-->

CONOTH RPP PKN BERKARAKTER SD/ MI KELAS VI TAHUN 2016/ 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SD N 2 Cingebul
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   VI (Enam)
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu    :   2 x 35  menit.

Standar Kompetensi
1.   Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa mampu mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
§  Siswa mampu menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
§  Siswa mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
§  Siswa mampu menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§  Siswa mampu menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

B.     Materi Ajar
§  Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
§  Kebangkitan Nasional.
§  Sumpah Pemuda.

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Diskusi
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.
D.    Langkah-langkah Kegiatan
§  Kegiatan Awal ( 10 menit )
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama
F  Apersepsi dengan mengajukan pertanyaan seperti;
1. Orang yang berjuang pada jaman penjajahan disebut?
2. Pangeran diponegoro berasal dari?
3. Nehara yang menguasai negara lain disebut?
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran




§  Kegiatan Inti ( 45 menit )
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
F Bertanya jawab mengenai suasana pada masa penjajahan.
F Bertanya jawab mengenai bangsa apa yang pertama kali datang dan menjajah Indonesia.
F Guru menunjukkan foto/gambar para pahlawan daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
F Guru menjelaskan mengapa timbul perlawanan rakyat di berbagai wilayah.
F Guru bertanya mengapa perlawanan di berbagai wilayah selalu dapat ditindas.
F Bersama pasangan, siswa ditugaskan mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
F Membaca secara bergantian mengenai Kebangkitan Nasional.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
F Siswa berdiskusi mengenai mengapa timbul kesadaran berbangsa.
F Siswa menyebutkan asal-usul Hari Kebangkitan Nasional.
F Siswa bertanya mengenai nilai-nilai Hari Kebangkitan Nasional pada masa kini.
F Siswa membaca teks mengenai Sumpah Pemuda.
F Bersama-sama mengucapkan sumpah pemuda dengan baik dan sungguh-sungguh.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup ( 15 menit )
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.     Sumber/Bahan Belajar
§  Gambar/foto para pahlawan.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)


F.     Penilaian
Bentuk tes             : Tes tertulis dan lisan
      Tehnik tes              : Isian
              Esay 

Instrumen soal
Jawablan pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.    Organisasi yang didirikan untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia adalah....
2.    BPUPKI dibentuk pada tanggal....
3.    Ir. Sukarno mengusulkan lima asas yang kemudian diberi nama....
4.    Panitia perumusan gagasan dasar negara dikenal dengan nama....
5.    Piagam jakarta dirumuskan oleh....

Kunci jawaban
1.    BPUPKI
2.    1 Maret 1945
3.    Pancasila
4.    Panitia sembilan
5.    Panitia sembilan

Pedoman Penilaian
Setiap butir soal  benar skor 2 x 10= 20
Setiap butir soal salah skor 0
Nilai = jawaban benar x 100
                        Skor maksimal
 


                                                                                        Cingebul, 6 Juli 2016
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                    Guru Kelas 6



  UI. PURNOMO, S. Pd                                       SUSYATI, S. Pd
  NIP : 196312011988031012                                NIP : 19700907 200604 2 006




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah               :  SD N 2 Cingebul
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                               :  VI (Enam)
Semester                         :  I (Satu)
Alokasi Waktu               :  4 x 35  menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi
1.   Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Kompetensi Dasar
1.2  Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa mampu menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
§  Siswa mampu menyebutkan isi perumusan Negara RI.
§  Siswa mampu menyebutkan isi Piagam Jakarta.
§  Siswa mampu menyebutkan isi Pancasila dengan baik dan tepat.
§  Siswa mampu memahami nilai tiap butir Pancasila.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

B.     Materi Ajar
§  Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§  Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§  Perumusan Dasar Negara RI.
§  Panitia Sembilan.
§  Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§  Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Ceramah
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua
§  Kegiatan Awal (10 menit )
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agamanya
F  Apersepsi dengan memberikn pertanyaan
1. BPUPKI singkatan dari....
2. coba kalian sebutkan  tokoh perumus pancasila
3. Jakarta charter disebut juga.... 
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.

§  Kegiatan Inti ( 45 menit )
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai ”Persiapan Kemerdekaan Indonesia”.
F Bertanya jawab tentang gambaran keadaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
F Melanjutkan membaca teks tentang BPUPKI secara bergiliran.
F Bertanya jawab tetang tujuan dibentuknya BPUPKI.
F Melanjutkan membaca teks tentang Perumusan Dasar Negara RI.
F Guru bertanya calon rumusan siapakah yang paling mendekati dengan isi Dasar Negara Pancasila.
F Melanjutkan membaca teks mengenai Panitia Sembilan secara bergiliran.
F Guru menjelaskan hasil kerja Panitia Sembilan.
F Membaca teks mengenai Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
F Dilanjutkan dengan membaca Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Siswa menyebutkan bersama-sama rumusan Pancasila yang disahkan.
F Siswa untuk menjelaskan nilai yang terkandung pada setiap butir Pancasila.
F Siswa menjelaskan dengan kata-kata sendiri mengenai makna lambang Garuda Pancasila.
F Menyanyikan lagu Gaaruda Pancasila dengan semangat dan sikap sempurna.
F Untuk pengayaan dan untuk mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup (15 menit )
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.     Sumber/Bahan Belajar
§  Gambar/foto Garuda Pancasila.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan pusat perbukuan)
§  Buku paket PKn kelas 6 terbitan Erlangga
§  Buku satria

F.     Penilaian
Bentuk tes             : Tes tertulis dan lisan
      Tehnik tes              : Isian
              Esay 
Instrumen soal
Jawablan pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.    Merumuskan suatu masalah berdasarkan keputusan bersama disebut....
2.    Nilai-nilai yang terkandung dalam proses perumusan pancasila antara lain....
3.    Keputusan terbaik harus lahir atas dasar....
4.    Ketika orang lain sedang menyampaikan pendapat kita tidak boleh....
5.    Terhadap hasil keputusan bersama kita harus....

Kuci jawaban
1.      Musyawarah
2.      Menghargai pendapat orang lain, menerima keputusan bersama, danmelaksanakan hasl keputusan bersama
3.      Mufakat
4.      Mendengarkan dan tidak mencela pendapatnya
5.      Menerima dan melaksanakan hasil keputusan tersebut

Pedoman Penilaian
Setiap butir benar skor 2 x 10= 20
Setiap butir salah skor 0
Nilai = jawaban benar x 100
                        Skor maksimal
 



                                                                                        Cingebul, 6 Juli 2016
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                    Guru Kelas 6




  UI. PURNOMO, S. Pd                                       M. SHODIQIN
  NIP : 196312011988031013                                NIP : 195711131977011002





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel