-->

GAYA GRAVITASI SMA (soal dan pembahasan)



1.         Apabila dimensi panjang, massa, dan waktu berturut-turut adalah L, M, dan T, maka dimensi dan konstanta gravitasi adalah … .



2.         Andaikata Bumi menyusut hingga setengah dari semula, tetapi massanya tetap, maka massa benda-benda yang ada di permukaan bumi adalah … .
JAWAB: TETAP (MASSA SELELU TETAP)

3.         Berat benda di Bumi adalah 10 N. Jika benda dibawa ke planet yang massanya 4 kali massa bumi dan jari-jarinya 2 kali jari-jari bumi, berat benda menjadi …


4.         Benda pada permukaan bumi memiliki percepatan gravitasi 1/6 g (g = percepatan gravitasi di permukaan bumi). Jika Bumi dianggap bulat sempurna dengan jari-jari R, maka jarak benda tersebut di atas permukaan bumi adalah … .


5.         Sebuah satelit cuaca beratnya 200 N sedang mengelilingi Bumi dengan orbit2/3 R (R = jari-jari bumi). Berat satelit jika di permukaan bumi adalah … .

6.         Perbandingan periode planet A dan B adalah 8 : 27. Jika jarak rata-rata planet A terhadap Matahari adalah 4 satuan astronomi (SA), maka jarak rata-rata planet B terhadap Matahari adalah … .

7.         Jarak rata-rata planet A dan B terhadap Matahari, masing-masing berbanding 4 : 1. Jika periode planet A adalah 704 hari, maka periode planet B adalah … .

8.         Dua buku besar di atas meja dan memiliki jarak pusat massa 1,5 m. Jika massa buku tersebut masing-masing 0,5 kg dan 0,45 kg, maka besar gaya gravitasi yang dirasakan oleh buku yang satu karena pengaruh gravitasi buku yang lain sebesar ....   (G = 6,67 . 10-4Nm²/kg²).


9.         Dua bola A dan B, massanya sama, garis tengahnya sama (lihat gambar).   

Jika kuat medan gravitasi disuatu titik sama dengan nol, maka jarak titik tersebut dari kulit bola A adalah ….


10.     Percepatan gravitasi dipermukaan bumi sebesar 10 m/s2. Percepatan gravitasi yang dirasakan oleh sebuah benda yang dijatuhkan dari pesawat yang mengorbit pada ketinggian 2R (R = jari-jari bumi) adalah ....


11.     Bila diketahui bahwa jari – jari bumi 6,4. 106  m, maka kelajuan lepas suatu roket yang diluncurkan vertikal dari permukaan bumi adalah ....



12.     Sebuah satelit bumi mengorbit setinggi 3600 km di atas permukaan bumi. Jika jari-jari bumi 6400 km dan gerak satelit dianggap melingkar beraturan, maka kelajuannya (dalam km/s) adalah ....


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel