-->

Ciri Khusus Pada Tumbuhan Teratai Dan Fungsinya

Berikut ini penjelasan singkat ciri khusus pada tumbuhan teratai dan fungsinya. Ciri khusus pada tumbuhan teratai antara lain teratai mempunyai daun lebar dan tipis, daunnya memiliki lapisan pembersih, batang berongga, serta akar berongga.

Daftar Ciri Khusus Pada Tumbuhan Teratai Dan Fungsinya

1. Teratai mempunyai daun yang berbentuk bundar, lebar, dan tipis

Teratai adalah tumbuhan yang hidup di air atau sebagai tanaman air. Bagaimana caranya sehingga teratai dapat tumbuh di air? Agar dapat bertahan hidup dalam air, teratai mempunyai ciri khusus sebagai bentuk dari adaptasi terhadap lingkungannya. Apabila diperhatikan, bunga teratai nampak indah mengapung di atas permukaan air.
Ciri Khusus Pada Tumbuhan Teratai Dan Fungsinya
Ciri Khusus Pada Tumbuhan Teratai Dan Fungsinya : daun lebar dan tipis
 Meskipun bunganya mengapung, sebenarnya akar bunga teratai berada di dasar air. Jadi, jelaslah bahwa bunga teratai tidak semata mengambang di atas air, melainkan tumbuh dari dasar air. Tangkai daun cenderung tumbuh menjalar, sehingga helai daun selalu terlihat mengapung.

Teratai memiliki ciri khusus yang berupa daun berbentuk bundar, berukuran sangat lebar dan tipis. Daun yang bundar dan lebar ini fungsinya untuk menyerap cahaya sebanyak-banyaknya, memudahkan penguapan air (mempercepat penguapan), dan melakukan fotosintesis. Selain itu, daun teratai juga memiliki lapisan pembersih yang berfungsi untuk membersihkan daun dari kotoran.

2. Teratai mempunyai batang dan akar yang berongga

Tangkai bunga teratai tumbuh tegak, sehingga bunga-bunga teratai dapat muncul dan menyembul keluar dari permukaan air. Teratai memiliki batang dengan ruang udara kecil di dalamnya. Rongga-rongga udara ini fungsinya adalah untuk membawa oksigen ke batang dan akar.
batang dan akar teratai berongga
Batang dan akar teratai berongga
Walaupun batang dan akarnya berada di dalam air, dengan adanya rongga-rongga udara pada batang, teratai tetap dapat bernapas. Ciri khusus pada tumbuhan teratai ini juga berfungsi membantu teratai untuk tetap tegak dan mengapung di atas permukaan air.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel