-->

The Peregrine Falcon Hewan Tercepat Di Dunia

Hewan tercepat di dunia ternyata bukanlah cheetah melainkan The Peregrine Falcon (Falco peregrinus). Mungkin selama ini kita beranggapan hewan tercepat di dunia adalah cheetah. Cheetah merupakan spesies kucing besar yang hidup di dataran Afrika.

Kecepatan kucing ini berkisar pada angka 70 mph (114 km/jam). Namun, ternyata fakta menunjukkan bahwa hewan tercepat di dunia sebenarnya dipegang oleh seekor burung yang bernama The Peregrine Falcon (Falco peregrinus).

Peregrine Falcon
Peregrine Falcon (Foto :  U.S. Fish and Wildlife Service Headquarters)
Kecepatan burung ini dapat terlihat ketika menangkap mangsa. Saat Peregrine terbang dan mengincar mangsa, dia akan menukik dengan kecepatan yang sangat tinggi. Menurut National Geographic, kecepatan tertinggi yang pernah diukur dari Falcon Peregrine adalah 242 mph (389 km/jam).

Bandingkan dengan kecepatan tertinggi yang pernah dicapai oleh mobil balap F1 yang hanya berkisar pada angka 370 km/jam (229 mph). Tidak mengherankan bila burung ini dinobatkan sebagai hewan tercepat di dunia. Hewan yang memiliki populasi tersebar di seluruh dunia kecuali Antartika ini mulai terancam punah akibat rusaknya habitat tempat mereka tinggal oleh aktivitas manusia.

Hewan tercepat di dunia ini dikenal dengan nama Alap-alap kawah. Burung ini termasuk salah satu spesies alap-alap berukuran besar, dengan panjang sekitar 50 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kelabu dan biru, berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip dan berekor pendek. 

Dada dan perut berwarna putih dengan garis-garis hitam. Burung betina serupa, tapi biasanya berukuran dan mempunyai paruh lebih besar dari burung jantan.

Hewan Tercepat Di Dunia
Hewan Tercepat Di Dunia : Peregrine Falcon (Foto : Eric Kilby)
Mangsa utama burung tercepat di dunia ini adalah aneka burung berukuran sedang, seperti merpati dan kerabatnya, nuri, jalak dan ayam. Burung-burung ini diburu biasanya pada waktu sedang terbang. Alap-alap ini juga memangsa hewan-hewan lain, seperti kelinci, kelelawar, serangga, kadal dan ikan. Berikut klasifikasi burung The Peregrine Falcon.

Kingdom      : Animalia
Filum      : Chordata
Kelas      : Aves
Ordo      : Falconiformes
Famili      : Falconidae
Genus      : Falco
Species      : Falco peregrinus

Sekitar sembilan belas subspesies hewan tercepat ini dikenali dengan daerah yang tersebar hampir di seluruh belahan dunia, dengan perkecualian di Antartika. Hampir semua subspesies di belahan bumi utara bermigrasi pada musim dingin ke daerah yang lebih hangat. Termasuk Falco peregrinus calidus dari Asia utara yang bermigrasi ke wilayah-wilayah pesisir dan dataran rendah kepulauan Sunda Besar.

Ras penetap (non-migran) elang peregrine dijumpai di pegunungan-pegunungan di Sumatera utara dan barat, Kalimantan utara, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Ambon, Ternate, Papua dan beberapa pulau di sekitarnya. Ras ini berwarna lebih gelap di dada dan jarang ditemukan. Spesies ini mempunyai daerah sebaran yang luas.

Beberapa dari subspesies terancam oleh hilangnya habitat, penggunaan pestisida dan kontaminasi. Alap-alap kawah yang memegang rekor hewan tercepat di dunia ini diletakkan dalam status Beresiko Rendah pada IUCN Red List dan didaftarkan dalam CITES Appendix I.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel