-->

Gedung Sekolah Dipakai Resepsi Pernikahan, Siswa Terpaksa Dipulangkan



Bangunan gedung sekolah mempunyai fungsi yang sangat penting digunakan sebagai prasarana pendidikan tempat bagi anak-anak untuk belajar dan tempat guru untuk mengajarkan anak-anak menjadi anak yang mampu memajukan bangsa.
 
Namun di Kota Depok malahan sebaliknya. Fasilitas milik negara berupa bangunan gedung sekolah itu malahan di peruntukkan untuk menjadi tempat-tempat resepsi pernikahan para pejabat Dinas Pendidikan Kota Depok.

Salah satunya terjadi pada gedung di SDN Depok Baru 5, Jalan Gelatik Raya, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas Depok yang disulap menjadi tempat resepsi pernikahan putri seorang pejabat di Dinas Pendidikan kota Depok berinisial K.

Mungkin tak masalah kalau dilangsungkan di hari libur. Menjadi perdebatan karena pernikahan ini sampai mengganggu kegiatan belajar mengajar. Insiden hajatan di halaman sekolah ini terjadi di halaman SDN 5 Depok Baru pada Jumat (16/9) - Sabtu (17/9) pekan lalu, seperti dilansir Merdeka.

Karena dilangsungkan pada jam belajar, suasana belajar murid pun tak kondusif lantaran terpaksa belajar sambil diiringi suara musik pernikahan, sehingga mereka terpaksa pulang cepat. Terungkap bahwa si pemilik hajatan adalah Pengawas UPT TK SD Pancoran bernama Sukarjo yang melangsungkan pernikahan anaknya. Lantaran menuai pro kontra, Kepala Sekolah SDN 5 Depok Baru yakni Buliher Gultom sampai dipanggil Dinas Pendidikan kota Depok.

Walaupun gedung SDN Depok Baru 5 di jadikan tempat resepsi berturut-turut selama dua hari, tidak ada tindakan dari pemerintah daerah tersebut atau dibiarkan begitu saja.

Akibat pembiaran itu, proses belajar menjadi terlantar.  Anak yang datang bersekolah ke SDN Depok Baru 5  disuruh harus pulang ke rumah pada pagi hari jam 09.00 WIB selama pesta pernikahan berlangsung.

"Saya tidak merugikan orang lain dan saya tidak pernah mempermasalahkan apa-apa. Apa yang saya lakukan ini lebih baik daripada banyak orang yang menutup jalan saat menggelar hajatan pernikahan. Mereka yang protes ini karena tidak senang sama saya. Jadi begini, gimana dengan mereka yang menutup jalan? Masalah kan? Kenapa hanya saya yang dipermasalahkan?" bela Sukarjo merasa dirinya benar.

Jika Sukarjo merasa tak salah, beda lagi dengan seorang wali murid yakni OL yang mengeluh. Di mana acara pernikahan anak Sukarjo berlangsung dua hari berturut-turut untuk akad dan resepsi. Hal itu membuat hari Jumat para pelajar pulang jam 09.30 WIB, padahal biasanya 11.00 WIB.

“Pihak sekolah lebih mementingkan pesta pernikahan putri pejabat Dinas Pendidikan ketimbang mengajar anak-anak kami, itulah sebabnya kenapa anak-anak kami disuruh pulang duluan pada jam 09.00 WIB pagi agar pesta pernikahan tidak terganggu,” ujar Rahmat salah seorang orangtua murid yang ditanya Harian Warta Nasional, Minggu (18/9/2016).

Sedangkan salah satu orangtua siswa kelas 3, berinisial O (36) mengaku tidak terima karena urusan pribadi oknum pejabat tersebut kegiatan belajar mengajar siswa jadi terganggu.

“Mereka lebih mentingin urusan pribadi daripada pendidikan anak-anak. Apalagi nanti awal November siswa sudah mid smester atau UTS,” ujar O.

Yang lebih menjengkelkan, pihak sekolah tidak melakukan pemberitahuan formal kepada orangtua siswa terkait hajatan ini baik dari komite sekolah maupun dari pihak sekolah, ujarnya.
Sementara itu, Kadisdik Depok menyebut kalau Kepsek Buliher memang tidak memberi laporan pada dinas soal izin pemakaian sarana sekolah untuk pernikahan.

"Ke depannya, tidak terjadi lagi sarana prasarana sekolah yang dipakai saat jam belajar. Dan saya tegaskan kalau pemakaian fasilitas di luar jam sekolah juga tidak bisa. Izinnya ini yang mengeluarkan bagian aset Pemkot Depok. Mungkin karena rumahnya Sukarjo berbatasan dengan sekolah. Jadi saya yakin kalau jauh juga nggak akan pakai. Dari pengakuan pak Karjo, hari Jumat tak ada pengurangan jam belajar dan hari Sabtu murid cuma melakukan kegiatan ekstrakurikuler," jelas Tamrin, Kadisdik Depok.



Sumber:
http://harianwartanasional.com/gedung-sd-di-depok-disulap-tempat-pernikahan-murid-terlantar/8592/
http://plus.kapanlagi.com/foto-sd-dipakai-nikah-anak-pejabat-siswanya-terpaksa-pulang-a9b144.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel