-->

contoh rpp kimia kelas XI sma semester 2 kelarutan 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMA
Mata Pelajaran                      : Kimia
Kelas/Semester                       : XI / dua
Materi Pokok                         : Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Sub Materi                             : Konsep Hasil Kali Kelarutan (Ksp)
Alokasi Waktu                      : 1 pertemuan ( 1JP)

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar
Peserta didik mampu:
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1.        Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.1.1.      Mengakui adanya keteraturan sifat kelarutan senyawa dalam pelarut sebagai bagian dari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
1.1.2.      Bersyukur  kepada Tuhan Yang Maha Esa atas adanya keteraturan sifat kelarutan senyawa dalam pelarut sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal bagi kelangsungan hidup manusia
2
2.1.    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.1.1.      Mengumpulkan referensi materi mengenai kelarutan dengan penuh rasa ingin tahu
2.1.2.      Mendiskusikan permasalahan mengenai kelarutan senyawa dalam pelarut secara terbuka dalam kelompok
2.1.3.      Menyelesaikan permasalahan mengenai kelarutan senyawa dalam pelarut secara bertanggung jawab
3
3.14.      Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
3.14.1.  Mendeskripsikan definisi kelarutan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
3.14.2.  Menjelaskan konsep hasil kali kelarutan (Ksp)
3.14.3.  Menunjukan hubungan kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp)
3.14.4.  Menjelaskan konsep terjadinya larutan tak jenuh, larutan jenuh dan endapan
4
4.14.      Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan untuk memprediksi terbentuknya endapan.

4.14.1.  Menyajikan kesimpulan dari hasil percobaan secara berkelompok di depan kelas
4.14.2.  Membandingan hasil percobaan  mengenai endapan dengan referensi Ksp

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan serangkaian pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan senyawa, peserta didik mampu :

1.1.1.1.          Menyadari adanya keteraturan sifat kelarutan senyawa dalam pelarut melalui pengamatan fenomena di sekitar, sehingga tumbuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.1.2.1.          Memanfaatkan keteraturan sifat kelarutan senyawa bagi kelangsungan hidup manusia sebagai wujud rasa syukur dan pengakuan terhadap kebesaran Tuhan

2.1.1.1.          Mengumpulkan referensi materi mengenai kelarutan dengan penuh rasa ingin tahu yang ditampilkan dalam bentuk ringkasan
2.1.2.1.          Mendiskusikan ringkasan materi mengenai kelarutan senyawa dalam pelarut secara terbuka dalam kelompok sehingga diperoleh kebenaran konsep.
2.1.2.2.          Mendiskusikan soal-soal mengenai kelarutan senyawa dalam pelarut secara terbuka dalam kelompok
2.1.3.1.          Menyelesaikan soal-soal mengenai kelarutan senyawa dalam pelarut secara bertanggung   jawab sesuai petunjuk yang diberikan

3.14.1.1.      Mendeskripsikan kelarutan suatu senyawa secara tepat dan jelas
3.14.1.2.      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kelarutan suatu senyawa dalam pelarut secara rinci
3.14.2.1        Menyebutk an pengertian Hasil Kali Kelarutan (Ksp) dengan menggunakan bahasa sendiri
3.14.2.2        Menghitung harga Ksp suatu garam yang sukar larut secara tepat
3.14.3.1        Merumuskan hubungan kelarutan dan hasil kali kelarutan suatu senyawa dalam suatu pelarut
3.14.3.2        Menyelesaikan soal-soal mengenai hubungan kelarutan dan hasil kali kelarutan senyawa dalam suatu pelarut
3.14.3.3        Menjelaskan pengaruh penambahan zat sejenis dalam suatu larutan
3.14.3.4        Menghitung kelarutan senyawa akibat penambahan zat sejenis dalam suatu larutan
3.14.4.1.      Mendefinisikan pengertian larutan tak jenuh dan larutan jenuh dengan bahasa sendiri
3.14.4.2.      Menjelaskan proses terjadinya larutan tak jenuh dan larutan jenuh
3.14.4.3.      Menjelaskan proses terjadinya endapan dalam larutan
3.14.4.4.      Meramalkan terjadinya endapan berdasar data Ksp yang tersedia

4.14.1.1        Melakukan percobaan kelarutan senyawa secara berkelompok
4.14.1.2        Menyajikan kesimpulan hasil percobaan kelarutan senyawa bersama kelompoknya di depan kelas
4.14.2.1        Menentukan harga kelarutan garam sukar larut dalam pelarutnya berdasarkan nilai Ksp yang diketahui
4.14.2.2        Membandingankan hasil percobaan dengan hasil perhitungan kelarutan senyawa berdasar Ksp yang diketahui

D.      Materi Pembelajaran
2.      Pertemuan 1
2.1.        Konsep kelarutan dalam reaksi kesetimbangan
2.2.        Pengertian kelarutan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya

E.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Saintifik
2.         Metode Diskusi
3.         Metode Discovery

F.       Sumber belajar
1.         Buku Siswa
Haris Watoni PenerbitYramaWidya
 (2006). Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Phibeta, (hal 207 - 222).
2.         Buku Referensi
Salirawati, Das, dkk. (2012). Belajar Kimia Secara Menarik. Jakarta: Grasindo.
Purba, Michael. (2006). Kimia Kelas XI SMA /MA. Jakarta : Erlangga.
Soewadi,dkk. (2009). Panduan pembelajaran Kimia XI untuk SMA dan MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, (hal 157 – 159).

G.      Media pembelajaran
1.         Media pembelajaran
a.         Papan tulis dan spidol
b.        Power Point Presentation (ppt)
c.         Demonstrasi kelarutan
2.         Alat
a.         Laptop
b.        LCD proyektor
c.         Wadah air mineral gelas
d.        Pengaduk
3.         Bahan
a.         Air panas dan air suhu kamar
b.        Garam dapur NaCl (s)
c.         Gula
d.        Urea
e.         Minyak goreng

H.      Langkah – Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.         Pendahuluan
a.    Salam,berdoa dan mengecek kehadiran siswa
b.    Motivasi
       Menceritakan ke siswa bahwa untuk bisa menyenangkan orang tua adalah dengan membuatkan teh manis dengan komposisi gula dan teh dengan rasa manis yang tepat.Menceritakan juga bahwa cara mengurangi/menghilangkan rasa asin / kadar garam di ikan asin yang dilakukan oleh ibu-ibu nelayan, justru dicuci atau direndam dengan air asin.
c.    Apersepsi
       mengajak kesiswa memusatkan memperhatian pada jenis  minuman sirup kopi,dan lain-lain yang dibuat dengan cara melarutkan, kemudian mengajak untuk memusatkan perhatian pada demonstrasi yang akan dilakukan oleh guru
d.    tujuan Pembelajaran
Pendidik menyampaikan tujuan pembeljaran tentang kelarutan dan fakto-faktor yang mempengaruhinya.
e.    Cakupan pmbelajaran
       Pendidik menympaikan cakupan pembelajaran tentang kelarutan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
2.         Kegiatan Inti
a.         Mngamati
Peserta didik membaca  literatur.Peserta didik memperhatikan demonstrasi kelarutan zat yang didemonstrasikan pendidik :
o    Larutan zat X ,dan y tidak larut
o    Larutan zat A dengan pelarut air suhu kamar. larut semua
o    Larutan zat A dengan pelarut air panas/hangat kamar. larut semua
o    Larutan zat A dengan pelarut air suhu kamar. Tidak diaduk sedkit larut
o    Larutan zat A dengan pelarut air suhu kamar.diaduk dan larut semua
o    Larutan zat B.  sudah tidak dapat larut lagi
o    Larutan zat c. zat mulai mengendap
b.        Menanya
Guru memberikan kesempatan kepada pesertadidik untuk bertanya setelah mereka mengamati percoban/demonstrasi .pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik :
o    Mengapa garam yang dilarutkan tidak semuanya larut.
o    Faktor apa saja yang mempercepat kelarutan ?.
c.         Mengumpukan informasi
Peserta didik mengidentifikasi keadaan larutan yang telah didemonstrasikan pendidik dengan mengacu pada buku pegangan siswa.
d.        Mengasosiasikan
Pendidik meminta bantuan peserta didik untuk ikut melakukan demonstrasi ulang melarutkan zat sesuai petunjuk yang telah diberikan dan mendiskusikan demonstrasi yang dilakukan Pendidik.
e.         Menympulkan
Siswa  menyimpulkanke kelarutan  dan faktor-faktor yang mempengaruhi

3.         Penutup
a.         Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang pengertian kelarutan dan faktor-faktor yang mempengaruhiagar dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan kelarutan dan faktor-faktor yang mempengaruhi
b.        Evaluasi
Memberikan pertanyaan singkat mengenai kelarutan dan faktor-faktor yang mempengaruhia
c.         Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.
4.         Pendahuluan
a.         Salam,berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
b.        Motivasi
Menyerukan jargon sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
“Apa kabar hari ini?”
“Luar biasa bersemangat.”
Apakah anak – anak pernah membuat larutan garam? Misalnya untuk sarana membuat telur asin. Secara tidak sengaja, apakah kalian pernah terlalu banyak menambahkan garam pada air sampai garamnya tidak dapat larut dan ada yang mengendap? Penasaran mengapa hal tersebut dapat terjadi? Pertemuan kali ini kita akan membahas seputar kelarutan zat, mengapa terjadi endapan dan bagaimana hubungannya dengan konsep kesetimbangan kimia.
c.         Apersepsi
Pertemuan sebelumnya kita telah membahas mengenai kelarutan suatu zat dan faktor-faktor yang menentukan kelarutan zat tersebut, yaitu jenis pelarut dan suhu. Pertemuan hari ini, kita akan mempelajari lebih lanjut mengenai Hasil Kali Kelarutan (Ksp). Apa itu Ksp dan bagaimana konsepnya, pasti akan menarik untuk kita pelajari bersama. Maka dari itu, mari kita fokuskan pikiran  pada materi pembelajaran hari ini.
d.        Tujuan pembelajaran
Pendidik menjelaskan tujuan pembelajaran tentang konsep dan pengertian Hasil Kali Kelarutan (Ksp).
e.         Cakupan pembelajaran
Pendidik menjelaskan cakupan pembelajaran tentang konsep dan pengertian Hasil Kali Kelarutan (Ksp).

5.         Kegiatan Inti
a.         Mengamati
Peserta didik memperhatikan penjelasan awal pendidik mengenai Ksp dan mengamati pembuatan larutan garam yang didemonstrasikan pendidik :
f.       Larutan garam a. Garam larut semua
g.      Larutan garam b. Garam ada yang larut dan ada yang mengendap
h.      Larutan garam c. Garam paling banyak mengendap
b.        Menanya
Melalui tanya jawab dengan peserta didik, pendidik menggali pengetahuan peserta didik tentang konsep kelarutan senyawa yang akan dihubungkan dengan Hasil Kali Kelarutan (Ksp).
c.         Mengeksplorasikan/mengumpulkan data
Peserta didik mengidentifikasi keadaan larutan yang telah didemonstrasikan pendidik dengan mengacu pada buku pegangan siswa.
d.        Mengasosiasikan
Pendidik meminta bantuan peserta didik untuk ikut melakukan demonstrasi melarutkan garam sesuai petunjuk yang telah diberikan dan mencoba menjawab soal – soal yang diberikan.
e.         Menyimpulkan
Pendidik dan peserta didik berdiskusi mengenai hasil praktikum dan menarik kesimpulan bersama.
f.         Mencipta
Pendidik memberi tugas untuk mengerjakan soal menngenai konsep hasil kali kelarutan (Ksp) yang jawabannya dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.

6.         Penutup
a.         Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang pengertian dan konsep Ksp
Peserta didik diberikan arahan tentang konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan senyawa agar dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan Ksp dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
b.        Evaluasi
Memberikan pertanyaan singkat mengenai harga hasil kali kelarutan (Ksp) senyawa sukar larut dalam reaksi kesetimbangan.
c.         Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.
d.        Tindak Lanjut
Peserta didik diberi tugas untuk mengerjakan soal yang berkaitan dengan hubungan hasil kali kelarutan (Ksp) dengan pembentukan endapan.
e.         Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.

I.         Penilaian

Sikap spiritual dan Sikap Sosial
Contoh rubrik untuk melakukan penilaian sikap spiritual dan sosial (Lampiran 1).

Pengetahuan
Rubrik dan contoh soal tes pengetahuan pada Lampiran 2.

Keterampilan
Tes praktik/tes kinerja menggunakan rubrik penilaian keterampilan (Lampiran 3.



                                                                                         Solo , 4 Oktober 2016
Mengetahui
Kepala SMA                                            Guru Mata Pelajaran




________________________                                         ________________________

NIP.                                                                                 NIP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel