-->

Kumbang Badak (Rhinoceros beetle) Hewan Terkuat Di Dunia

Hewan terkuat di dunia ternyata bukanlah gajah Afrika, tetapi seekor hewan kecil yang bernama Kumbang Badak (The rhinoceros beetle). Hewan terkuat yang sering kali kita ketahui gajah. Namun, ternyata gajah Afrika hanya mampu mengangkat beban dengan proporsi 25% dari total berat badannya.

Coba bandingkan dengan seekor Kumbang Badak (The rhinoceros beetle) mampu membawa beban sebanyak 850 kali dari total berat badannya. Dengan kata lain, secara proporsi berat badan, gajah masih kalah dengan manusia yang mampu mengangkat beban hingga 10 kali berat badannya, bahkan lebih.

Kumbang Badak Hewan Terkuat Di Dunia
Kumbang Badak Hewan Terkuat Di Dunia (Foto : Ijasaslam)
Kumbang badak adalah subfamili (Dynastinae) dari kumbang scarab (Scarabaeidae). Karena termasuk hewan terkuat di dunia, maka kumbang badak juga kadang-kadang disebut kumbang Hercules, kumbang Unicorn, atau kumbang tanduk. Ada lebih dari 300 spesies yang diketahui dari kumbang badak.

Kumbang badak termasuk di antara kumbang terbesar, panjang mencapai 60 milimeter, namun mereka sama sekali tidak berbahaya bagi manusia karena mereka tidak bisa menggigit atau menyengat. Berikut klasifikasi kumbang badak secara sederhana.
  • Kingdom          : Animalia
  • Filum               : Arthropoda
  • Kelas               : Insecta
  • Order               : Coleoptera
  • Famili              : Scarabaeidae
  • Sub Famili       : Dynastinae (MacLeay, 1819)
Nama umum kumbang badak mengacu pada karakteristik tanduk dilahirkan hanya oleh laki-laki dari spesies yang paling dalam kelompok. Hewan ini memiliki tanduk di dada dan lainnya tanduk mengarah ke depan dari toraks pusat. Hewan terkuat di dunia ini menggunakan tanduk untuk melawan laki-laki lain selama musim kawin dan untuk menggali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel