-->

Ciri-Ciri Jamur (Fungi) Secara Umum Dan Contohnya

Ciri-ciri jamur (fungi) secara umum dan contohnya dapat diuraikan sebagai berikut. Jamur memiliki ciri-ciri tidak memiliki klorofil, tidak dapat membuat makanannya sendiri, dan tidak memiliki jaringan-jaringan yang terspesialisasi seperti halnya tumbuhan.

Jamur bersifat heterotrof, mendapatkan makanan dari organisme lainnya dengan cara mensekresikan enzim yang menguraikan makanan menjadi molekul sederhana sehingga dapat diserap sel-sel jamur.

Ciri-Ciri Jamur (Fungi)
Ciri-Ciri Jamur (Fungi)
Sebagian besar anggota kingdom Fungi memiliki ciri-ciri berupa habitat atau tempat hidupnya ditempat yang lembab dan hidup secara saprofit dengan cara mendapatkan makanan dari makhluk hidup yang telah mati atau bahan organik yang membusuk. Karena itulah, jamur memiliki kingdom tersendiri dan dipisahkan dari kingdom Plantae.

Penjelasan Lengkap Tentang Ciri-Ciri Jamur (Fungi) Secara Umum Dan Contohnya

Ciri-ciri jamur bila dilihat berdasarkan struktur selnya antara lain jamur merupakan makhluk hidup yang sudah mempunyai membran inti (eukariot), tetapi tidak dapat membuat makanan sendiri karena tidak mengandung klorofil. Jamur memperoleh makanan dari lingkungan di sekitarnya.

Jamur ada yang bersel satu, tetapi umumnya bersel banyak. Struktur tubuh jamur bersel banyak terdiri atas miselium dan spora. Contoh jamur bersel satu adalah jamur ragi (Saccharomyces cerevisiae) dan jamur bersel banyak adalah jamur penisilin (Penicillium notatum), jamur tempe (Rhizopus oryzae), dan jamur merang (Volvariella volvacea).
Gambar jamur fungi bersel satu Saccharomyces cerevisiae
Gambar jamur / fungi bersel satu : Saccharomyces cerevisiae (Foto : A doubt)
Ciri-ciri jamur bersel banyak (fungi multiseluler) adalah struktur tubuh terdiri atas benang-benang halus yang disebut hifa. Pada jamur tempe dan jamur oncom, hifa-hifa ini terlihat seperti kapas. Miselium merupakan kumpulan beberapa filamen (hifa).

Hifa jamur ada yang bersekat dan tiap sekat mengandung satu sel, tetapi ada juga yang tidak bersekat dengan banyak inti sel. Bentuk dan ukuran jamur sangat bervariasi, ada yang berbentuk seperti lembaran, misalnya jamur kuping, dan ada yang berbentuk seperti payung, misalnya jamur merang.
Gambar jamur fungi bersel banyak
Gambar jamur / fungi bersel banyak
Berdasarkan ciri-ciri jamur yang berupa cara memperoleh makanannya, jamur dibedakan menjadi jamur saprofit dan jamur parasit. Jamur saprofit banyak ditemukan di atas tanah, kayu lapuk, dan bangkai hewan, misalnya, jamur kuping, jamur merang, dan jamur kayu. Sementara itu, salah satu ciri-ciri jamur parasit yaitu hidupnya menempel pada kulit manusia, misalnya jamur panu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel