RPP PPKN K13 Kelas XI Semester 1 Terbaru 2017/2018
Download RPP PPKN Kelas XI Semester 1 K13 Terbaru 2017/2018. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah salah satu dokumen yang harus disiapkan oleh para guru yang mengajar pada satuan tingkat pembelajaran. Setelah kemaren admin blog ini menuliskan artikel mengenai RPP untuk Kelas X Semester 1 dan Semester 2 Tahun ajaran 2017/2018. Kali ini giliran RPP mata pelajaran PPKN kelas XI semester 1. Bagi para guru yang menginginkan file RPP tersebut dapat mengikuti artikel ini untuk mengunduh filenya.
RPP PPKN Kurikulum 2013 (K13) Kelas XI Terbaru. Pada RPP mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) untuk Kelas XI jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat ini terdapat 5 buah RPP. Karena pada kelas XI semester 1 ini terdapat 5 bab/materi yang harus diajarkan pada peserta didik kelas XI semester 1. Anda bisa mendownload ke-lima file tersebut pada link yang tersedia di bawah sendiri. Apabila ada yang kurang mengenai RPP, silahkan ditambahkan sendiri.
Berikut ini ada contoh RPP PPKN Kelas XI semester 1, namun hanya RPP ke-1 saja. Isinya hanya sebagian dan tidak keseluruhan isi dapat kami tampilkan. Untuk melihat isi lengkapnya, Anda bisa mendownload semua filenya.
RPP Kelas XI Semester 1 K13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Satuan Pendidikan : .................
Kelas / Semester : XI / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bab / Materi : Bab 1 / Menapaki Jalan Terjal Penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
KOMPETENSI INTI:
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat
1.1.1 Menunjukkan perilaku orang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.1.2 Mengucap syukur atas nikmat dan karunia Tuhan YME
1.2 Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.1.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam proses pembelajaran
2.1.2 Menunjukkan perilaku disiplin dalam proses pembelajaran
2.2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam proses pembelajaran
3.1 Menganalisis berbagai kasus pelanggaran HAM secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
3.1.1 Menganalisis substansi HAM dalam Pancasila
3.1.2 Menganalisis berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia
3.1.3 Menganalisis upaya penyelesaian kasus pelanggaran HAM
4.1 Menyaji pembahasan kasus pelanggaran HAM secara argumentative dan saling Keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila pancasila
4.1.1 Menyusun hasil pembahasan kasus pelanggaran HAM secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
4.1.2 Menyaji hasil pembahasan kasus pelanggaran hak asasi manusia secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
C. MATERI PEMBELAJARAN
Secara Garis besar materi pembelajaran Bab 1 adalah sebagai berikut:
1. Substansi hak asasi manusia dalam Pancasila
a. Hak asasi manusia dalam nilai dasar sila-sila Pancasila
b. Hak asasi manusia dalam nilai instrumental sila-sila Pancasila
c. Hak asasi manusia dalam nilai praksis sila-sila Pancasila
2. Kasus Pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia
a. Konsep pelanggaran hak asasi manusia
b. Penyebab pelanggaran hak asasi manusia
c. Penyimpangan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia
3. Upaya Penyelesaian kasus pelanggaran hak asasi manusia
a. Upaya pemerintah dalam penanganan kasus pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia
b. Pentingnya partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya kasus pelanggaran hak asasi manusia
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan umum : scientific
Metode : discovery, diskusi dan presentasi
E. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media:
a. Buku PPKn K13 dari bse.kemdikbud.go.id
2. Alat
a. Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d. Whiteboard
e. Penghapus
3. Sumber Pembelajaran
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education I1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013. Buku yang diunduh dari bse.kemendikbud.go.id. Pancasila Paripurna Pengarang M.Latif serta Majalah Suara Muhammadiyah,Majalah MATAN,dan Buku yang RELEVAN(CIVIC EDUCATION)PP Muhammadiyah Yogyakarta,dan PPKn dari Mahkamah Konsitusi, Amandemen UUD 1945
b. Buku pelajaran PPKn K13 dari bse.kemdikbud.go.id
F. LANGKAH -LANKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan:
2) Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas, membaca doa dan membaca ayat suci alqur’an, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidiupan sehari-hari.
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5) Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
Inti:
Mengamati (Observing)
Peserta didik diminta untuk membaca buku Teks Pelajaran PPKn Bab 1 Sub bab B materi Penyebab timbulnya HAM
Menanya(Questioning)
Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi yang telah dibacanya, masing-masing dengan pertanyaan yang berbeda
Pengumpulan Data (Experimenting)
Peserta didik secara berkelompok mengumpulkan informasi tentang contoh-contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia dan factor-faktor penyebab terjadinya, dengan menggunakan berbagai sumber dari buku, media masa atau internet.
Mengasosiasi(Associating)
• Peserta didik mengerjakan tugas mandiri 1.2 yaitu melakukan identifikasi dan menyimpulkan factor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM
• Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat melalui pemberitaan di media cetak atau elektronik, serta mengidentifikasi kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Tugas tersebut dikerjakan di rumah.
Mengkomunikasikan(Communicating)
• Peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaanya, peserta didik lainnya diberi kesempatan untuk menanggapi hasil pekerjaan temannya.
• Peserta didik melaporkan hasil tugasnya secara tertulis untuk diberi penilaian oleh guru.
Penutup:
1. Peserta didik dapat ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut.
2. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas pada pertemuan ini sebagai refleksi
3. Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas kelompok 1.2 yaitu mengidentifikasi dan menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat melalui pemberitaan di media cetak atau elektronik, serta mengidentifikasi kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Tugas tersebut dikerjakan di rumah.
G. PENILAIAN
............ selengkapnya ada di file unduh.
Satuan Pendidikan : .................
Kelas / Semester : XI / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bab / Materi : Bab 1 / Menapaki Jalan Terjal Penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
KOMPETENSI INTI:
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat
1.1.1 Menunjukkan perilaku orang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.1.2 Mengucap syukur atas nikmat dan karunia Tuhan YME
1.2 Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.1.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam proses pembelajaran
2.1.2 Menunjukkan perilaku disiplin dalam proses pembelajaran
2.2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam proses pembelajaran
3.1 Menganalisis berbagai kasus pelanggaran HAM secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
3.1.1 Menganalisis substansi HAM dalam Pancasila
3.1.2 Menganalisis berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia
3.1.3 Menganalisis upaya penyelesaian kasus pelanggaran HAM
4.1 Menyaji pembahasan kasus pelanggaran HAM secara argumentative dan saling Keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila pancasila
4.1.1 Menyusun hasil pembahasan kasus pelanggaran HAM secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
4.1.2 Menyaji hasil pembahasan kasus pelanggaran hak asasi manusia secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
C. MATERI PEMBELAJARAN
Secara Garis besar materi pembelajaran Bab 1 adalah sebagai berikut:
1. Substansi hak asasi manusia dalam Pancasila
a. Hak asasi manusia dalam nilai dasar sila-sila Pancasila
b. Hak asasi manusia dalam nilai instrumental sila-sila Pancasila
c. Hak asasi manusia dalam nilai praksis sila-sila Pancasila
2. Kasus Pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia
a. Konsep pelanggaran hak asasi manusia
b. Penyebab pelanggaran hak asasi manusia
c. Penyimpangan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia
3. Upaya Penyelesaian kasus pelanggaran hak asasi manusia
a. Upaya pemerintah dalam penanganan kasus pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia
b. Pentingnya partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya kasus pelanggaran hak asasi manusia
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan umum : scientific
Metode : discovery, diskusi dan presentasi
E. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media:
a. Buku PPKn K13 dari bse.kemdikbud.go.id
2. Alat
a. Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d. Whiteboard
e. Penghapus
3. Sumber Pembelajaran
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education I1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013. Buku yang diunduh dari bse.kemendikbud.go.id. Pancasila Paripurna Pengarang M.Latif serta Majalah Suara Muhammadiyah,Majalah MATAN,dan Buku yang RELEVAN(CIVIC EDUCATION)PP Muhammadiyah Yogyakarta,dan PPKn dari Mahkamah Konsitusi, Amandemen UUD 1945
b. Buku pelajaran PPKn K13 dari bse.kemdikbud.go.id
F. LANGKAH -LANKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan:
2) Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas, membaca doa dan membaca ayat suci alqur’an, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidiupan sehari-hari.
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5) Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
Inti:
Mengamati (Observing)
Peserta didik diminta untuk membaca buku Teks Pelajaran PPKn Bab 1 Sub bab B materi Penyebab timbulnya HAM
Menanya(Questioning)
Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi yang telah dibacanya, masing-masing dengan pertanyaan yang berbeda
Pengumpulan Data (Experimenting)
Peserta didik secara berkelompok mengumpulkan informasi tentang contoh-contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia dan factor-faktor penyebab terjadinya, dengan menggunakan berbagai sumber dari buku, media masa atau internet.
Mengasosiasi(Associating)
• Peserta didik mengerjakan tugas mandiri 1.2 yaitu melakukan identifikasi dan menyimpulkan factor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM
• Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat melalui pemberitaan di media cetak atau elektronik, serta mengidentifikasi kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Tugas tersebut dikerjakan di rumah.
Mengkomunikasikan(Communicating)
• Peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaanya, peserta didik lainnya diberi kesempatan untuk menanggapi hasil pekerjaan temannya.
• Peserta didik melaporkan hasil tugasnya secara tertulis untuk diberi penilaian oleh guru.
Penutup:
1. Peserta didik dapat ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut.
2. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas pada pertemuan ini sebagai refleksi
3. Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas kelompok 1.2 yaitu mengidentifikasi dan menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat melalui pemberitaan di media cetak atau elektronik, serta mengidentifikasi kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Tugas tersebut dikerjakan di rumah.
G. PENILAIAN
............ selengkapnya ada di file unduh.
Itulah tadi sedikit contoh isi yang ada dalam RPP PPKN Kelas XI Semester 1 yang menggunakan kurikulum 2013 atau lebih dikenal dengan sebutan Kurikulum K13. Untuk mengunduh file tersebut silahkan klik link download dibawah ini:
Link Download: