-->

Hebat! Indonesia Raih Medali Emas dan Perak dalam Olimpiade Kimia Internasional (IChO) Tahun 2017

Indonesia Juara 2017 - Tim Indonesia raih satu medali emas dan tiga medali perak pada 49th International Chemistry Ollmplad (IChO) di Mahldol Universlty, Nakhon Pathom, Bangkok Thailand. Dalam ajang kompetisi bidang Kimia sedunia ini, medali emas diraih oleh Dean Fanggohans, siswa SMAN 8 Pekanbaru, Riau, sedangkan medali perak diraih oleh Fahmi Naufal Rlzkl, SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, M. Rldho Setiyawan, SMAN 1 Tahunan, Jawa Tengah dan Marlo Lorenzo, SMAK BPK Penabur Gading Serpong.

 Sebanyak 80 negara mengikuti olimpiade kimia yang ke~49 ini. Tahun Ialu, tim Indonesia meraih dua medali perak dan dua medali perunggu pada IChO ke-48 yang diselenggarakan di Georgia.

 Para peserta kompetisi ini mengikuti ujian teori dan praktik di laboratorium. Setiap negara peserta dapat mengirimkan maksimum 4 siswa terbaik bidang kimia di negaranya, yang dipilih melalui empat tahap proses seleksi dengan total waktu pelatihan, pembinaan dan seleksi selama 1O minggu.

 Dalam proses pelatihan tersebut Instruktur/mentor pelatihan untuk siswa calon peserta olimplade dibina oleh staf pengajar Departemen Kimia FMIPA UI dan Departemen Kimia FMIPA-ITB.

Program pelatihan yang dilakukan disesualkan dengan materi dalam Silabus IChO serta silabus teori dan praktikum. Sebagian besar materi tersebut adalah materi yang tidak pernah diberikan di tingkat SMA di Indonesia. (kemdikbud.go.id)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel