CONTOH RPP BAHASA INDONESIA BAG 5 KURIKULUM 2013 KELAS XI SEMESTER 2 SMA/ MA/ SMK 2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA YOS SUDARSO
Mata Pelajaran : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Kelas / Program : XI (IPA / IPS)
Semester : 2
Standar Kompetensi : 1. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, notulen rapat dan karya ilmiah
Kompetensi Dasar : - Menulis karya ilmiah seperti pengamatan dan penelitian
Indikator : 1. Dapat mendaftar hal-hal yang perlu ditulis berdasarkan topik yang dipilih
2. Dapat menentukan gagasan yang dikembangkan dalam karya tulis
3. Dapat menyusun kerangka karya tulis
4. Dapat mengembangkan kerangka karya tulis menjadi karya tulis
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 x Pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mendaftar hal-hal yang perlu ditulis berdasarkan topik yang dipilih
2. Siswa dapat menentukan gagasan yang dikembangkan dalam karya tulis
3. Siswa dapat menyusun kerangka karya tulis
4. Siswa dapat mengembangkan kerangka karya tulis menjadi karya tulis
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Karya tulis
C. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
a. Presensi dan Apresiasi
b. Kilas balik Materi ajar yang lalu
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan cara mendaftar hal-hal yang perlu ditulis berdasarkan topik yang dipilih
b. Guru menjelaskan cara menentukan gagasan yang dikembangkan dalam karya tulis
c. Guru menjelaskan cara menyusun kerangka karya tulis
d. Guru menjelaskan cara mengembangkan kerangka karya tulis menjadi karya tulis
3. Kegiatan Akhir
a. Membuat kesimpulan hasil belajar
b. Memberikan tugas ( PR)
c. Motivasi pembelajaran untuk berikutnya
D. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Praktek
E. MEDIA / BAHAN / SUMBER BELAJAR
1. Media : Papan tulis, kapur
2. Bahan Ajar : LKS KREATIF
3. Sumber : - Tim Edukatif. 2007. Kompeten Berbahasa Indonesia Kelas XI. Jakarta : Erlangga.
F. PENILAIAN
1. Tes Non Tertulis
a. Bentuk Tes : Unjuk Kerja
KD : - Menulis karya ilmiah seperti pengamatan dan penelitian
Indikator : 1. Dapat mendaftar hal-hal yang perlu ditulis berdasarkan topik yang dipilih
2. Dapat menentukan gagasan yang dikembangkan dalam karya tulis
3. Dapat menyusun kerangka karya tulis
4. Dapat mengembangkan kerangka karya tulis menjadi karya tulis
No | Nama Siswa | Kelas | Aspek Penilaian | Skor | Ket | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |||||
| | | | | | | | |
Keterangan :
1. Partisipasi dalam kegiatan : 25
2. Keaktifan dalam kelompok : 25
3. Keaktifan dalam diskusi : 25
4. Ketepatan laporan : 25
------ +
100
Majenang, 1 Januari 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi
Ernasari Fitriati, S. Pd CH. NURYATI, S. Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA YOS SUDARSO
Mata Pelajaran : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Kelas / Program : XI (IPA / IPS)
Semester : 2
Standar Kompetensi : 1. Menulis naskah drama
Kompetensi Dasar : - Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
Indikator : 1. Dapat menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
2. Dapat menghadirkan latar yang mendukung adegan
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 x Pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
2. Siswa dapat menghadirkan latar yang mendukung adegan
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Drama
C. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
a. Presensi dan Apresiasi
b. Kilas balik Materi ajar yang lalu
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan cara menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
b. Guru menjelaskan cara menghadirkan latar yang mendukung adegan
3. Kegiatan Akhir
a. Membuat kesimpulan hasil belajar
b. Memberikan tugas ( PR)
c. Motivasi pembelajaran untuk berikutnya
D. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya jawab
E. MEDIA / BAHAN / SUMBER BELAJAR
1. Media : Papan tulis, kapur
2. Bahan Ajar : LKS KREATIF
3. Sumber : - Tim Edukatif. 2007. Kompeten Berbahasa Indonesia Kelas XI. Jakarta : Erlangga.
F. PENILAIAN
1. Tes Non Tertulis
a. Bentuk Tes : Unjuk Kerja
KD : - Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
Indikator : 1. Dapat menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
2. Dapat menghadirkan latar yang mendukung adegan
No | Nama Siswa | Kelas | Aspek Penilaian | Skor | Ket | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |||||
| | | | | | | | |
Keterangan :
5. Partisipasi dalam kegiatan : 25
6. Keaktifan dalam kelompok : 25
7. Keaktifan dalam diskusi : 25
8. Ketepatan laporan : 25
------ +
100
Majenang, 1 Januari 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi
Ernasari Fitriati, S. Pd CH. NURYATI, S. Pd