-->

CONTOH RPP BIOLOGI KURIKULUM_2013_SMA_MA_KELAS XI_SEMESTER 1 2016/ 2007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas / Semester          : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                    : 4 dan 5
Alokasi Waktu             : 4  jam pelajaran
Standar Kompetensi     : 1.   Memahami struktur dan fungsi sel sabagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar      :  1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, eksositosis
Tujuan                         : Siswa dapat mendeskripsikan struktur membran sel dan transpor melalui membrane

                                           
I.    Indikator
·         Menunjukkan adanya gejala  difusi dan osmosis
·         Mendefinisikan pengertian difusi dan osmosis
·         Menjelaskan mekanisme transpor aktif
·         Menghubungkan struktur membran sel dan fungsinya dalam transpor zat

II.  Materi Ajar
·         Struktur membran sel
·         Plasmolisis
·         Mekanisme pengangkutan zat melalui membran sel antara lain:
1.      Difusi
2.      Osmosis
3.      Imbibisi
4.      Transpor aktif

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali bagian-bagian sel dan menanyakan fungsi membran sel.
·         Guru meminta siswa untuk bersiap-siap melaksanakan Kegiatan 1.1 dan 1.2.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa mengambil alat dan bahan untuk Kegiatan 1.1.
·         Siswa melakukan eksperimen dengan Kegiatan 1.1, kemudian meletakkan hasil eksperimen di tempat yang sudah ditentukan untuk diamati esok hari.
·         Siswa mempersiapkan melakukan Kegiatan 1.2 dengan mengambil mikroskop, alat, dan bahan yang lain.
·         Siswa membuat preparat pengamatan dan mengamatinya dengan menggunakan mikroskop.
·         Siswa mencatat hasil pengamatan.
·         Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa dan guru menyimpulkan pengertian plasmolisis dan faktor penyebabnya.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
·         Guru mengatur waktu pengamatan kegiatan 1.1.

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mengecek hasil pengamatan Kegiatan 1.1.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil Kegiatan 1.1.
B.   Kegiatan inti  (70 menit)
·         Guru menunjukkan gambar membran sel, kemudian meminta siswa mendeskripsikan struktur membran sel.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara struktur membran sel dengan fungsinya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme pengangkutan melalui membran sel.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan proses transportasi zat melalui membran sel.

V.  Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1

VI. Penilaian
·         Laporan hasil eksperimen
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama KD 1.1 dan 1.2)




                       
            Mengetahui                                                                              Majenang, 15 Juli 2016
            Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran




            Rahardjo pawani, S.Pd.                                                            Ernasari F., S.Pd.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel