-->

Ciri-Ciri Jamur Ascomycota Beserta Gambar Dan Contohnya

Inilah ciri-ciri Jamur Ascomycota lengkap beserta gambar dan contohnya. Ciri utamanya adalah mempunyai hifa yang bersekat-sekat. Ciri ciri dinding sel jamur kelompok Ascomycota yaitu terdiri atas kitin dan dapat hidup sebagai saprofit, parasit, atau bersimbiosis.

Ciri ciri Jamur Ascomycota
Ciri ciri Jamur Ascomycota (Foto : A doubt)
Ascomycota adalah kelompok jamur yang berkembang biak dengan membentuk spora di dalam selnya (kantung kecil) yang disebut askus. Pembentukan askus inilah yang menjadi faktor utama dari ciri ciri jamur Ascomycota. Perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan pembentukan askospora melalui beberapa tahap, yaitu:
  • Perkawinan (kopulasi) antara gametangium jantan dan gametangium betina.
  • Bersatunya plasma kedua gametangium yang disebut dengan plasmolisis. 
  • Bersatunya inti yang berasal dari gametangium yang disebut dengan kariogami.
  • Kariogami yang menyebabkan terjadinya pembelahan reduksi dilanjutkan dengan pembentukan askospora secara endogen menurut pembentukan sel bebas.
Perkembangbiakan secara aseksual dapat dilakukan dengan pembentukan konidium, fragmentasi, dan pertunasan. Kelompok jamur ini dapat ditemui di permukaan roti, nasi, dan makanan yang sudah basi. Warnanya merah, cokelat, atau hijau.
Gambar siklus perkembangbiakan Jamur Ascomycota
Gambar siklus perkembangbiakan Jamur Ascomycota (Foto : M. Piepenbring)

Contoh jamur Ascomycota yang hidup sebagai saprofit, antara lain, Saccharomyces cereviciae (khamir bir, roti, dan alkohol), Saccharomyces tuac (khamir tuak), Saccharomyces ellipsoideus (khamir anggur), Penicillium sp. (makanan dan roti busuk), dan Neurospora crassa (pembuatan oncom).

Contoh jamur yang tumbuh sebagai parasit adalah jamur Saccharomycosis yang menyerang pada epitel mulut anakanak. Jamur dapat bersimbiosis dengan ganggang hijau membentuk Lichenes (lumut kerak). Demikian penjelasan singkat tentang ciri ciri Jamur Ascomycota dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel