-->

Contoh Jamur Ascomycota Yang Menguntungkan / Bermanfaat Bagi Manusia

Contoh jamur Ascomycota yang menguntungkan / bermanfaat bagi manusia dan hidup sebagai saprofit antara lain jamur Saccharomyces cereviciae (khamir bir, roti, dan alkohol), Saccharomyces tuac (khamir tuak), Saccharomyces ellipsoideus (khamir anggur), Penicillium sp. (makanan dan roti busuk), dan Neurospora crassa (pembuatan oncom).

Berikut ini penjelasan singkat tentang beberapa contoh jamur yang termasuk kelompok Ascomycota beserta ciri ciri dan manfaatnya.

Contoh Jamur Ascomycota Yang Menguntungkan / Bermanfaat Bagi Manusia


1. Jamur Neurospora crassa

Contoh Jamur Ascomycota Yang Menguntungkan
Contoh Jamur Ascomycota Yang Menguntungkan (Foto : Midori)
Neurospora crassa merupakan jamur yang bermanfaat untuk pembuatan oncom. Jamur ini berwarna oranye dan sering tumbuh di kayu yang telah terbakar. Demikian penjelasan singkat tentang contoh jamur Ascomycota yang menguntungkan bagi manusia dan semoga bisa menambah pengetahuan anda.

2. Jamur Sacharomyces cereviceae

Salah satu contoh Jamur Ascomycota yang menguntungkan bagi manusia adalah Sacharomyces cereviceae yang merupakan kelompok Saccharomycota. Kelompok ini dianggap sebagai penjelmaan dari Endomycota.

Jamur ini hidup sebagai saprofit dan sering dimanfaatkan untuk pembuatan kue, tapai, alkohol, roti, atau bit, bersifat uniseluler, sel berbentuk bulat, tidak berhifa, dan berkembang biak dengan pertunasan. Sebagian ada yang tumbuh di makanan tertentu yang mempunyai hifa, tetapi tidak tetap dan terputus-putus menjadi sel yang terpisah-pisah. Dinding selnya mengandung fosfor glikoprotein.

Ragi atau Sacharomyces cereviceae menguntungkan bagi manusia terutama untuk mengembangkan adonan roti dan pembuatan alkohol. Ragi dikelompokkan ke dalam Ascomycota karena pembiakan seksualnya dilakukan dengan membentuk askospora.
Gambar Saccharomyces cerevisiae
Gambar Saccharomyces cerevisiae (Foto : A doubt)
Jika keadaan lingkungan memungkinkan untuk tumbuh, ragi berkembang biak secara aseksual dengan membentuk tunas, kemudian tunas ini memisahkan diri. Sering kali tunas tersebut tetap melekat pada induk dan bertunas lagi sehingga membentuk koloni.

Pada perkembangbiakan seksual, dinding sel ragi berfungsi sebagai askus. Inti selnya yang diploid (2n) membelah secara meiosis menghasilkan 4 sel haploid yang akan berkembang menjadi askospora. Setelah askospora keluar dari askus, masing-masing akan bertunas dan membentuk askospora baru. Selanjutnya, terjadi peleburan antara dua askospora baru membentuk sel ragi yang diploid (2n).

Saccharomyces yang dimasukkan ke dalam cairan yang mengandung gula dapat menyebabkan pengkhamiran, yaitu perubahan gula menjadi alkohol. Sel-sel khamir yang mengendap pada pembuatan bir disebut faex medicinalis dan berguna dalam pembuatan vitamin B-kompleks.

Saccharomyces cereviciae (khamir roti) dan alkohol (khamir bir) berguna untuk pembuatan roti atau alkohol. Saccharomyces tuac dapat mengubah nira menjadi tuak. Saccharomyces ellipsoideus adalah khamir yang dapat mengubah cairan buah anggur menjadi minuman anggur.

3. Jamur Penicillium sp

Contoh jamur Ascomycota yang menguntungkan bagi manusia berikutnya adalah Penicillium sp. Jamur ini merupakan jamur yang berkembang biak secara aseksual dengan membentuk konidium yang berada di ujung hifa. Setiap konidium akan tumbuh menjadi jamur baru. Konidium berwarna kehijauan dan dapat hidup di makanan, roti, buah-buahan busuk, kain, atau kulit.
Gambar Penicillium sp
Gambar Penicillium sp (Foto : Doc. RNDr. Josef Reischig, CSc.)
Penicillium caseicolum dapat bermanfaat memberi citarasa yang khas untuk keju rokefort dan kamembert, sedangkan Penicillium notatum dan Penicillium chrysogenum adalah pembuat penisilin karena bersifat racun yang dapat menghasilkan zat mematikan, yaitu antibiotika.

Sekarang ini antibiotika banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi mikroba pada manusia. Pemakaian penisilin harus sesuai dengan anjuran dokter. Jika tidak (berlebihan), pasien akan mengalami kekebalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel