Soal UKA PAUDTK Paket 2 2014
Q.1)Menurut Djojonegoro, Profesionalisme dalam suatu pekerjaan atau jabatan ditentukan oleh tiga faktor penting di bawah ini, kecuali : | |
A. | Memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesilaisasi |
B. | Memiliki tujuan yang jelas dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibuat untuk masa depannya. |
C. | Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki, |
D. | Penghasilan yang memadai sebagai imbalan terhadap keahlian yang dimiliki itu . |
Q.2) | Guru merupakan suatu profesi yang artinya suatu jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Suatu profesi memiliki persyaratan tertentu seperti dibawah ini, kecuali : |
A. | menuntut adanya keterampilan yang mendasarkan pada konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendasar |
B. | menekankan pada suatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan profesinya |
C. | memiliki tingkat pendidikan setingkat Doktor |
D. | menuntut tingkat pendidikan yang memadai |
Q.3) | Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) para anggotanya. Artinya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu. Hal ini termasuk dalam jenis : |
A. | Kompetensi Paedagogik |
B. | Kompetensi Profesional |
C. | Komppetensi Kepribadian |
D. | Kompetensi Sosial |
Q.4) | Guru disyaratkan memiliki sifat yang jujur, berbudi luhur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri seperti disiplin, tanggung jawab, peka, objekti, luwes, berwawasan luas, dapat berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam jenis : |
A. | Kompetensi Paedagogik |
B. | Kompetensi Paedagogik |
C. | Komppetensi Kepribadian |
D. | Kompetensi Sosial |
Q.5) | Guru harus memiliki pemahaman akan sifat, ciri anak didik dan perkembangannya, mengerti beberapa konsep pendidikan yang berguna untuk membantu siswa, menguasai beberapa metodologi mengajar yang sesuai dengan bahan dan perkambangan siswa, sertanmenguasai sistem evaluasi yang tepat dan baik yang pada gilirannya semakin meningkatkan kemampuan siswa. Hal ini termasuk dalam jenis kompetensi : |
A. | Kompetensi Paedagogik |
B. | Kompetensi Profesional |
C. | Komppetensi Kepribadian |
D. | Kompetensi Sosial |
|
Q.6) | Guru haruslah memiliki jati diri sebagai pribadi yang baik, tanggung jawab, terbuka, dan terus mau belajar untuk maju. Hal ini termasuk jenis kompetensi : |
A. | Kompetensi Paedagogik |
B. | Kompetensi Profesional |
C. | Komppetensi Kepribadian |
D. | Kompetensi Sosial |
Q.7) | Guru wajib memiliki sifat empati pada orang lain, toleransi pada orang lain, memiliki sikap dan kepribadian yang positif serta melekat pada setiap kopetensi yang lain, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Hal tersebut termasuk jenis kompetensi : |
A. | Kompetensi Paedagogik |
B. | Kompetensi Profesional |
C. | Kompetensi Profesional |
D. | Kompetensi Sosial |
Q.8) | Berikut ini termasuk dalam dimensi kompetensi sosial, kecuali : |
A. | kerja tim, melihat peluang, peran dalam kegiatan kelompok, tanggung jawab sebagai warga |
B. | kepemimpinan, relawan sosial, kedewasaan dalam bekreasi, berbagi |
C. | berempati, kepedulian kepada sesama, toleransi, solusi konflik, menerima perbedaan, kerja sama |
D. | IQ yang tinggi, relasi yang luas dan berkualitas, manajerial, kepemimpinan |
Q.9) | Menurut laporan dari Jurnal Educational Leadership edisi Maret 1993, guru profesional dituntut memiliki lima hal. Tiga diantaranya tersebut dibawah ini, kecuali : |
A. | Guru mempunyai relasi yang luas, mampu membangun komunikasi dengan profesi lain |
B. | Guru mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya. |
C. | Guru menguasai secara mendalam bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada para siswa. |
D. | Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai teknik evaluasi, mulai cara pengamatan dalam perilaku siswa sampaites hasil belajar. Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai teknik evaluasi, mulai cara pengamatan dalam perilaku siswa sampaites hasil belajar. |
Q.10) | Standar kompetensi guru terdiri atas tiga komponen yang saling mengait seperti di bawah ini, kecuali : |
A. | Pengelolaan pembelajaran |
B. | tingkat Kecerdasan yang tinggi |
C. | pengembangan profesi |
D. | penguasaan akademik. |
Q.11) | Prinsip evaluasi meliputi hal-hal sebagai berikut ini kecuali : |
A. | objektivitas |
B. | kontinuitas |
C. | integritas |
D. | keefektifan |
Q.12) | Ciri-ciri evaluasi yang baik adalah : |
A. | keefektifan dan efisiensi |
B. | objektifitas dan integritas |
C. | keshahihan dan keandalan |
D. | komprehensif dan kooperatif |
|
Q.13) | Pernyataan yang benar adalah : |
A. | kedua pernyataan di bawah salah |
B. | kedua pernyataan di bawah salah |
C. | kekurangannya yakni pada patokan yang digunakan dan hal itu tergantung pada pertimbangan guru yang bersangkutan |
D. | pernyataan di atas semuanya benar |
Q.14) | Pernyataan yang salah di bawah ini adalah : |
A. | antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelebihan |
B. | antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelemahan |
C. | pernyataan keduanya benar |
D. | pernyataan keduanya salah |
Q.15) | Berikut ini pernyataan yang benar adalah : |
A. | mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran |
B. | mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen |
C. | mutu evaluasi bergantung pada tes dan pengukuran |
D. | pernyataan a, b dan c salah |
Q.16) | Berikut ini pernyataan yang benar adalah : |
A. | tes adalah awal dari evaluasi |
B. | tes adalah bagian dari pengukuran |
C. | tes adalah sebuah instrumen |
D. | ketiga pernyataan benar |
Q.17) | Diantara bentuk soal berikut, mana yang paling menguntungkan untuk mengukur sasaran yang meminta siswa mengingat informasi, tidak hanya mengenalinya : |
A. | jawaban pendek |
B. | menjodohkan |
C. | benar salah |
D. | pilihan ganda |
Q.18) | Diantara jenis soal ini, mana yang paling cocok untuk mengukur perilaku kreatif : |
A. | penilaian produk |
B. | benar salah |
C. | pilihan ganda |
D. | menjodohkan |
Q.19) | Dari jenis soal ini, mana yang paling dihindari sebagai tes satu soal : |
A. | penilaian produk |
B. | benar salah |
C. | pilihan ganda |
D. | menjodohkan |
Q.20) | Kalau tes sudah dibakukan, maka tes itu : |
A. | sudah diuji lapangan |
B. | absah |
C. | mahal |
D. | merupakan ukuran bakat |
|
Q.21) | Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali |
A. | sikap penulis |
B. | panjang tulisan |
C. | struktur sajian |
D. | penggunaan bahasa |
Q.22) | Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari |
A. | pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup |
B. | pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan |
C. | abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan |
D. | abstrak, bagian inti, penutup |
Q.23) | Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang |
A. | rangkuman dan tindak lanjut |
B. | simpulan umum |
C. | rekomendasi penulis |
D. | simpulan dan saran |
Q.24) | Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali |
A. | pendidikan |
B. | kebudayaan |
C. | pemulung |
D. | informatika |
Q.25) | Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali |
A. | fakta atau kenyataan |
B. | argumentasi |
C. | teori yang diakui kebenarannya |
D. | data empirik/hasil penelitian |
Q.26) | Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat |
A. | resmi |
B. | baku |
C. | impersonal |
D. | personal |
Q.27) | Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen |
A. | daftar pustaka |
B. | abstrak |
C. | daftar tabel |
D. | lampiran |
Q.28) | Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . . |
A. | Heterofil |
B. | Homofil |
C. | Holomofil |
D. | Homogen |
|
Q.29) | Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . . |
A. | Santosa S. Hamidjaja |
B. | Mattew B. Milers |
C. | Sumantri Mulyani |
D. | Rabbin |
Q.30) | Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan …………………………… |
A. | Tahap pengetahuan (kowledge) |
B. | Tahap bujukan (persuasion) |
C. | Tahap pengembalian keputusan (decision making) |
D. | Tahap implementasi (implementation) |
Q.31) | Perkembangan motorik adalah……………….. |
A. | Gerakan yang dilakukan oleh seluruh tubuh |
B. | Perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerakan tubuh |
C. | Berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot |
D. | Hasil pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan sistem di dalam tubuh yang dikontrol otak |
Q.32) | Ada lima pusat kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian yang mengatur pergerakkan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah |
A. | Cerebral cortex |
B. | Batang otak |
C. | Cerebellum |
D. | Basal ganglia |
Q.33) | Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun |
A. | Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti gunung atau bukit) |
B. | Menggambar garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar) |
C. | Menggambar garis lurus |
D. | Menggambar coret-coretan |
Q.34) | Karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun |
A. | Melompat-lompat dengan kaki bergantian |
B. | Melompat dengan dua kaki sekaligus di atas bak/ hamparan pasir |
C. | Melompati parit |
D. | Melompat dengan satu kaki |
Q.35) | Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik |
A. | Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh |
B. | Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya |
C. | Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak |
D. | Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan |
|
Q.36) | Perkembangan sosial adalah |
A. | Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok |
B. | Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial |
C. | Belajar bergaul dengan orang lain atau anak |
D. | Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial |
Q.37) | Proses sosialisasi adalah…………….. |
A. | Menyesuaikan perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial |
B. | Memainkan peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial |
C. | Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial |
D. | Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial |
Q.38) | Bagaimanakah gambaran orang yang sosial? |
A. | Orang yang menginginkan kehadiran orang lain |
B. | Orang yang kesepian jika berada seorang diri di suatu tempat |
C. | Orang yang merasa puas semata-mata karena berada bersama orang lain |
D. | Orang yang perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam proses sosialisasi |
Q.39) | Mengapa keluarga mempunyai peran penting dalam proses sosialisasi anak? |
A. | Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak menerima pendidikan pertama dan utama |
B. | Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya |
C. | Keluarga mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya |
D. | Keluarga merupakan kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap |
Q.40) | Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah |
A. | Pengasuhan permissive-indulgent |
B. | Pengasuhan otoritatif |
C. | Pengasuhan permissive-indefferent |
D. | Pengasuhan otoriter |
Q.41) | Emosi menurut Goleman adalah |
A. | Perasaan yang ada dalam diri seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta |
B. | Berbagai perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih |
C. | Sebagai perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tidak tampak |
D. | Merujuk pada suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak |
Q.42) | Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain tentang perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai |
A. | Pengaturan (regulation) |
B. | Komunikasi (communication) |
C. | Kelangsungan hidup (survival) |
D. | Penyesuaian diri (adaptation) |
Q.43) | Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak |
A. | Faktor keturunan dan lingkungan |
B. | Faktor bawaan dan pendidikan |
C. | Faktor kematangan dan belajar |
D. | Faktor intelektual dan sosial |
Q.44) | Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan keinginan maka seseorang akan mengalami emosi |
A. | Marah |
B. | Gembira atau senang |
C. | Sedih |
D. | Takut |
Q.45) | Mampu memuji, memberi semangat, atau menolong anak lain termasuk tugas perkembangan emosi anak berusia |
A. | 5 tahun |
B. | 5 tahun 6 bulan |
C. | 4 tahun |
D. | 4 tahun 6 bulan |
Q.46) | Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut |
A. | Strukturalisme |
B. | Konstruktivisme |
C. | Behaviorisme |
D. | Progressivisme |
Q.47) | Anak usia taman kanak-kanak berada pada tahap perkembangan |
A. | Praoperasional |
B. | Formal operasional |
C. | Konkrit operasional |
D. | Sensorimotor |
Q.48) | Proses penyerapan informasi baru ke dalam informasi yang telah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah |
A. | Ekuilibrium |
B. | Akomodasi |
C. | Adaptasi |
D. | Asimilasi |
Q.49) | Anak yang sudah mulai dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang usia |
A. | 4-5 tahun |
B. | 2-3 tahun |
C. | 3-4 tahun |
D. | 5-6 tahun |
Q.50) | Pembelajaran yang paling tepat untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah |
A. | Mengajar membaca, menulis dan berhitung |
B. | Memberi kesempatan pada anak untuk memperoleh pengalaman langsung dalam berbagai aktivitas pembelajaran |
C. | Memberikan pekerjaan rumah agar anak dapat belajar di rumah |
D. | Memberi pelajaran sebagai persiapan masuk sekolah dasar |
Q.51) | Bagaimanakah cara anak memperoleh bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun? |
A. | Mendengarkan orang dewasa berbicara |
B. | Meniru ucapan orang dewasa |
C. | Memperhatikan muka orang dewasa dan menanggapi dengan bahasa mereka |
D. | Bermain-main dengan bunyi (mengoceh) |
Q.52) | Salah satu komponen bahasa yang menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif adalah |
A. | Morfologi |
B. | Fonologi |
C. | Semantik |
D. | Pragmatik |
Q.53) | Semantik sebagai salah satu komponen bahasa adalah |
A. | Susunan kata, organisasi kalimat, dan elemen lain suatu kalimat |
B. | Suatu pengertian yang mengacu pada susunan internal yang terdapat dalam sebuah kata |
C. | Suatu sistem aturan yang mengatur suatu pengertian atau visi dari suatu kata atau kombinasi beberapa kata |
D. | Berkaitan dengan kaidah yang membentuk struktur, distribusi dan urutan ujaran, dan susunan suku kata |
Q.54) | Teori yang menyatakan bahwa semua anak dilahirkan dengan memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa adalah |
A. | Sosiokultural |
B. | Genetik |
C. | Behavioristik |
D. | Konstruktivistik |
Q.55) | Yang tidak termasuk dalam prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) yang diterapkan sebagai acuan bagi pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan tahap perkembangan anak adalah |
A. | Membuat lingkungan yang saling asuh |
B. | Pembelajaran untuk membantu perkembangan dan belajar anak |
C. | Menyusun kurikulum yang sesuai |
D. | Memacu perkembangan anak dengan memberikan pelajaran baca dan menulis |
Q.56) | Yang tidak termasuk kreativitas adalah |
A. | Kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya |
B. | Dapat berupa kegiatan imajinatif sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya perangkuman |
C. | Cara berpikir yang bersifat logis/rasional, analitis, konvergen, teratur, dan linier |
D. | Cara berpikir yang bersifat divergen, intuitif, holistik, multidimensional, dan human |
Q.57) | Salah satu unsur kreativitas adalah |
A. | Merupakan suatu cara berpikir, tidak sinonim dengan kecerdasan yang mencakup kemampuan mental selain berpikir |
B. | Mempunyai maksud dan tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata |
C. | Ditandai oleh banyak (lebih dari satu) kemungkinan jawaban dalam menghadapi persoalan |
D. | Dapat berbentuk produk seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau bersifat prosedural/metodologis |
Q.58) | Pengembangan kreativitas akan berhasil jika |
A. | Pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini berorientasi pada pelajaran membaca, menulis, dan berhitung, maka fungsi imajinasi pada belahan otak kanan terabaikan |
B. | Membebani belahan otak kiri pada anak dengan tugas-tugas hafalan dan bersifat akademis |
C. | Pembelajaran pada anak usia dini dilaksankan secara seimbang dan harmonis dalam mengembangkan kedua belahan otak |
D. | Pembelajaran anak usia dini kurang memberikan kebebasan |
Q.59) | Yang tidak termasuk dalam karakteristik kepribadian kreatif adalah |
A. | Mempunyai kekuatan energi fisik yang memungkinkan mereka bekerja berjam-jam dengan konsentrasi penuh, tetapi juga bisa tenang dan rileks, bergantung pada situasinya |
B. | Mempunyai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah |
C. | Sangat bersemangat (passionate) bila menyangkut karya mereka, tetapi juga sangat objektif dalam penilaian karyanya |
D. | Sikap keterbukaan dan sensitivitas sering membuatnya menderita jika mendapat banyak kritik dan serangan terhadap hasil jerih payahnya, namun di saat yang sama juga merasakan kegembiraan yang luar biasa |
Q.60) | Yang tidak termasuk dalam strategi empat P dalam pengembangan kreativitas adalah |
A. | Pribadi |
B. | Pendorong |
C. | Proses |
D. | Prosedur |
Q.61) | Berikut ini BUKAN termasuk contoh perkembangan |
A. | anak mampu berguling kemudian tengkurap |
B. | anak tumbuh gigi |
C. | anak mampu berlari |
D. | anak memainkan lidah dan meraban |
Q.62) | Berikut ini adalah contoh implementasi dari tugas perkembangan KECUALI |
A. | anak mencapai berat tubuh ideal |
B. | mengucap salam dengan baik |
C. | anak belajar mengunyah makanan |
D. | anak memegang pensil dengan baik |
Q.63) | Berikut yang pemahaman PALING mendekati konsep perkembangan sosial adalah |
A. | kesediaan seseorang untuk memberi sesuatu kepada orang atau bergotong-royong |
B. | kemampuan anak untuk menghafal nama-nama tokoh |
C. | kemampuan anak berperilaku sesuai dengan tuntutan masyarakat |
D. | kemampuan anak untuk memberikan saran kepada temannya yang minder |
Q.64) | Berikut ini adalah contoh perkembangan individu yang terkait dengan budaya |
A. | anak memegang pensil dengan benar |
B. | anak berjalan di atas titian secara seimbang |
C. | anak mampu berbicara dengan bahasa yang halus |
D. | anak mampu menggunakan egrang |
Q.65) | Berikut adalah salah satu contoh tugas perkembangan sosial di taman kanak-kanak |
A. | anak tidak malu bercerita di depan kelas |
B. | anak saling bertukar alat main dengan temannya |
C. | anak mampu mengitung jumlah temannya yang hadir dan yang absen |
D. | anak mampu menyebutkan anggota keluarganya |
Q.66) | Salah satu bentuk permainan anak adalah bermain sejajar, maksudnya adalah |
A. | guru meminta anak bermain berpasang-pasangan |
B. | guru meminta anak bermain berhadapan |
C. | anak bermain bersama dan bekerjasama membuat satu objek |
D. | anak bermain bersama namun tidak saling kerjasama |
Q.67) | Berikut adalah implementasi metode pembiasaan dalam pembelajaran kemampuan sosial |
A. | mengucap salam saat bertemu atau berpisah dengan sesama teman dan guru |
B. | berhitung sebelum memasuki ruang kelas untuk belajar |
C. | berdoa sebelum memulai aktivitas |
D. | mencuci tangan sebelum makan bersama |
Q.68) | Hal yang harus diperhatikan dari sisi guru pada saat akan menggunakan metode bercerita adalah |
A. | jenis cerita |
B. | tema cerita |
C. | penguasaan karakter tokoh cerita |
D. | pengaturan tempat duduk |
Q.69) | Permainan peran yang di dalamnya guru mempersiapkan skenario disebut |
A. | role-play |
B. | sosiodrama |
C. | drama bebas |
D. | drama terpimpin |
Q.70) | Bahan ajar yang cocok untuk anak TK pada prinsipnya harus memenuhi beberapa hal, antara lain |
A. | Kompleks |
B. | Abstrak |
C. | Konkret |
D. | Tidak berwarna |
Q.71) | Pemanfaatan berbagai sumber belajar dalam pembelajaran anak TK memiliki berbagai manfaat, antara lain |
A. | Kegiatan belajar anak menjadi kurang menarik |
B. | Kegiatan belajar anak tidak menyenangkan |
C. | Pengetahuan anak tidak bertambah |
D. | Motivasi belajar anak semakin meninggkat |
Q.72) | Guru tidak perlu mendatangkan obyek tertentu keruangan kelas karena tidak memungkinkan dari segi pengadaannya. Pernyataan tersebut sesuai dengan manfaat sumber belajar, yaitu sumber belajar dapat |
A. | Memberikan informasi yang akurat dan terbaru |
B. | Memperluas wawasan anak |
C. | Meningkatkan motivasi belajar anak |
D. | Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra |
Q.73) | Anak memiliki keinginan dan semangat belajar yang tinggi, bergairah dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Hal tersebut menunjukan bahwa sumber belajar bermanfaat untuk |
A. | Memberikan informasi yang akurat dan terbaru |
B. | Memperluas wawasan anak |
C. | Memperluas wawasan anak |
D. | Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra |
Q.74) | Berikut ini dalah contoh sumber belajar yang dapat memberikan informasi yang akurat dan terbaru, kecuali |
A. | Buku bacaan |
B. | Majalah untuk anak |
C. | Nara sumber |
D. | Cerita rakyat |
Q.75) | Manakah kegiatan yang paling mungkin dilakukan oleh guru pada saat ia ingin mengenalkan binatang kepada anak-anak |
A. | Mendatangkan pawing ular ke kelas |
B. | Mengundang petugas bonbin ke kelas |
C. | Menampilkan berbagai macam binatang melalui gambar |
D. | Menampilkan berbagai macam binatang melalui gambar |
Q.76) | Memanfaatkan sumber daya dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Hal tersebut disebabkan anak |
A. | Senang karena gurunya lebih banyak beristirahat |
B. | Gembira karena gurunya tidak terlalu banyak mengatur |
C. | Merasa senang karena banyak pilihan sumber untuk belajar |
D. | Bingung karena sumber belajarnya terlalu banyak |
Q.77) | Penerima pesan dalam proses komunikasi pembelajaran di TK disebut |
A. | Communicator |
B. | Communicant |
C. | Messages |
D. | Sources |
Q.78) | Pentingnya media pemberlajaran di TK terutama dilandasi oleh |
A. | Kecenderunagan anak menyukai sesuatu yang dapat dilihat |
B. | Lebih mudahnya guru TK dalam melaksanakan proses pembelajaran |
C. | Kebutuhan anak TK akan pendidikan yang berkualitas dan menyenangkan |
D. | Perkembangan anak yang berada pada masa konkret |
Q.79) | Secara harafiah media berarti |
A. | Perantara Perantara |
B. | Sumber pesan |
C. | Penerima pesan |
D. | Metode pembelajaran |
Q.80) | Salah satu nilai yang dimiliki media pembelajaran, yaitu |
A. | Membuat abstrak konsep-konsep yang nyata |
B. | Membangkitkan motivasi belajar anak |
C. | Menumbuhkan individualism anak dalam belajar |
D. | Mengontrol ketepatan mengajar guru |
Q.81) | Fungsi utama media dalam proses pembelajaran di TK, yaitu |
A. | Membantu mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran |
B. | Memancing perhatian anak dalam proses pembelajaran |
C. | Mengurangi terjadinya verbalisme dalam diri siswa |
D. | Sebagai alat bantu guru dalam mengarahkan anak belajar |
Q.82) | Hasil penelitian lainnya menunjukan bahwa informasi atau pengetahuan yang paling banyak mengendap dalam ingatan seseorang, yaitu melalui |
A. | Auditori |
B. | Visualisasi |
C. | Audiovisual |
D. | Audio |
Q.83) | Berikut ini pernyataan mana yang paling benar |
A. | Peran media dalam proses pembelajaran di TK, adalah sebagai alat bantu guru mengajar |
B. | Tujuan utama penggunaan media pembelajaran di TK, adalah terjadinya proses belajar pada diri anak |
C. | Media pembelajaran di TK identik dengan segala peralatan yang dugunakan dalam proses pembelajaran |
D. | Guru merupakan pihak yang paling berkepentingan dalam pemanfaatan media pembelajaran di TK |
Q.84) | Media pembelajaran dapat membantu terjadinya perluasan area of experience guru dan anak, maksudnya ialah |
A. | Guru memiliki daerah pengalaman yang lebih luas dari pada anak |
B. | Daerah pengalaman guru dan anak mendekati kesamaan’ |
C. | Pengalaman anak menjadi lebih baik disbanding gurunya |
D. | Anak menjadi lebih banyak memperoleh pengalaman belajar |
Q.85) | Media pembelajaran merupakan bagian integral dari keseluruhan proses pembelajaran |
A. | Media pembelajaran meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk melatih proses berfikir anak |
B. | Posisi media pembelajaran saling terkait dengan komponen pembelajaran lainnya |
C. | Media pembelajaran harus memungkinkan dapat mempercepat proses belajar |
D. | Media pembelajaran memiliki fungsi ganda yaitu sebagai alat bantu pendidikan dan fungsi hiburan |
Q.86) | Alat Permainan Edukatif untuk anak TK dapat didefinisakan sebagai |
A. | Semua alat yang digunakan anak TK untuk memenuhi kebutuhan naluri bermainnya |
B. | Alat permainan yang sengaja dirancang untuk kebutuhan pendidikan |
C. | Alat permainan yang dirancang secara khusus untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak TK |
D. | Alat permainan yang popular di kalangan anak TK |
Q.87) | APE dapat meningkatkan lebih dari satu aspek perkembangan, ini adalah ciri APE yang |
A. | Multiguna |
B. | Konstruktif |
C. | Kreatif |
D. | Aman |
Q.88) | Perkembangan sosial adalah |
A. | Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok |
B. | Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial |
C. | Belajar bergaul dengan orang lain atau anak |
D. | Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial |
Q.89) | Proses sosialisasi adalah |
A. | Menyesuaikan perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial |
B. | Memainkan peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial |
C. | Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial |
D. | Belajar berperilaku yang sesuai dengan standar perilaku yang diterima |
Q.90) | Mengapa keluarga mempunyai peran penting dalam proses sosialisasi anak? |
A. | Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak menerima pendidikan pertama dan utama |
B. | Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya |
C. | Keluarga mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya |
D. | Keluarga merupakan kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap |
Q.91) | Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah |
A. | Pengasuhan permissive-indulgent |
B. | Pengasuhan otoritatif |
C. | Pengasuhan permissive-indefferent |
D. | Pengasuhan otoriter |
Q.92) | Emosi menurut Goleman adalah |
A. | Perasaan yang ada dalam diri seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta |
B. | Berbagai perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih |
C. | Sebagai perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tidak tampak |
D. | Merujuk pada suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak |
Q.93) | Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun |
A. | Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti gunung atau bukit) |
B. | Menggambar garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar) |
C. | Menggambar garis lurus |
D. | Menggambar coret-coretan |
Q.94) | Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain tentang perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai |
A. | Pengaturan (regulation) |
B. | Komunikasi (communication) |
C. | Kelangsungan hidup (survival) |
D. | Penyesuaian diri (adaptation) |
Q.95) | Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak |
A. | Faktor keturunan dan lingkungan |
B. | Faktor bawaan dan pendidikan |
C. | Faktor kematangan dan belajar |
D. | Faktor intelektual dan sosial |
Q.96) | Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan keinginan maka seseorang akan mengalami emosi |
A. | Marah |
B. | Gembira atau senang |
C. | Sedih |
D. | Takut |
Q.97) | Mampu memuji, memberi semangat, atau menolong anak lain termasuk tugas perkembangan emosi anak berusia |
A. | 5 tahun |
B. | 5 tahun 6 bulan |
C. | 4 tahun |
D. | 4 tahun 6 bulan |
Q.98) | Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut |
A. | Strukturalisme |
B. | Konstruktivisme |
C. | Behaviorisme |
D. | Progressivisme |
Q.99) | Proses penyerapan informasi baru ke dalam informasi yang telah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah |
A. | Ekuilibrium |
B. | Akomodasi |
C. | Adaptasi |
D. | Asimilasi |
Q.100) | Anak yang sudah mulai dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang usia |
A. | 4-5 tahun |
B. | 2-3 tahun |
C. | 3-4 tahun |
D. | 5-6 tahun |