-->

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS XI SEMESTER 3 SMK/ SMA EXPRESING OPINION 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : SMK Yos Sudarso JerukLegi
Mata Pelajaran                    : Bahasa Inggris
Kelas / Semester                 : XI / 3
Kompetensi keahlian          : Semua Kompetensi Keahlian
Materi Pokok                      : Expressing Opinion
Alokasi Waktu                    : 2 JP (2 X 45 menit )

           A.      KOMPETENSI INTI
KI 1         : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI2          : Mengahayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli ( gotong    royong, kerjasama, toleran, damai ), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3          : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI4          : Mengoalah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkai dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekoalh secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

              B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
3.2.  Menganilisis fungsi sosial, stuktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan kontek penggunaanya.

Indikator:
a.       Siswa memahami funsi sosial,struktur teks, unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan pendapat dan pikiran.
b.      Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan pendapat dan pikiran.
c.       Siswa menerapkan fungsi sosial, stuktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan pendapat dan pikiran.

4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespons ungkapan  menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial.

Indikator:
a.       Siswa terampil menggunakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial.

     C.     Tujuan Pembelajaran
Siswa terampil menggunakan ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai kontek dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

     D.      Materi Pembelajaran
Teks lisan dan tulis pernyataan dan pertanyaan tentang pendapat dan pikiran.
1.       Fungsi Sosial
Menyatakan pendapat dan pikiran

2.       Struktur Teks
-          I believe, bulling is totally unacceptable practice in our school.
-          Too much TV is not good for eyes.
-          Online game should be banned.
-          Smoking should be banned in public places.
-          Harry Potter series is much better than twillight series.

3.       Unsur Kebahasaan
Expression which are used to show personal point of view:
-          In my opinion......
-          Personally I think.....
-          According to me.....
-          I strongly believe that......
-          To my mind....
-          As I understand...
-          What I mean is....
-          From my point of view...
-          I would like to point out that...

E.       Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                               : Scientific Approach
2.       Model                           : Discovery Learning
3.       Teknik                           : Role-play

F.       Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.       Media                                           : Picture
2.       Alat                                                                : Papan tulis, spidol.
3.       Sumber Pembelajaran           : Buku siswa kurikulum 2013, suara guru,internet.

G.     Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
1.       Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
a.       Mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b.      Memberi motivasi belajar.
c.       Memberi brainstorming berupa pertanyaan sesuai dengan materi yang akan disampaikan seperti:
I want to write a word. Can you guess it? ( teacher write a word “Bullying” on the white board and ask the students). What does it mean? ( Teacher writes all the responses on the white board). Have you seen someone getting bullied? What was your feeling? Were you scared or angry? What do you think about bullying? Write your feelings about bullying and then we can discuss it further.
d.      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
e.      Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus ( yaitu materi tentang ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang pendapat bagaimana fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan dan tata bahasa, intonasi, tekanan kata)
2.       Kegiatan Inti ( 70 menit )

Mengamati
-          Siswa diminta untuk membaca teks yang ada di buku siswa halaman 28 (Bullying: A Cancer That Must Be Eradicated )
-          Sambil membaca, siswa diminta untuk menuliskan pertanyaan- pertanyaan jika ada hal atau isi teks yang tidak dipahaminya.
Menanya
-          Siswa diminta untuk  menanyakan tentang hal yang tidak dipahaminya dari bacaan.
-          Siswa diminta untuk menyampaikan apa yang mereka pahami dari bacaan tersebut. Guru mengusahakan agar penjelasan setiap paragraph disampaikan oleh siswa yang berbeda.
Mengeksplorasi
-          Siswa menjawab pertanyaan tentang opini mereka mengenai bullying pada halaman 30 dan menulis jurnal pribadi pada halaman 31 tentang perasaan mereka jika mereka menjadi korban bullying.
Mengasosiasi
-          Setelah guru memerintahkan siswa untuk menjawab pertanyaan tentang opini mereka pada halaman 30 dan menulis jurnal pribadi pada halaman 31, guru memberikan pencerahan kepada siswa bahwa opini adalah pemahaman, perasaan, dan keyakinan tentang sesuatu atau seseorang yang berdasarkan perspektif kita.
-          Guru menjelaskan ciri-ciri kebahasaan sebuah opini.
-          Guru mengajak siswa berlatif mengidentifikasikan opini dan fakta melalui contoh-contoh percakapan sehari-hari.
-          Siswa diminta mengamati contoh kalimat yang menunjukkan opini yang ada pada buku.
-          Setelah siswa memahami materi tentang opini atau pendapat, siswa memberikan opini yang sesuai dengan issue yang sedang dibahas pada halaman 42 sehingga menjadi dialog dengan struktur bahasa yang benar.
Mengkomunikasikan
-           Siswa mempresentasikan dialog / role- play dari tugas yang telah dikerjakan.

3.       Kegiatan Penutup
-          Siswa menuliskan permasalahan yang ditemuinya selama proses pembelajaran dalam jurnal belajar.
-          Salam

H.      Penilaian
1.       Jenis / teknik penilaian
Sikap                             :
-          Observasi ( pencapaian siswa dinilai oleh guru dengan menggunakan daftar cek yang disertai rublik)

Pengetahuan           :
-          Pengetahuan siswa tentang struktur  teks dan unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan teks tulis.
Ketetrampilan           :
-          Unjuk kerja / praktek


2.       Bentuk instrumen- instrumen
Role- play ( memerankan dialog dengan menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang pendapat ) dan tes tertulis ( membuat dialog untuk role- play)

3.       Pedoman penskoran
-          Rubrik
1.       Aspek sikap
2.       Aspek pengetahuan
3.       Aspek keterampilan

Jeruklegi, 18 September 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK Yos Sudarso Jeruklegi                                Guru Bidang Studi


Budi Trimanto, SE                                                                 Maria Merina Sinabutar, S.S







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel