CONTOH RPP BIOLOGI_FUNGSI ORGAN MANUSIA DAN HEWAN_KURIKULUM 2013_SMA_MA KELAS XI SEMESTER 1 TH. 2016/ 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan : 17, 18
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupaantigen dan bibit penyakit
I. Indikator
· Menjelaskan fungsi sistem imun tubuh
· Mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh secara alami
· Membedakan respon imun non spesifik dan spesifik pada sistem imun tubuh.
· Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit
II. Materi Ajar
· Sistem kekebalan tubuh, meliputi:
1. Kekebalan yang tidak spesifik
2. Kekebalan spesifik
· Vaksin
· Antibiotik
· Gangguan kekebalan tubuh
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi- Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 17 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Dengan memberikan gejala bahwa di sekitar manusia banyak bibit penyakit tetapi tidak setiap saat manusia menderita sakit, siswa diminta mendeskripsikan penyebabnya.
B. Kegiatan inti (60 menit)
· Siswa mendiskusikan arti penting sistem dan peranan sistem imun.
· Dengan diberikan gambar sistem pertahanan tubuh siswa bersama guru berdiskusi mendeskripsikan berbagai sistem proses pertahanan tubuh secara alami.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan respon imun non spesifik dan spesifik.
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan fungsi sistem imun, sistem pertahanan tubuh secara alami dan respon imun.
· Guru menugaskan mengumpulkan informasi tentang HIV dan AIDS untuk mendiskusikan Salingtemas.
Pertemuan 18 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Dengan memberikan contoh gejala sakit akibat infeksi, siswa diminta menghubungkan antara sistem imun dan penyakit yang diderita manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan upaya manusia untuk meningkatkan imunitas tubuhnya.
· Siswa menndiskusikan Salingtemas AIDS dengan menggunakan berbagai informasi tentang HIV dan AIDS yang sudah dikumpulkan.
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara HIV dan AIDS.
· Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
V. Alat /Bahan/Sumber
· Buku Biologi SMA XI, Dyah aryulina, Esis, Bab XI
· Berbagai informasi HIV dan AIDS dari berbagai sumber
VI. Penilaian
a. Tes tertulis
* Bentuk tes : Essay
* Conoh soal : 1.Sebutkan macam-macam daya pertahanan tubuh pada mausia
* Kunci 1. kekurangan vitamin,infeksi,nilai makanan yang rendah
* Pedoman Penilaian : Betul X 100 :
----------------------=
Skor max
a. Tes Non Tertulis :
Kompetensi Dasar :
3.8 menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
Indikator
* Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pertahanan tubuh
No | Nama | Kelas | Aspek Penilaian | Skor | Ket | |||
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
Keterangan :
1. Partisipasi dalam kegiatan : 25
2. Keaktifan dalam kelompok : 25
3. Keaktifan dalam diskusi : 25
4. Ketepatan laporan : 25
------------------------------------------------------ +
Jumlah skor : 100
Mengetahui Majenang, 21 Agustus2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Rahardjo pawani, S.Pd. Ernasari F., S.Pd.