-->

Ciri Khusus Pada Tumbuhan Kaktus Dan Fungsinya

Ciri khusus pada tumbuhan kaktus dapat dilihat dari morfologi daun, batang, dan akarnya yang berbeda dengan tumbuhan lainnya. Ciri khusus pada tumbuhan kaktus erat kaitannya dengan habitatnya yang cenderung panas, kering, dan tersedia sedikit air sepanjang tahun.

Habitat kaktus yang berupa gurun pasir kering mengharuskan tumbuhan kaktus beradaptasi dengan lingkungannya agar bisa bertahan hidup. Ciri khusus pada tumbuhan kaktus dan fungsinya antara lain sebagai berikut.

Ciri Khusus Pada Tumbuhan Kaktus Dan Fungsinya
Ciri Khusus Pada Tumbuhan Kaktus Dan Fungsinya (Foto : Img by Calvin teo)

Daftar Ciri Khusus Pada Tumbuhan Kaktus Dan Fungsinya

1. Kaktus mempunyai daun yang berbentuk duri

daun kaktus berbentuk duri
Ilustrasi daun kaktus berbentuk duri
Tumbuhan kaktus tampaknya tidak berdaun, tetapi sebenarnya kaktus memiliki daun yang mengalami perubahan bentuk (modifikasi) menjadi duri. Bentuk daun yang seperti duri berfungsi untuk mengurangi penguapan.

Ciri khusus yang berupa daun berbentuk duri ini berkaitan dengan habitat tumbuhan kaktus yang berada di lingkungan kering sehingga perlu mengurangi penguapan kadar air dalam tubuhnya.

2. Kaktus mempunyai batang berlapis lilin

batang kaktus berlapis lilin
Ilustrasi batang kaktus berlapis lilin
Batang tanaman kaktus jika diamati, ternyata mempunyai lapisan lilin. Lapisan lilin ini tentunya sangat membantu tumbuhan kaktus dalam mempertahankan kadar air di dalam batangnya.

Lapisan lilin pada batang tumbuhan kaktus berfungsi untuk mengurangi penguapan atau menghambat penguapan air yang ada di dalam batang. Dengan demikian kandungan air dalam batang tidak cepat habis karena menguap ke udara.

3. Kaktus mempunyai batang yang tersusun oleh jaringan spon

Tumbuhan kaktus memiliki ciri khusus berupa batang yang tersusun oleh jaringan spon. Batang kaktus ini berfungsi untuk menyimpan cadangan air. Ketika hujan turun, kaktus menyerap air sebanyak mungkin.

Kaktus menyimpan air di dalam batangnya. Batang air terlihat menggembung. Ketika musim kemarau tiba, batang kaktus mulai mengerut karena cadangan air terpakai. Kandungan air dalam batang kaktus dapat digunakan selama dua tahun musim kering.

4. Kaktus mempunyai akar yang sangat panjang

Ciri khusus akar pada tumbuhan kaktus berupa akar panjang dan tersebar di tanah yang berfungsi sebagai penyerap air dan zat hara. Akar yang panjang ini erat kaitannya dengan kandungan air yang sedikit pada habitat tumbuhan kaktus sehingga kaktus butuh akar yang panjang untuk memudahkan dalam menyerap air.

Hal ini menunjukkan bahwa ciri khusus pada tumbuhan kaktus berfungsi untuk mempertahankan diri dan mencari makanan agar tetap bisa bertahan hidup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel