puisi yang telah dibacakan dijelaskan .
* Pesan yang tersirat dari prosa fiksi, drama, dan puisi yang dibacakan/ diperdengarkann dikemukakan secara kreatif.
* Reaksi kinetik (menunjukkan sikap memperhatikan, mencatat) terhadap pembacaan prosa ilmiah sederhana yang diperdengarkan diperlihatkan.
* Reaksi verbal berupa komentar terhadap prosa faktual/ilmiah sederhana yang didengar ditunjukkan.
* Isi / pesan yang tersurat dan tersirat dari teks ilmiah sderhana dikemukakan secara tepat dan kreatif.
* Unsur intrinsik prosa faktual (tujuan, masalah, metode pemecahan masalah, penyimpulan) diungkapkan secara kreatif
I. Tujuan Pembelajaran:
Tujuan pembelajaran pada kompetensi dasar ini adalah siswa dapat menyimak untuk memahami secara kreatif teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana serta mampu mengapresiasi karya-karya baru seni berbahasa.
Pertemuan | Siswa dapat: |
1 | 1. menceritakan kembali isi cerita pendek sederhana yang diperdengarkan. 2. mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerita pendek dan drama (alur, penokohan, latar, dan pesan/amanat) dan unsur ekstrinsik 3. menjelaskan maksud ungkapan, pepatah, peribahasa, atau majas dalam cerita pendek yang telah diperdengarkan. 4. memberi komentar terhadap cerpen dan drama sederhana yang diperdengarkan. 5. mengubah alur penyelesaian cerpen secara kreatif |
2 | 6. menceritakan kembali isi drama pendek yang diperdengarkan. 7. mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama (alur, penokohan, latar, dan pesan/amanat) serta unsur ekstrinsik 8. menjelaskan maksud ungkapan, pepatah, peribahasa, atau majas dalam drama pendek yang telah diperdengarkan. 9. memberi komentar terhadap drama pendek yang diperdengarkan. 10. mengubah alur penyelesaian drama secara kreatif |
3 | 11. mengungkapkan kembali isi puisi prismatis sederhana yang diperdengarkan. 12. mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik puisi yang berupa metode puisi (rima, ritma, majas) dan hakikat puisi (tema, nada, rasa, amanat). 13. menjelaskan maksud ungkapan, pepatah, peribahasa, atau majas dalam puisi yang telah diperdengarkan. 14. menggunakan ungkapan/ pepatah/peribahasa dari puisi secara kreatif untuk komunikasi |
4 | 15. mengidentifikasi unsur seni berbahasa di luar karya sastra (dalam pidato, iklan, dan poster) yang diperdengarkan 16. menggunakan unsur seni berbahasa dalam membuat pidato, iklan, dan poster. |
5 | 17. memberi komentar positif atau negatif terhadap prosa ilmiah sederhana yang diperdengarkan. 18. menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi prosa ilmiah sederhana yang diperdengarkan. 19. mengungkapkan/melaporkan isi teks ilmiah sederhana yang diperdengarkan secara verbal dan/atau nonverbal secara kreatif. |
6 | Evaluasi, pembahasan, penilaian, remedi, pengayaan |
II. Materi Pembelajaran:
* Hakikat apresiasi
* Proses apresiasi
* Jenis apresiasi: kinetik dan verbal
* Prosa fiksi: pengertian; jenis (cerpen, novel); unsur intrinsik (tokoh, penokohan, tema, alur, latar, sudut pandang)
* Puisi: pengertian; hakikat puisi/unsur batin ( tema, nada, rasa, pesan/amanat)
* Karya sastra: puisi, cerpen, atau novel.
* Prosa faktual/ilmiah: artikel, iklan, pidato, khotbah; ciri-ciri; komponen kebahasaan.
III. Metode Pembelajaran:
* Ceramah
* Tanya jawab
* Bermain peran
* Penugasan
IV. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan | Keg Awal (5 Menit) | Keg Inti (75 menit) | Keg Akhir (10 Menit) |
1 | 1. Salam pembuka; Doa, Presensi 2. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan 3. Penjelasan tentang pentingnya seni berbahasa dalam kehidupan dan / atau dunia usaha | 1. Eksplorasi a. Siswa mempelajari modul tentang unsur ekstrinsik dan intrinsik prosa b. Siswa mencoba mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam teks prosa c. Siswa mempelajari contoh resensi/ulasan karya sastra d. Siswa mendengarkan rekaman prosa pendek (cerpen) 2. Elaborasi a. Siswa menceritakan kembali isi cerita pendek sederhana yang diperdengarkan. b. Siswa mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerita pendek dan drama (alur, penokohan, latar, dan pesan/amanat) dan unsur ekstrinsik c. Siswa menjelaskan maksud ungkapan, pepatah, peribahasa, atau majas dalam cerita pendek yang telah diperdengarkan. d. Siswa memberi komentar terhadap cerpen dan drama sederhana yang diperdengarkan. e. Siswa mengubah alur penyelesaian secara kreatif . 3. Konfirmasi a. Tanya jawab tentang kesulitan / keraguan siswa b. Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement) | 1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati 2. Penegasan guru untuk terus mengembangkan kemampuan dalam bidang seni berbahasa dan kaitannya dengan kehidupan dan / atau dunia usaha. 3. Guru memberikan informasi pembelajaran berikutnya. 4. Pembelajaran ditutup dengan doa. |
2 | a. Salam pembuka; Doa, Presensi b. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan c. Penjelasan tentang pentingnya seni berbahasa dalam kehidupan dan / atau dunia usaha | 1. Eksplorasi a. Siswa mempelajari modul tentang unsur ekstrinsik dan intrinsik drama b. Siswa mencoba mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam drama c. Siswa mempelajari contoh resensi/ulasan drama d. Siswa mendengarkan rekaman drama pendek 2. Eksplorasi a. Siswa menceritakan kembali isi drama pendek yang diperdengarkan. b. Siswa mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama (alur, penokohan, latar, dan pesan/amanat) serta unsur ekstrinsik c. Siswa menjelaskan maksud ungkapan, pepatah, peribahasa, atau majas dalam drama pendek yang telah diperdengarkan. d. Siswa memberi komentar terhadap drama pendek yang diperdengarkan. e. Siswa mengubah alur penyelesaian drama pendek secara kreatif . 3. Konfirmasi a. Tanya jawab tentang kesulitan / keraguan siswa b. Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement) | 1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati 2. Penegasan guru untuk terus mengembangkan kemampuan dalam bidang seni berbahasa dan kaitannya dengan kehidupan dan / atau dunia usaha. 3. Guru memberikan informasi pembelajaran berikutnya. 4. Pembelajaran ditutup dengan doa. |
3 | a. Salam pembuka; Doa, Presensi b. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan c. Penjelasan tentang pentingnya seni berbahasa dalam kehidupan dan / atau dunia usaha | 1. Eksplorasi a. Siswa mempelajari modul tentang unsur ekstrinsik dan intrinsik puisi b. Siswa mencoba mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam puisi c. Siswa mempelajari contoh resensi/ulasan puisi d. Siswa mendengarkan rekaman puisi 2. Elaborasi a. Siswa mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik puisi yang berupa metode puisi (rima, ritma, majas) dan hakikat puisi (tema, nada, rasa, amanat). b. Siswa mengungkapkan kembali isi puisi prismatis sederhana yang diperdengarkan. c. Siswa menjelaskan ungkapan, pepatah, peribahasa, atau dalam puisi yang telah diperdengarkan d. Siswa menggunakan ungkapan/ pepatah/peribahasa dari puisi secara kreatif untuk komunikasi. 3. Konfirmasi a. Tanya jawab tentang kesulitan / keraguan siswa b. Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement) | 1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati 2. Penegasan guru untuk terus mengembangkan kemampuan dalam bidang seni berbahasa dan kaitannya dengan kehidupan dan / atau dunia usaha. 3. Guru memberikan informasi pembelajaran berikutnya. 4. Pembelajaran ditutup dengan doa. |
4 | a. Salam pembuka; Doa, Presensi b. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan c. Penjelasan tentang pentingnya seni berbahasa dalam kehidupan dan / atau dunia usaha | 1. Eksplorasi a. Siswa membaca untuk menemukan unsur seni berbahasa dalam pidato, iklan dan poster b. Siswa menyimak rekaman pidato, iklan, dan poster 2. Elaborasi a. Siswa mengidentifikasi unsur seni berbahasa di luar karya sastra (dalam pidato, iklan, dan poster) yang diperdengarkan b. Siswa menggunakan unsur seni berbahasa dalam membuat pidato, iklan, dan poster secara kreatif. 3. Konfirmasi a. Tanya jawab tentang kesulitan / keraguan siswa b. Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement) | 1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati 2. Penegasan guru untuk terus mengembangkan kemampuan dalam bidang seni berbahasa dan kaitannya dengan kehidupan dan / atau dunia usaha. 3. Guru memberikan informasi pembelajaran berikutnya. 4. Doa penutup. |
5 | a. Salam pembuka; Doa, Presensi b. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan c. Penjelasan tentang pentingnya seni berbahasa dalam kehidupan dan / atau dunia usaha | 1. Eksplorasi Siswa menyimak rekaman teks ilmiah sederhana/pendek. 2. Elaborasi a. Siswa memberi komentar positif atau negatif terhadap prosa ilmiah sederhana yang diperdengarkan. b. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi prosa ilmiah sederhana yang diperdengarkan. c Siswa mengungkapkan / melaporkan isi teks ilmiah sederhana secara verbal dan /atau nonverbal secara kreatif 3. Konfirmasi a. Tanya jawab tentang kesulitan / keraguan siswa b. Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement). | 1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati 2. Penegasan guru untuk terus mengembangkan kemampuan dalam bidang seni berbahasa dan kaitannya dengan kehidupan dan / atau dunia usaha. 3. Guru memberikan informasi rencana evaluasi formatif 4. Doa penutup. |
6 | 1. Salam pembuka; Doa, Presensi 2. Penegasan akan adanya evaluasi | Evaluasi formatif, pembahasan dan penilaian, remedi, pengayaan | Doa penutup |
VI. Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
a. Modul Bahasa Indonesia
d. Teks prosa )cerpen), drama, dan puisi
b. Kaset / rkaman prosa, puisi dan drama
c. Kamus Bahasa Indonesia
d. LCD & Laptop
e. Soal postes dan perangkat penilaiannya
VI. Penilaian
a. Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian proses, penilaian portofolio / hasil karya
b. Bentuk: Pilihan ganda, betul-salah, isian, esai
c. Instrumen: Soal : di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
Kunci Jawaban : di dalam Buku Kunci (terlampir)
Pedoman Penilaian : terlampir
Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap / Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas = 10%)
| | NILAI KARAKTER (0-100) | AKADEMIK | NILAI | NILAI | NILAI | KET | |||||||
NO | NAMA | ASPEK (@ maks 25) | RATA2 | AWAL | RMD | PNGAY | NAK | PRAK | TUGAS | AKHIR | TUNTAS/ | |||
| | 1 | 2 | 3 | 4 | (N1) | (0-100) | (0-100) | (TAMB) | (N2) | (N3) | (N4) | SK/KD | BELUM |
PRODI : | AV | | | | | 20% | | | | 70% | | 10% | | |
01 | Desi Hermawati | 25 | 25 | 25 | 25 | 100 | 100 | | | 100 | | 100 | 100 | TUNTAS |
02 | Devia Yuliantary | 10 | 10 | 10 | 10 | 40 | 100 | | | 100 | | 100 | 88 | TUNTAS |
03 | Ika Riyanti | 25 | 25 | 25 | 25 | 100 | 50 | 78 | | 70 | | 100 | 79 | TUNTAS |
04 | Lina Novi Ani | 20 | 20 | 20 | 20 | 80 | 80 | | 5 | 85 | | 90 | 85 | TUNTAS |
Aspek karakter kreatif
1. Berpikir /berusaha untuk menghasilkan sesuatu yang baru
2. Membuat pernyataan / teks verbal yang orisinal
3. Membuat bagan/grafik dengan tidak mencontoh teman/orang lain.
4. Melakukan hal baru yang bernilai yang berbeda dengan temannya
CONTOH SOAL BAGIAN I (Menyimak teks seni berbahasa)
Berdasarkan rekaman C.1.1.J-14
16. Isi kutipan puisi tersebut ialah ….
a. Perempuan yang meminta-minta dengan membawa bakul.
b. Pujian terhadap ibu-ibu pedagang yang bekerja keras.
c. Ibu-ibu yang perkasa dengan bakulnya di pagi buta.
d. Akar-akar yang melata dari bukit sampai kota.
e. Cinta kasih ibu untuk menghidupi desanya.
Berdasarkan rekaman C.1.1.J-15
17. Penggalan puisi tersebut menggunakan majas ….
a. personifikasi dan hiperbola
b. personifikasi dan hiperbola
c. tautologi dan metafora
d. paradoks dan personifikasi
e. antiteses dan tautologi
Berdasarkan rekaman C.1.1.J-16
18. Pernyataan yang sesuai dengan maksud puisi tersebut ialah ….
a. Penyair kesepian karena berpisah dengan kekasih sejak lama.
b. Penyair menunggu-nunggu kehadiran kekasihnya dalam kesunyian.
c. Dalam kesendirian waktu berlalu tanpa arti bagi penyair.
d. Hari-hari terasa bagaikan mati karena yang ditunggu-tunggu tidak hadir.
e. Penulis menyadari bahwa dia tidak akan pernah secara nyata bertemu dengan Tuhan.
Berdasarkan rekaman C.1.1.K (Roman)
|
A. Jawablah dengan singkat dan jelas!
19. Siapakah pelaku utamanya?
20. Di mana Zainudin bertengkar dengan Hayati?
21. Mengapa mereka bertengkar?
B. Apa arti ungkapan/peribahasa berikut:
26. daun kehidupanku kauregas, pucuk pengharapanku kaupatahkan.
27. balasan yang tak tersudu diitik tak termakan di ayam.
28. berenang di dalam emas, bersayap uang kertas.
CONTOH SOAL BAGIAN II (Menyimak teks ilmiah sederhana)
Rekaman C.1.2.M
|
Soal:
A. Pilihlah satu jawaban yang tepat.
1. Yang dimaksudkan dengan oligosakarida adalah .....
a. rantai karbohidrat yang kompleks
b. rantai karbohidrat yang sederhana
c. rantai senyawa glukosa
d. rantai enzim alfa-amilase
2. Etanol diurai secara langsung dari .....
a. glukosa
b. karbohidrat
c. hidrolisi
d. poligosakarida
3. Pengupayaan etanol berkadar 99,5 % diproses dengan .....
a. fermentasi
b. higroskopis
c. hidrolisis
d. dehidrasi
B. Kerjakan!
1. Ringkaslah materi tentang proses pembuatan bahan bakar berbahan singkong ke dalam bentuk bagan alir (flow chart)
2. Sajikan secara verbal lisan bagan tersebut dengan kalimat-kalimat Anda sendiri.
PEDOMAN PENILAIAN
BAGIAN I (Menyimak teks seni berbahasa)
No Soal | Skor maksimal TIAP SOAL | Skor Total MaksIMAL |
BAG.I (Teks Seni Berbahasa) : 1-50 | 1 | 50 |
| | |
| | |
| | |
Jml skor total maksimal: | 50 |
Nilai Akhir Maksimal = 50 x 2 = 100
BAGIAN II (Menyimak teks ilmiah sederhana)
No Soal | Skor maksimal TIAP SOAL | Skor Total MaksIMAL |
BAG.II (Teks Ilmiah Sederhana): | | |
Rekaman Teks 1 (C1.2.I): A.1-5 | 1 | 5 |
Rekaman Teks 2 (C1.2.J): A. 1-5 | 1 | 5 |
Rekaman Teks 3 (C1.2.K): A.1-5 | 1 | 5 |
Rekaman Teks 4 (C1.2.L): A. 1-5 | 1 | 5 |
Rekaman Teks 5 (C1.2.M):A. 1-5 | 1 | 5 |
| | |
Penyajian salah satu karangan (B) | 25 | 25 |
| | |
Jml skor total maksimal: | 50 |
Nilai Akhir Maksimal = 50 x 2 = 100
Majenang., Juli 2013
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Sr.Gabriella Suyatini,OP,S.Pd Nunung Nurhayati,S.pd