-->

Ciri Khusus Pada Tumbuhan Venus Dan Fungsinya

Ciri khusus pada tumbuhan venus dan fungsinya dapat dilihat dari bentuk daunnya. Daun tumbuhan venus memiliki ciri berbentuk seperti engsel dan berbulu. Bentuk daun venus ini fungsinya untuk menangkap serangga yang hinggap pada daun. Berikut ini penjelasan tentang ciri khusus tumbuhan venus atau yang sering disebut tumbuhan kejora.

Ciri Khusus Pada Tumbuhan Venus Dan Fungsinya
Ciri Khusus Pada Tumbuhan Venus Dan Fungsinya

Daftar Ciri Khusus Pada Tumbuhan Venus Dan Fungsinya


1. Venus mempunyai daun yang berbentuk engsel dan berbulu

Selain tumbuhan kantong semar, ternyata masih ada lagi tumbuhan yang termasuk insektivora. Tumbuhan itu adalah venus flytrap. Lalu kira-kira bagaimana cara tumbuhan venus menangkap serangga? Apakah sama dengan kantong semar? Mari kita pelajari bersama!

Tumbuhan venus memiliki ciri khusus pada daun yang berengsel dan berbulu. Bentuk daun seperti engsel ini fungsinya untuk menangkap serangga. Daun tersebut terbuka menunggu serangga datang.

Saat serangga menyentuh bulu-bulu halus pada daun tersebut, kedua bagian daun akan mengatup dengan cepat. Setelah itu, daun akan mencerna serangga dan menyerap nitrogennya. Cara yang cerdik, bukan? Dari serangga yang dimakan, tumbuhan venus mendapatkan tambahan nitrogen untuk mencukupi kebutuhannya.
gambar daun berbentuk engsel pada tanaman venus
Ilustrasi gambar daun berbentuk engsel pada tanaman venus


2. Venus mempunyai daun yang mengeluarkan bau yang khas dan berwarna mencolok

Seperti halnya kantung semar, tumbuhan venus atau kejora juga menangkap serangga. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan akan nitrogen. Hal yang membedakannya dengan kantung semar, yaitu bentuk perangkapnya. Tumbuhan venus dilengkapi dengan perangkap khusus berengsel dan berlengan pada daunnya.

Jika serangga hinggap di atasnya, alat tersebut akan menutup dan mencengkeram serangga. Dengan cairan yang ada di dalamnya, serangga akan hancur dan mati. Nitrogen yang terdapat pada serangga diambil oleh tumbuhan ini.

Jika diamati, daun tumbuhan venus yang berbentuk engsel memiliki ciri khusus berupa warna yang mencolok pada bagian dalam daun. Selain itu, daun tumbuhan venus juga mengeluarkan bau yang khas.

Warna yang mencolok dan bau khas pada daun engsel venus fungsinya untuk menarik perhatian serangga agar mendekat ke daun sehingga mudah di tangkap. Demikian penjelasan singkat ciri khusus pada tumbuhan venus dan fungsinya, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel