-->

CONTOH RPP_BIOLOGI KURIKULUM 2013_SMA_SMK_KELAS XI_SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas / Semester           : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                    : 8 dan 9
Alokasi Waktu              : 4  jam pelajaran
Standar Kompetensi     : 2.   Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks Saling temas
Kompetensi Dasar       :  2.2    Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengkaitkan dengan fungsinya
Tujuan                         : Siswa dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan hewan

  
I.    Indikator
·         Menggambar berbagai jenis jaringan pada hewan berdasarkan pengamatan mikroskopis
·         Mendeskripsikan struktur dan fungsi berbagai jaringan pada hewan
·         Menjelaskan hubungan antara jaring, organ, dan sistem organ

II.  Materi Ajar
·         Struktur berbagai jaringan hewan
1.      Jaringan epitel
2.      Jaringan ikat
3.      Jaringan otot
4.      Jaringan saraf
·         Organ pada hewan
·         Sistem organ pada hewan

III. Metode Pembelajaran
Pengamatan-Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi berbagai jaringan yang terdapat pada hewan dengan membaca buku teks.
·         Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan menggunakan mikroskop berbagai jaringan pada hewan dengan meng.unakan Kegiatan 3.1.
A.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa mempersiapkan mikroskop dan preparat awetan jaringan hewan untuk pengamatan.
·         Siswa mengamati preparat awetan berbagai jaringan hewan.
·         Siswa menggambar hasil pengamatan dan memberi keterangan bagian-bagiannya.
·         Siswa menjawab pertanyaan diskusi.
B.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan ciri struktur berbagai jaringan hewan.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.


Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa untuk mempelajari struktur dan fungsi jaringan hewan dari buku.
·         Guru menugaskan siswa menyusun informasi yang diperolehnya dalam bentuk tabel yang berisi nama jaringan, ciri-ciri, gambar, fungsi, dan lokasi.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa membaca buku Bab 3, kemudian membuat tabel deskripsi  jaringan hewan.
·         Guru menunjukkan gambar organ dan jenis jaringan yang menyusunnya.
·         Siswa menyimpulkan pengertian organ.
·         Guru meminta siswa mnyebutkan salah satu sistem organ kemudian mengidentifikasi organ penyusunnya.
·         Siswa menyimpulkan pengertian sistem organ.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara jaringan, organ, dan sistem organ.
·         Guru menunjukkan hubungan Salingtemas jaringan hewan pada penerapan Bedah Rekonstruksi Kulit.

V. Alat /Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis. Bab III
·         Mikroskop
·         Preparat awetan jaringan hewan

IV.             Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan jaringan hewan
·         Uji kompetensi tertulis






            Mengetahui                                                                              Majenang, 21 Juli 2016
            Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran




            Rahardjo pawani, S.Pd.                                                            Ernasari F., S.Pd.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel