-->

CONTOH PROGRAM TAHUNAN_BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS XII SMA

PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan              : SMA
Mata Pelajaran                   : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester                : XII IPA / 1 dan 2
Tahun Pelajaran                 : 2011 / 2012

Semester
No
Materi Pokok / Indikator
Waktu
Ket
1




1

SAMBUTAN / KHOTBAH
  • Mencatat pokok-pokok isi sambutan / khotbah
  • Menuliskan pokok-pokok isi sambutan
  • Menyampaikan secara lisan ringkasan sambutan atau khotbah
4 JP

2
WAWANCARA
  • Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara
  • Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
8 JP

3
ARTIKEL / BUKU
  • Mendata pokok-pokok isi artikel atau buku yang diperoleh dari hasil membaca
  • Mengemukakan hal-hal yang menarik dalam artikel / buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan
8 JP

4

PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF
  • Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraph
  • Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
  • Menemukan paragraph deduktif dan induktif
  • Mengidentifikasi ciri paragraph deduktif dan induktif
  • Menjelaskan perbedaan  antara paragraph deduktif dan induktif
8 JP

5
BERITA
  • Membacakan masalah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata dan sikap membaca yang benar
8 JP

6
PROPOSAL
  • Mengidentifikasi komponen atau unsure-unsur proposal
  • Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menenrapkan kalimat tunggal
4 JP

7
SURAT DAGANG DAN SURAT KUASA
  • Mendaftar jenis surat niaga
  • Menulis surat perjanjian jual beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan
  • Menjelaskan isi surat jual beli dan surat kuasa
4 JP

8
KARYA TULIS YANG DILENGKAPI DAFTAR PUSTAKA DAN CATATAN KAKI
  • Menentukan topic yang akan dikembangkan dalam karya tulis
  • Menyusun kerangka karya tulis
  • Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
8 JP

9
DRAMA DAN PEMENTASAN
  • Menentukan tokoh, peran, dan wataknya
  • Menentukan konflik dengan menunjukan data yang mendukung
  • Menentukan tema dan pesan
  • Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak para tokoh
  • Menjelaskan tata busana dan tata panggung dalam drama
8 JP

10
HIKAYAT, NOVEL INDONESIA / TERJEMAHAN
  • Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
  • Menemukan unsure-unsur intrinsic dalam hikayat
  • Menganalisis unsure intrinsic dan ekstrinsik novel Indonesia
  • Menganalisis unsure intrinsic dan ekstrinsik novel terjemahan
  • Membandingkan unsure intrinsic dan ekstrinsik novel Indonesia dan terjemahan
8 JP

11

RESENSI
  • Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi
4 JP


Jumlah
72 JP

2
1
DISKUSI / SEMINAR
  • Mencatat pokok-pokok pembicaraan
  • Merangkum isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
  • Mengajukan pertanyaan
  • Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan / dukungan
  • Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan
8 JP

2
LAPORAN HASIL PENELITIAN
  • Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan
  • Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
  • Menjelaskan proses penelitian dari penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
  • Mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
  • Menanggapi kritikan hasil penelitian
  • Menyampaikan alasan yang mendukung penelitian
8 JP

3
MEMBACA CEPAT DAN MEMBACA INTENSIF
  • Membaca cepat 300kata permenit
  • Menjawab secara benar 75 % dari seluruh pertanyaan yang tersedia
  • Mengemukakan pokok-pokok isi bacaan
  • Menemukan fakta dan opini penulis tajuk rencana atau editorial
  • Membedakan fakta dan opini
  • Mengungkapkan isi tajuk rencana
8 JP

4
RINGKASAN BUKU NON FIKSI
  • Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
  • Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
4 JP

5

NOTULEN RAPAT
  • Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih
  • Mencatat perbedaan dan persamaan dua notulen rapat atau lebih
  • Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
  • Menulis notulen rapat
8 JP

6
KARYA TULIS
  • Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis berdasarkan topic yang dipilih
  • Mengembangkan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis
  • Menyusun kerangka karya tulis
  • Mengembangkan kerangka karya tulis menjadi karya tulis yang dilengkapi dengan daftar pustaka
8 JP

7
CERPEN
  • Mengidentifikasi alur, penokohan dan latar cerpen
  • Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
4 JP

8
TEKS DRAMA
  • Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
  • Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
  • Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada, mimic yang tepat sesuai watak tokoh
8 JP

9
BUKU BIOGRAFI,  NOVEL, HIKAYAT
  • Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi
  • Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
  • Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
  • Menentukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut
  • Mengidentifikasi unsure intrinsic dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia, novel terjemahan sebagai bentuk karya sastra
  • Membandingkan unsure intrinsic dan ekstrinsik tersebut
8 JP

10
MENULIS TEKS DRAMA
  • MMenulis teks drama dengan bahasa yang sesuai
  • Mendaftar pengalaman sendiri yang menarik
  • Menarasikan pengalaman sendiri dalam bentuk adegan drama
4 JP

JUMLAH
68 JP


Majenang,    Juli 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Bidang Studi



ERNASARI F,S.Pd                                                               CH. NURYATI, S.Pd.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel