-->

INILAH SOAL DAN PEMBAHASAN OSN GURU SD LENGKAP SETIAP TAHUN

DOWNLOAD SOAL DAN PEMBAHASAN OSN GURU SD SETIAP TAHUN


http://infoptk-ops.blogspot.co.id



Soal pembahasan kunci jawaban osn guru (ogn) sd terbaru. Kegiatan Olimpiade Guru Nasional (OGN) merupakan salah satu sarana peningkatan mutu pendidikan dan merupakan ajang untuk mencari guru kelas dan guru mata pelajaran yang unggul dan berprestasi. Guru profesional mampu memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan lagi para siswanya. Pada awalnya (tahun 2011) kegiatan ini bernama Olimpiade SainsNasional Guru (OSNG) dengan bidang lomba terbatas pada bidang Matematika, Biologi dan Fisika untuk Guru SMP, serta Matematika, Biologi dan Fisika untuk Guru SMA/SMK. Pada perkembangan selanjutnya  tahun 2013) bidang lomba berubah menjadi Matematika dan IPA untuk Guru Kelas SD, Matematika dan IPA untuk Guru SMP, serta Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia untuk Guru SMA/SMK. Pada tahun 2016, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar mengembangkan OSNG menjadi OGN dengan bidang lomba Guru kelas SD dan bidang lomba Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris untuk Guru SMP.


Pengertian OGN

Olimpiade Guru Nasional (OGN) merupakan wahana kompetisi bagi guru kelas SD dan guru SMP dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional di bidang yang diampunya.

Bidang yang Dilombakan OGN

1. Guru kelas SD (materi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS).
2. Untuk guru SMP meliputi:

  • a. bidang lomba Bahasa Indonesia
  • b. bidang lomba Matematika,
  • c. bidang lomba IPA,
  • d. bidang lomba IPS, dan
  • e. bidang lomba Bahasa Inggris.


Sasaran OGN

Sasaran pedoman ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dan semua pihak yang berkepentingan dengan kegiatan OGN. Peserta kegiatan OGN adalah guru kelas SD negeri dan swasta, guru SMP negeri dan
swasta.


Persyaratan Peserta OSN GURU

1. Guru kelas SD dan guru SMP yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS), guru bukan PNS di sekolah negeri yang memiliki SK dari  Pemerintah Daerah, guru yang memiliki Surat Keputusan sebagai guru tetap yayasan (GTY) dengan masa kerja sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun berturut-turut.
2. Mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
3. Tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja lainnya.
4. Belum pernah menjadi finalis dan meraih medali OSNG dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.
5. Memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S1)/D-IV.
6. Guru SMP hanya dapat mengikuti mata lomba yang sama dengan mata pelajaran yang diampu (sesuai DAPODIK).


Bentuk Kegiatan dan Materi Lomba OSN GURU

Kegiatan OGN dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai dengan tingkat nasional dengan mekanisme sebagai berikut:
1. Pada tingkat kabupaten/kota seleksi dilakukan melalui tes tertulis atau mekanisme seleksi lain yang diatur oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Perangkat tes tertulis atau perangkat seleksi lain dikembangkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
2. Pada tingkat provinsi seleksi dilakukan melalui tes tertulis. Perangkat tes disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.
3. Pada tingkat nasional seleksi dilakukan melalui tes tertulis, eksperimen/eksplorasi/unjuk kerja, dan presentasi. Materi seleksi dan perangkat tes disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan
Dasar.


Hadiah dan Penghargaan OSN Guru


Hadiah dan penghargaan diberikan kepada peserta OGN sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran dan kegiatan pendidikan lainnya. Pengaturan pemberian hadiah bagi para pemenang tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Daerah sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pemenang di tingkat nasional akan diberi piagam penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta medali dan hadiah dari Panitia Penyelenggara.


DOWNLOAD SOAL DAN PEMBAHASAN OSN GURU TINGKAT SD TERBARU


Dibawah ini adalah link-link downloadnya. selamat mendownload ^^


Tingkat Kota/Kabupaten


SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2016
SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2015
SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2014
SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2013
SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2012


Tingkat Provinsi


SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Provinsi Tahun 2017
SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Provinsi Tahun 2016
SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Provinsi Tahun 2015
SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Provinsi Tahun 2014
SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Provinsi Tahun 2013
SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Provinsi Tahun 2012


Tingkat Nasional


SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Nasional Tahun 2017
SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Nasional Tahun 2016
SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Nasional Tahun 2015
SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Nasional Tahun 2014
SOAL OSN GURU (OGN) SD Tingkat Nasional Tahun 2012

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel