-->

Soal UKA PAUDTK 2014

1)     Perkembangan motorik adalah
A. Gerakan yang dilakukan oleh seluruh tubuh
B. Perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
C. Berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot
D. Hasil pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan sistem di dalam tubuh yang dikontrol otak

2) Ada lima pusat kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian yang mengatur pergerakkan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah

A. Cerebral cortex
B. Batang otak
C. Cerebellum
D. Basal ganglia

3) Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun

A. Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti gunung atau bukit)
B. Menggambar garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar)
C. Menggambar garis lurus
D. Menggambar coret-coretan

4) Karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun

A. Melompat-lompat dengan kaki bergantian
B. Melompat dengan dua kaki sekaligus di atas bak/ hamparan pasir
C. Melompati parit
D. Melompat dengan satu kaki

5) Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

A. Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
B. Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
C. Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
D. Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan

6) Perkembangan sosial adalah

A. Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok
B. Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial
C. Belajar bergaul dengan orang lain atau anak
D. Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial

7) Proses sosialisasi adalah

A. Menyesuaikan perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial
B. Memainkan peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial
C. Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial
D. Belajar berperilaku yang sesuai dengan standar perilaku yang diterima

8) Bagaimanakah gambaran orang yang sosial?

A. Orang yang menginginkan kehadiran orang lain
B. Orang yang kesepian jika berada seorang diri di suatu tempat
C. Orang yang merasa puas semata-mata karena berada bersama orang lain
D. Orang yang perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam proses sosialisasi

9) Mengapa keluarga mempunyai peran penting dalam proses sosialisasi anak?

A. Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak menerima pendidikan pertama dan utama
B. Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya
C. Keluarga mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya
D. Keluarga merupakan kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap

10) Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah

A. Pengasuhan permissive-indulgent
B. Pengasuhan otoritatif
C. Pengasuhan permissive-indefferent
D. Pengasuhan otoriter

11) Emosi menurut Goleman adalah

A. Perasaan yang ada dalam diri seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta
B. Berbagai perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih
C. Sebagai perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tidak tampak
D. Merujuk pada suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak

12) Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain tentang perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai

A. Pengaturan (regulation)
B. Komunikasi (communication)
C. Kelangsungan hidup (survival)
D. Penyesuaian diri (adaptation)

13) Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak

A. Faktor keturunan dan lingkungan
B. Faktor bawaan dan pendidikan
C. Faktor kematangan dan belajar
D. Faktor intelektual dan sosial

14) Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan keinginan maka seseorang akan mengalami emosi

A. Marah
B. Gembira atau senang
C. Sedih
D. Takut

15) Mampu memuji, memberi semangat, atau menolong anak lain termasuk tugas perkembangan emosi anak berusia

A. 5 tahun
B. 5 tahun 6 bulan
C. 4 tahun
D. 4 tahun 6 bulan

16) Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut

A. Strukturalisme
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Progressivisme

17) Anak usia taman kanak-kanak berada pada tahap perkembangan

A. Praoperasional
B. Formal operasional
C. Konkrit operasional
D. Sensorimotor

18) Proses penyerapan informasi baru ke dalam informasi yang telah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah

A. Ekuilibrium
B. Akomodasi
C. Adaptasi
D. Asimilasi

19) Anak yang sudah mulai dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang usia

A. 4-5 tahun
B. 2-3 tahun
C. 3-4 tahun
D. 5-6 tahun

20) Pembelajaran yang paling tepat untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah

A. Mengajar membaca, menulis dan berhitung
B. Memberi kesempatan pada anak untuk memperoleh pengalaman langsung dalam berbagai aktivitas pembelajaran
C. Memberikan pekerjaan rumah agar anak dapat belajar di rumah
D. Memberi pelajaran sebagai persiapan masuk sekolah dasar

21) Bagaimanakah cara anak memperoleh bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun?

A. Mendengarkan orang dewasa berbicara
B. Meniru ucapan orang dewasa
C. Memperhatikan muka orang dewasa dan menanggapi dengan bahasa mereka
D. Bermain-main dengan bunyi (mengoceh)

22) Salah satu komponen bahasa yang menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif adalah

A. Morfologi
B. Fonologi
C. Semantik
D. Pragmatik

23) Semantik sebagai salah satu komponen bahasa adalah

A. Susunan kata, organisasi kalimat, dan elemen lain suatu kalimat
B. Suatu pengertian yang mengacu pada susunan internal yang terdapat dalam sebuah kata
C. Suatu sistem aturan yang mengatur suatu pengertian atau visi dari suatu kata atau kombinasi beberapa kata
D. Berkaitan dengan kaidah yang membentuk struktur, distribusi dan urutan ujaran, dan susunan suku kata

24) Teori yang menyatakan bahwa semua anak dilahirkan dengan memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa adalah

A. Sosiokultural
B. Genetik
C. Behavioristik
D. Konstruktivistik

25) Yang tidak termasuk dalam prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) yang diterapkan sebagai acuan bagi pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan tahap perkembangan anak adalah

A. Membuat lingkungan yang saling asuh
B. Pembelajaran untuk membantu perkembangan dan belajar anak
C. Menyusun kurikulum yang sesuai
D. Memacu perkembangan anak dengan memberikan pelajaran baca dan menulis

26) Yang tidak termasuk kreativitas adalah

A. Kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya
B. Dapat berupa kegiatan imajinatif sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya perangkuman Cara berpikir yang bersifat logis/rasional, analitis, konvergen, teratur, dan linier Cara berpikir yang bersifat divergen, intuitif, holistik, multidimensional, dan human
C. Salah satu unsur kreativitas adalah Merupakan suatu cara berpikir, tidak sinonim dengan kecerdasan yang mencakup kemampuan mental selain berpikir Mempunyai maksud dan tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata
D. Ditandai oleh banyak (lebih dari satu) kemungkinan jawaban dalam menghadapi persoalan Dapat berbentuk produk seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau bersifat prosedural/metodologis

27) Pengembangan kreativitas akan berhasil jika

A. Pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini berorientasi pada pelajaran membaca, menulis, dan berhitung, maka fungsi imajinasi pada belahan otak kanan terabaikan
B. Membebani belahan otak kiri pada anak dengan tugas-tugas hafalan dan bersifat akademis
C. Pembelajaran pada anak usia dini dilaksankan secara seimbang dan harmonis dalam mengembangkan kedua belahan otak
D. Pembelajaran anak usia dini kurang memberikan kebebasan kepada anak untuk berekspresi

28) Yang tidak termasuk dalam karakteristik kepribadian kreatif adalah

A. Mempunyai kekuatan energi fisik yang memungkinkan mereka bekerja berjam-jam dengan konsentrasi penuh, tetapi juga bisa tenang dan rileks, bergantung pada situasinya
B. Mempunyai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah
C. Sangat bersemangat (passionate) bila menyangkut karya mereka, tetapi juga sangat objektif dalam penilaian karyanya
D. Sikap keterbukaan dan sensitivitas sering membuatnya menderita jika mendapat banyak kritik dan serangan terhadap hasil jerih payahnya, namun di saat yang sama juga merasakan kegembiraan yang luar biasa

29) Yang tidak termasuk dalam strategi empat P dalam pengembangan kreativitas adalah

A. Pribadi
B. Proses
C. Pendorong
D. Prosedur

30) Salah satu kegiatan awal dalam KBM adalah

A. Menyanyi
B. Berdo'a
C. Menggunting
D. Mewarnai

31) Anak usia dini adalah pembelajar yang aktif, artinya ...............

A. anak tidak dapat duduk diam dalam jangka waktu lama
B. melalui interaksi dengan pengalamannya sehari-hari, anak terus belajar
C. anak sudah siap untuk belajar secara formal
D. pendidik cukup mengawasi keaktifan anak saat belajar

32) Anak usia 3-3,5 tahun sudah mulai tertib untuk menunggu antrian. Ini merupakan salah satu karakteristik perkembangannya pada aspek ..............

A. kesadaran diri
B. sosialisasi
C. kognisi
D. kestabilan emosi

33) Pada masa prasekolah, anak memerlukan suasana yang bersahabat (child friendly environment) karena ...............

A. anak akan memasuki dunia selain keluarga
B. dunia sekolah adalah dunia sahabat anak
C. lingkungan yang bersahabat akan mengakibatkan anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan selain keluarga
D. masa prasekolah adalah masa yang paling sulit

34) Bagian otak yang mengatur untuk bertahan hidup dan memproses informasi yang masuk melalui pancaindra adalah otak ..............

A. limbik
B. pikir
C. lembek
D. primitif

35) Sampai dengan usia anak 6 bulan, ia belum terampil mengontrol gerak tubuhnya, hal ini disebabkan karena ...............

A. sel sarafnya masih terlalu sedikit
B. sel sarafnya belum mencapai kematangan
C. tidak terjadi komunikasi antar otak dengan anggota tubuh
D. belum matangnya fungsi anggota tubuh anak

36) Fungsi utama otak kecil adalah .............

A. menjaga keseimbangan tubuh
B. menyimpan memori
C. menyampaikan informasi ke panca indra
D. menjaga imunitas

37) DAP atau Developmentally Appropriate Practice adalah rekomendasi dari NAEYC tentang praktik pendidikan anak usia dini yang harus disesuaikan dengan ................

A. kurikulum lembaga
B. perkembangan anak
C. ketersediaan dana
D. kualifikasi pendidik

38) Konsep DAP berdasarkan tiga dimensi utama kesesuaian di bawah ini, kecuali sesuai dengan ..............

A. usia anak
B. individu anak
C. lingkungan sosial
D. kurikulum nasional

39) Menurut DAP, perencanaan kurikulum yang tepat untuk anak usia dini terutama harus didasarkan pada, kecuali ........

A. hasil pengamatan pendidik
B. catatan perkembangan anak
C. wawancara dengan orang tua
D. hasil tes potensi akademik anak

40) Sesuai dengan prinsip DAP tentang interaksi anak dengan pendidik, pendidik perlu memfasilitasi anak dalam menyelesaikan tugasnya melalui cara, kecuali ...............

A. memfokuskan perhatian pada anak
B. memotivasi anak untuk melakukan coba ralat
C. memberikan contoh yang sangat terperinci untuk ditiru anak
D. memberikan kata-kata semangat

41) Jika sistem limbik pada otak manusia menerima persepsi yang berupa ketakutan, ancaman atau kesedihan maka bagian otak yang aka memegang kendali adalah ...............

A. korteks
B. otak kanan
C. batang otak
D. otak kiri

42) Bentuk kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih motorik kasar anak usia 3 tahun antara lain adalah ...........

A. naik sepeda roda tiga
B. mendengarkan puisi diiringi musik
C. membangun menara dari balok-balok
D. makan siang bersama

43) Dua kemampuan motorik manusia yang nyata dan tidak tampak saat bayi baru lahir adalah ................

A. menendang dan menghisap jari
B. berjalan dan mencengkeram
C. mengangkat kepala dan menggoyangkan tangan
D. menggoyangkan tangan dan jungkir balik

44) Perintah pada kemahiran pada keterampilan motorik yang memperlihatkan kemajuan dalam kemampuan untuk menggerakkan secara sengaja dan tepat, didefinisikan sebagai aktivitas ..............

A. kemampuan gerak
B. kinerja motorik
C. keterampilan tubuh
D. gerakan motorik

45) Berikut ini beberapa keterampilan motorik anak usia 3-4 tahun, kecuali ...........

A. merangkak dan merayap lurus ke depan
B. lari berjingkat dengan satu kaki
C. meremas kertas
D. melompat dengan satu kaki

46) Pertumbuhan fisik-motorik mempunyai arah yang disebut dengan pola perkembangan, yang terdiri dari hal berikut ini, kecuali pertumbuhan dari ..............

A. kanan ke kiri
B. atas ke bawah
C. tengah tubuh ke luar
D. kasar ke halus

47) Semua perubahan dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak merupakan proses yang dijalankan secara bersamaan dan berhubungan dengan perkembangan .............

A. potensi
B. kemampuan
C. belajar
D. motorik

48) Pendidik sebaiknya tidak membandingkan tingkat penguasaan terhadap suatu keterampilan antara anak yang satu dengan yang lainnya, hal ini karena setiap anak memiliki perbedaan, kecuali ...........

A. pola perkembangan
B. kesiapan belajar
C. kesempatan belajar
D. tempo perkembangan

49) Cara anak mempelajari keterampilan motorik yang akan dapat menghasilkan penguasaan yang lebih baik adalah apabila anak belajar dengan cara ...............

A. meniru
B. pelatihan
C. coba dan ralat
D. bimbingan teman sebaya

50) Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi keadaan darurat adalah mencari tahu tanda-tanda yang mungkin muncul, tujuannya adalah .............

A. membuat aturan agar tidak terjadi keadaan darurat
B. mengetahui dengan segera ketika hal tersebut muncul
C. melindungi anak agar tidak mengalami kejadian yang dapat menyebabkan keadaan darurat
D. dapat menangani sendiri keadaan darurat yang terjadi

51) Dasar fungsi hidup yang membantu suatu organisme beradaptasi dengan lingkungannya adalah pengertian dari .........

A. kognitif
B. inteligensi
C. ZPD
D. scaffolding

52) Menurut Piaget jika anak ingin mengetahui sesuatu, mereka harus .............

A. membangun (construct) pengetahuan tersebut sendiri
B. mendapat bimbingan orang tua
C. bekerja dalam kelompok kolaboratif
D. mendapatkan pijakan (scaffolding)

53) Yang tidak termasuk dalam skema kognitif Piaget adalah skema .............

A. perilaku
B. simbolik
C. praoperasional
D. operasional

54) Proses penyesuaian kepada tuntutan lingkungan disebut ..............

A. adaptasi
B. organisasi
C. akomodasi
D. asimilasi

55) Piaget meyakini bahwa urutan tahap-tahap intelektual adalah tetap atau ........

A. skematis
B. invariant
C. refleksif
D. sirkular

56) Menurut Lev Vygotsky, kognisi manusia meskipun seseorang berada dalam isolasi, bersifat ............

A. eksploratif
B. eksklusif
C. sosiokultural
D. inisiatif

57) Menurut Vygotsky, beberapa penemuan penting yang dibuat anak, muncul di dalam konteks ...........

A. eksplorasi
B. individual
C. discovery
D. kolaborasi

58) Serangkaian tugas yang terlalu rumit untuk dikuasai sendiri tetapi dapat dikuasai dengan panduan dan dorongan dari orang yang lebih ahli, disebut dengan istilah ...........

A. scaffolding
B. ZPD
C. cooperation
D. collaboration

59) Berikut ini yang bukan merupakan implikasi teori Piaget adalah ............

A. sesuaikan pendidikan dengan kesiapan anak untuk belajar
B. sensitiflah terhadap perbedaan individual
C. laksanakan pendidikan berdasarkan penemuan
D. gunakan pendekatan belajar kolaboratif

60) Kurikulum yang dirancang berdasarkan teori Piaget lebih mementingkan .............

A. kegiatan kelompok
B. perbedaan individual
C. collaborative learning
D. learning by guidance

61) Piaget tidak setuju kepada pembelajaran yang ...........

A. memberi kesempatan siswa untuk melakukan penelitian sendiri
B. menyediakan pengalaman belajar yang tidak terlalu sulit
C. bersifat verbal dan membuat anak pasif
D. memungkinkan anak membangun pengetahuan baru

62) Pembelajaran yang disarankan Vygotsky lebih menekankan pada ..............

A. kegiatan yang disusun untuk dilaksanakan secara individu
B. penelitian dan penemuan hal-hal baru oleh anak
C. keterlibatan anak yang terbimbing oleh guru
D. persaingan antar individu yang memacu prestasi

63) Mengonsepkan ciri-ciri benda dengan menggunakan kategori warna, bentuk atau ukuran, menggunakan abstraksi ............

A. sensori motor
B. kognisi
C. reflektif
D. empiris

64) Kemampuan mengonsep angka menggunakan abstraksi ..........

A. sensori motor
B. kognisi
C. reflektif
D. empiris

65) Pada abstraksi empiris, anak terpusat pada ............

A. konsep diri
B. satu ciri benda
C. simbol-simbol angka
D. pemikiran yang lebih matang

66) Salah satu contoh abstraksi reflektif adalah konsep ............

A. matematika
B. warna
C. ukuran
D. bentuk segitiga

67) Pertama kali bayi mendengar suara, ia lebih tertarik pada ...............

A. suara orang dewasa yang ia kenal
B. suara ibunya daripada suara ayahnya
C. kecepatan dan tingkat kekerasan suara orang dewasa
D. kelembutan suara yang dapat menentramkannya

68) Toddler mempelajari tentang bagaimana cerita dibuat dengan cara ...............

A. berdiskusi dengan orang dewasa
B. mendengarkan cerita-cerita baru
C. mendengarkan cerita berulang-ulang
D. membaca bersama orang dewasa

69) Sebelum anak usia TK dapat membaca tulisan, ia bergantung pada ..............

A. bantuan orang dewasa
B. ingatan mengenai cerita dan gambar
C. bentuk-bentuk huruf vokal
D. bentuk-bentuk huruf konsonan

70) Apabila kita hendak berpartisipasi dalam permainan pura-pura dengan anak, yang perlu kita perhatikan adalah ....................

A. jangan lupa memperkenalkan tokoh-tokoh
B. jangan membuat cerita yang terlalu panjang
C. jangan mendominasi permainan
D. jangan membiarkan anak berkreasi semaunya

71) Anak-anak usia 18 bulan sampai 3 tahun berada pada tahapan perkembangan menggambar yang disebut dengan .................

A. pre-schematic stage
B. scribble
C. schematic stage
D. schematic scribble

72) Berikut ini adalah beberapa penyajian seni 2 dimensi, kecuali ..............

A. painting
B. assemblage
C. cutting
D. collage

73) Anak-anak senang membuat kegaduhan dan selalu mencoba dengan melakukan manipulasi terhadap peralatan rumah tangga untuk membuat berbagai bunyi. Hal tersebut menggambarkan bahwa anak-anak memiliki ...............

A. kemampuan mencipta lagu yang baik
B. rasa ingin tahu yang besar
C. keisengan yang tidak terkendali
D. kecenderungan untuk merusak benda-benda

74) Kegiatan musik akan membantu anak-anak mengembangkan beberapa aspek, diantaranya adalah ............

A. membantu mengelola perasaan anak
B. menyiapkan masa depan anak
C. melatih vokal anak agar sempurna
D. membantu anak menguasai alat musik

75) Dalam mengembangkan fisik anak faktor yang sangat menentukan, antara lain ...........

A. intervensi
B. kematangan
C. peralatan
D. pelatihan

76) Pengertian moral adalah .............

A. kebiasaan yang dilakukan seseorang
B. baik buruknya manusia sebagai manusia
C. akhlak mulia
D. upaya guru untuk membiasakan anak didik berperilaku baik

77) Kecerdasan moral adalah kecerdasan anak yang ...............

A. mengarahkan anak untuk mengontrol diri dengan kuat
B. membuat anak ingin berbuat semaunya sendiri
C. membuat anak suka belajar
D. mengarahkan anak untuk menjadi baik, dan lembut hati

78) Kesadaran akan benar atau salah mengacu pada pengertian ............

A. etika
B. karakter
C. nilai
D. moralitas

79) Penyusunan SKH untuk TK dalam rangka pengembangan moral anak perlu mengacu pada ...............

A. acuan dari kepala sekolah
B. keinginan guru
C. kurikulum yang telah disusun dalam SKM
D. kebutuhan anak

80) Yang perlu diperhatikan orang tua saat membantu mengembangkan kemampuan sosial emosional anak adalah ................

A. orang tua bertindak sebagai teman atau menjadi guru
B. mengizinkan anak untuk merasakan rangkaian emosi
C. menjelaskan perasaan yang dirasakan orang tua di depan anak-anak
D. mengajak anak berdiskusi dan mempraktikkan dengan teman-temannya tentang apa yang dia rasakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel